Pengertian Komunikasi Data

Pengertian-Komunikasi-Data

Pengertian Komunikasi Data

Pendidikanku.orgkomunikasi data adalah suatu proses pengiriman dan juga penerimaan data atau informasi dari dua atau pun lebih device (seperti komputer , laptop, Handphone dan alat komunikasi lain) yang terhubung didalam sebuah jaringan. Baik itu lokal ataupun yang luas, sepeti layaknya internet.

Pengertian lain dari komunikas data yaitu suatu transmisi data elektronik dengan melalui beberapa media(kabel coaksial,fiberoptik,mikrowave dan lain sebagainya). Sistem yang mungkin untuk terjadinya suatu transmisi data sering disebut ialah sebagai jaringan komunikasi data

Read More

Jenis Komunikasi Data

Ada beberapa jenis komunikasi data, Secara umum terdapat dua jenis komunikasi data, yaitu antara lain:

1.Melalui Infrastruktur Terestrial

Dengan menggunakan media kabel dan juga nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang besar untuk dapat membangun infrastruktur didalam jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk pada teresterial antara lain yaitu: Frame Relay ,Sambungan Data Langsung (SDL), , VPN MultiService dan juga Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).


2.Melalui Satelit

Dengan menggunakan satelit sebagai dasar aksesnya. Sebab Biasanya wilayah yang dicakup akses oleh satelit lebih luas dan juga mampu untuk menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan untuk dibangunnya infrastruktur terestrial tetapi untuk membangun satelit ini membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan yang lain dari komunikasi satelit adalah  terdapat suatu gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan juga yang paling parah terjadi pada setiap 11 tahun sekali.


Kenapa Komunikasi Data Ini Sangat Diperlukan

Apa sih yang menyebabkan kita sangat membutuhkan Komunikasi data ini, Itu karena :

  1. Menggunakan Sistem ini akan dapat terasa Lebih Efisien
  2. Karena pada sebagian besar pengguna Komputer hampir menggunakan data ialah sebagai alat komunikasi antar kantor,Perusahaan serta juga  Institusi institusi lainnya.
  3. Menjaga Data agar dapat sampai sesuai tujuan yang diinginkan.
  4. Dapat mengurangi Keterbatasan pada Waktu
  5. Data menjadi suatu Terahasiakan jika ada data yang tidak dapat atau boleh diketahui pihak lain.

Bagaimana cara menjaga data didalam suatu sistem komunikasi data?

  1. Pastikan media transmisi tersebut tidak rusak
  2. Pastikan Alamat IP yang mau dikirim tersebut benar
  3. Lindungi kabel-kabel dari binatang perusak
  4. Letakan Kabel kabel ditempat yang aman
  5. selalu rutin scan virus. Recomendasi ialah sehari 2x
  6. HDD yang digunakan tersebut tidak boleh Bad sector agar lebih baik, HDD yang digunakan itu tidak dicampur dengan software atau game lain dikarenakan ini membuat file menjadi lemot untuk dibuka

Prinsip Komunikasi Data

Prinsip Komunikasi Data antara lain Sebagai berikut :

  1. Pengirim atau senter
  2. Sebagai Media Penghantar
  3. Sink atau penerima

Fungsi dan Tujuan Komunikasi data

Komunikasi data memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Memungkinkan pengiriman data di dalam jumlah besar dengan efesien, tanpa kesalahan dan juga ekonomis dari tempat ketempat yang lain.
  2. Memungkinkan penggunaan sistem komputer serta peralatan pendukung dari jarak jauh (remotecomputer use).
  3. Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat ataupun secara tersebar sehingga akan mendukung manajemen di dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi.
  4. Mempermudah kemungkinan pengelolaan serta pengaturan data yang terdapat di dalam berbagai jenis sistem komputer.
  5. Mengurangi waktu di dalam pengolahan data.
  6. Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi keahlian)
  7. Mempercepat penyebarluasan informasi.

Komponen komunikasi data

Dibawah ini merupakan komponen dari komunikasi data, diantaranya :

1. Sumber (source)

Adalah alat yang mampu membangkitkan data ataupun informasi yang akan di transmisikan, sumber ini bisa berupa alat input pada komputer. Alat ini mampu mengubah informasi video, audio, teks itu menjadi saluran data untuk di proses atau pun di serahkan ke dalam sistem komputer.


2. Pengirim (transmitter)

Adalah alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) supaya bisa di salurkan oleh media transmisi maupun sistem transmisi.

Di dalam bentuk fisik nya bisa berupa komputer personal yang bisa mengolah segala bentuk informasi atau data, atau secara khusus bisa berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi di dalam bentuk suara (voice).


3. Sistem transmisi

Adalah jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau pun jalur kompleks (complex network) yang bisa menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik bisa berupa media wireline atau pun media wireless.

Jalur transmisi tunggal adalah antara perangkat pengirim(transmitter) dan juga penerima(receiver) itu satu jenis media di dalam satu segmen jaringan. Sedangkan maksud dari jalur kompleks itu adalah sebuah perangkat pengirim serta penerima dihubungkan oleh satu sistem


4. Penerima (receiver)

Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi serta kemudian di proses menjadi informasi yang bisa ditangkap/ diproses oleh tujuan(destination). Di dalam bentuk fisiknya penerima(receiver) ini bisa berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.


5. Tujuan (destination)

Menangkap informasi yang diterima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan itu kemudian akan diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software atau aplikasi adalah alat dipakai untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.

Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Komunikasi Data, Komponen, Prinsip, Jenis, Fungsi dan Tujuan, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  Pengertian Dan Sejarah Hak Asasi Manusia
Baca Juga  Pengertian Kolonialisme Adalah
Baca Juga  Pengertian Krisis Moneter, Ciri, Faktor, Penyebab dan Dampak

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *