Kepribadian, Watak, Temperament, Sikap Dalam Kecakapan Personal

Posted on

Kepribadian, Watak, Temperament, Sikap Dalam Kecakapan Personal

Pengertian Kepribadian

keperibadian adalah organisasi dinamis di dalam individu yang terdiri dari sistem sistem psikofisik yang menentukan tingkah laku dan pikiranannya secara karakteristik dalam menyesuaikan diri terhadapa lingkungannya (G. Allport)

Kepribadian itu selalu berkembang dan berubah meskipun ada sistem organisasi yang mengikat dan menghubungkan beberapa komponen dari kepribadian kita itu lah yang dimaksud dengan organisasi dinamis.

Psikofisik Organisasi Kepribadian melingkupi kerja tubuh dan jiwa dalam satu kesatuan.


Dalam bahasa Inggris

Sense of Personality

personality is the dynamic organization within the individual which consisted of psychophysical systems that determine system behavior and pikiranannya characteristically adjusting terhadapa environment (G. Allport) .
Personality is always evolving and changing even though there are organizational system that binds and connects several components of our personality that is what is meant by dynamic organization.

Psychophysical personality organization of work covers the body and soul in a single unit.


Pengertian Watak (character) Dalam Kecakapan Personal

watak (character) adalah sifat yang mempengaruhi segenap pikiran dan perilaku seseorang, contoh:

  • ihh dia itu loh selalu buat orang tua nya susah”
  • Alah biarin aja emang wataknya udah jelek”

Perbedaan Watak menurut (G.Ewald)

  • Watak yang dibawa sejak lahir, yaitu aspek yang merupakan dasar  dari pada watak sangat berhubungan dengan keadaan fisiologis, yakni kualitas susunan saraf pusat.
  • Watak yang di peroleh : adalah watak yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar pengalaman dan pendidikan

Pengertian Temperament Dalam Kecakapan Personal

temperament adalah Temperamen adalah gaya perilaku seseorang dan cara khasnya dalam memberi tanggapan. Beberapa individu bertemperamen aktif, sedangkan yang lainnya tenang.Deskripsi ini menunjukkan adanya variasi temperamen.

Ilmuwan yang mempelajari temperamen berusaha mencari cara terbaik mengklasifikasikan temperamen. Klasifikasi paling terkenal adalah klasifikasi oleh Alexander Chess dan Stella Thomas. Mereka percaya bahwa ada tiga tipe atau jenis temperamen:

Anak mudah biasanya memiliki mood positif, cepat membangun rutinitas, dan mudah beradaptasi dengan pengalaman baru.

Referensi :

Teori-teori temperament

”Hipocrates” (460-370 SM) berpendapat bahwa dalam diri seseorang terdapat empat macam sifat yang didukung oleh keadaan konstitusional yang berupa cairan-cairan yang ada dalam tubuh orang, yakni: sifat kering, terdapat dalam chole (empedu kuning); sifat basah, terdapat dalam melanchole (empedu hitam); sifat dingin, terdapat dalam phlegma (lendir); dan sifat panas, terdapat dalam sanguis (darah).Keempat cairan tersebut ada dalam tubuh dengan porsi tertentu. Apabila seimbang maka orang dalam keadaan sehat (normal), begitu sebaliknya.

Ada beberapa tipe temperament:

  • SanguinisSanguis (darah) dominan
    Sifat : hangat, meluap-luap,pengaruh/kejadian luar dengan gampang masuk ke pikiran dan perasaan, lincah, bersemangat, dan pribadi yang menyenangkan , ramah kepada orang lain sehingga sering dikatakan ekstrovert Koleris
  • Cairan empedu kuning dominan
    Sifat : hangat, serba cepat, sanggup mencukupi keperluannya sendiri,  dan sangat independen. Dia cenderung tegas dan berpendirian keras. Dia dapat mempengaruhi lingkungannya dengan gagasan-gagasannya, rencananya, tujuan, dan ambisi-ambisi yang tak pernah surut.
  • Melankolis
    • cairan melanchole (empedu hitam) dominan
    • cairan melanchole (empedu hitam) dominan
  • Seorang analisis,suka berkorban, perfeksionis, emosi yang sensitif. Dia mudah menjadi introverd ketika perasannya dominan, lebih mudah murung dan depresi sehingga terkadang menarik diri, dan bisa menjadi seorang yang begitu antagonis.
  • Phlegmatis- cairan phlegma (lendir) dominan- hidupnya tenang, gampangan dan tak pernah merasa terganggu dengan titik didih yang sedemikian tinggi sehingga dia hampir tak pernah marah. Dia tipe mudah bergaul dan paling menyenangkan

Anak sulit cenderung bereaksi negatif, cenderung agresif, kurang kontrol diri, dan lamban dalam menerima pengalaman baru.
Anak lambat bersikap hangat biasanya beraktivitas lamban, agak negatif, menunjukkan kelambanan dalam beradaptasi, dan intensitas mood yang rendah.
Temperamen sulit atau temperamen yang merefleksikan kurangnya kontrol diri dapat membuat murid kena masalah.

Santrock, J. W. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010, hal. 160-161.
Chess, S.; Thomas, A. Temperamental Individuality from Childhood to Adolescence, Journal of Child Psychiatry 16, hal. 218-226.

Menurut Allport : Temperamen adalah gejala karakteristik daripada emosi individu, termasuk juga mudah tidaknya terkena rangsangan emosi, kekuatan serta kecepatannya bereaksi, kualitas kekuatan suasana hatinya, segala cara dari pada fluktuasi dan intensitas suasana hati. Gejala ini bergantung pada faktor konstitusional, dan karenanya terutama berasal dari keturunan.

”Galenus” menyempurnakan ajaran Hipocrates tersebut. Bahwa apabila suatus cairan melebihi proporsi yang seharusnya (dominan), maka akan mengakibatkan adanya sifat-sifat kejiwaan yang khas. Sifat-sifat yang khas pada seseorang sebagai akibat dari dominannya salah satu cairan badaniah itu, Galenus menyebutnya “temperamen”. Lalu Galenus menggolongkan manusia ke dalam empat tipe temperamen yang berdasarkan pada dominasi salah satu cairan badaniahnya.


Pengertian Sikap Dalam Kecakapan Personal

Sikap adalah Cara kita melihat sesuatu secara mental yang mengarah pada perilaku yang ditunjukan pada orang lain, ide, objek, dan kelompok tertentu

Komponen pokok sikap

  1. Keyakinan (Aspek kognitif)
  2. Perasaan ( Aspek Afektif)
  3. Perilaku (Aspek Konotatif)

Bentuk Sikap Positif

Sikap positif adalah perwujudan nyata dari suasana jiwa yang terutama memperhatikan hal-hal yang positif . Ini adalah suasana jiwa yang lebih mengutamakan kegiatan kreatif dari pada kegiatan yang menjemukan, kegembiraan dari pada kesedihan, harapan dari pada keputusasaan.

Bila sesuatu terjadi sehingga membelokkan fokus mental seseorang ke arah negatif, mereka yang positif mengetahui bahwa guna memulihkan dirinya, penyesuaian harus dilakukan, karena sikap hanya dapat dipertahankan dengan kesadaran.

Cerminan sikap positif :

  1. Merupakan sesuatu yang indah dan membawa seseorang untuk selalu dikenang, dihargai, dan dihormati.
  2. Mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri, bahwa ia patut dikenal dan diketahui.
  3. Mengatakarurya tidak hanya melalui ekspresi wajah, tetapi juga melalui bagaimana cara ia berbicara, berjumpa orang lain, dan cara menghadapi masalah.

Bentuk Sikap Negatif

Sikap negatif harus dihindari, karena hal ini mengarahkan seseorang pada kesulitan diri dan kegagalan.

Cerminan sikap negatif :

  1. Lebih dari sekedar bermuka sedih.
  2. Merupakan sesuatu yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain.
  3. Sesuatu yang menyatakan ketidakramahan, tidak menyenangkan, dan tidak memiliki kepercayaan diri.

Langkah untuk menghilangkan sikap negatif

  1. Belajar Mengenali Sikap Negatif
  2. Akui bahwa anda melakukannya bila anda melihat sikap tersebut pada diri anda.

Usaha Menuju Sikap Positif

  1. Tumbuhkan pada diri anda suatu motif yang kuat
  2. Jangan biarkan perkecualian terjadi sebelum kebiasaan baru mengakar dikehidupan anda
  3. Berlatih pada setiap kesempatan

Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Kepribadian, Watak, temperament, dan Sikap Dalam Kecakapan Personal, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  Pengertian Komunikasi Data
Baca Juga  Pengaruh IQ, EQ, SQ, CQ, AQ Dalam Perkembangan Karir Seseorang
Baca Juga  √ Sistem Pengendalian Manajemen Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published.