Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat dan Dampak Internet

Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat dan Dampak Internet

Pengertian Internet

Pendidikanku.org – Internet adalah singkatan dari Interconnected Network, adalah kumpulan komputer yang terhubung diantara satu dengan yang lainnya di dalam suatu jaringan. Disebut saling terhubung dikarenakan internet itu menghubungkan komputer serta juga jaringan-jaringan komputer yang berada pada seluruh dunia dan menjadi jaringan komputer yang besar. Semua jaringan yang terhubung ke dalam internet tersebut bisa mengakses semua informasi yang disediakan di internet dengan secara gratis.

Internet adalah dunia tanpa batas, artinya semua orang memiliki hak yang sama di internet. Oleh karena itu, internet adalah dunia yang bebas dimasuki tanpa harus ada yang terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu serta juga tanpa dibatasi oleh adanya batas-batas wilayah teritorial negara-negara tertentu.

Read More

Internet adalah salah dari satu pemicu terjadinya globalisasi dikarenakan sudah menghilangkan batas-batas dunia. Internet tersebut memungkinkan anda mengakses informasi yang tersimpan pada komputer di tiap-tiap dunia lain. Internet sudah membuat 2 orang dari belahan dunia yang berbeda bisa berkomunikasi tanpa harus dibatasi oleh adanya batasnegara, waktu, jarak, serta hukum atau biokrasi didalam suatu negara.


Sejarah Internet

Sekitar tahun 1960 – an, Departemen pertahanan Amerika melalui ARPA (Advanced Research Project Agency) kemudian membuat sistem jaringan yang kemudian dinamakan ARPANET. ARPANET adalah asal mula dari lahirnya teknologi jaringan. Di Amerika waktu itu, di tahun 1980-an teknologi jaringan ini masih digunakan di ruang lingkup yang terbatas seperti kampus.

Setelah itu, protokol standar TCP / IP ini kemudian mulai terbitkan di tahun 1982. Sekitar tahun 1986, barulah kemudian didirikanlah NSFNET (National Science Foundation Network), hal ini yang kemudian menggantikan peranan dari ARPANET di dalam hal mewadahi kegiatan atau aktivitas riset dan penelitian di Amerika. Dan, di tahun 1990, ARPANET mulai diturunkan dan dengan layanan yang sama World Wide Web (WWW) barulah mulai diperkenalkan oleh CERN.

Dan pada 1993, kemudian mulai dikembangkannya InterNIC, hal ini untuk mendaftarkan nama domain dari publik. Untuk sejarah internet di Indonesia sendiri, internet itu sudah mulai masuk di tahun 1994 yang diperkenalkan oleh beberapa orang ahli pada bidang teknologi informasi saat itu.


Manfaat Internet

Tingginya mobilitas dari penggunaan internet tersebut menuntut jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang sedang berpergian juga tetap bisa mengakses internet meskipun di dalam kendara yang sedang berjalan, sehingga dapat dikembangkannya jaringan tanpa adanya kabel (wireless). Berikut ini adalah manfaat internet secara umum dari Internet :

1. Mencari informasi (hosting) dan research di internet

Hosting dilakukan oleh seseorang untuk dapat mencari berita, referensi, ataupun juga bacaan. dengan hosting tersebut, pengguna juga bisa memperoleh informasi yang lebih banyak.

Bahkan juga, pengguna internet tersebut bisa sering mengupload hasil penelitian, penulisan, serta juga karya terbarunya ke internet supaya dapat diakses oleh pengguna yang lain.


2. Berkirim surat (e-mail)

E-mail adalah salah suatu kegiatan berkirim surat dengan melalui media internet. E-mail (Electronic mail) telah banyak digunakan pada saat ini dan juga sangat populer, yang mana pengirim bisa mengirimkan surat dengan secara langsung dan juga penerima surat yang letaknya itu berjauhan juga bisa secara langsung menerima surat tersebut dengan syarat keduanya tersebut sedang online atau juga sudah mempunyai email.


3. Berbelanja online (e-commerce)

E-commerce (Electronic commerce) adalah suatu perdagangan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama pada internet. Internet tersebut memungkinkan orang atau juga organisasi yang berada dijarak yang jauh bisa dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang terbilang murah.

Terdapat banyak bentuk perdagangan dengan secara elektronik yang banyak dilakukan saat sekarang ini. Misalnya, internet banking, pembelian serta juga penyediaan barang, toko online, dan lain sebagainya. Di Indonesia juga sudah disediakan beberapa website khusus ialah sebagai website untuk penjualan barang-barang seperti tokopedia, shopee, dan lain sebagainya.


4. Internet banking

Internet banking (electronic banking) maupun online banking lainnya adalah suatu aktivitas perbankan yang dapat dilakukan dari rumah, kantor, atau juga tempat-tempat lain dengan cara memanfaatkan internet. Manfaat dari adanya internet banking bagi nasabah adalah nasabah tidak diperlukan datang ke bank untuk bisa melakukan transaksi perbankan, nasabah tersebut juga melakukan transaksi perbankan dengan kapan saja serta di mana saja (dengan syarat tersedia fasilitas internet).

Sedangkan dari pihak bank, internet banking tersebut memungkinkan bank untuk dapat mengurangi biaya operasional. Di Indonesia juga bank-bank yang sudah menyediakan jasa internet banking diantaranya Bank BCA, Bank Mandiri, dan lain sebagainya.


5. Belajar jarak jauh (e-learning)

E-learning atau juga sering disebut dengan e-education merupakan suatu kegiatan belajar ditempat yang saling berjauhan dengan melalui media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan lain sebagainya. Di Indonesia juga yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya ialah Universitas Terbuka.

Internet adalah salah satu alat komunikasi yang murah. Internet tersebut juga memungkinkan terjadinya dialog dengan seseorang (one to one communication) serta juga dialog seseorang dengan banyak orang (one to many communication).

Selain dari itu, internet tersebut juga memungkinkan terjadinya suatu komunikasi dengan tatap muka dengan melalui teleconference. Pemanfaatan internet tersebut akan membuat proses belajar jarak jauh akan menjadi lebih efektif serta hasil yang diperoleh juga akan menjadi akan dapat lebih maksimal.


6. Mengobrol (chatting)

Chatting adalah suatu kegiatan atau aktivitas atau juga pola bicara di internet. APabila telepon menggunakan bunyi untuk dapat melakukan Komunikasi , chatting di internet tersebut menggunakan media tulisan.

Sama dengan fasilitas yang lainnya, didalam internet ini menawarkan adanya kemudahan, kecepatan, serta juga biaya yang murah.


Dampak Positif dan Negatif

Dari manfaat diatas pun kita bisa merasakan dampak positif dari adanya internet ini :

  1. Mudah dalam komunikasi
  2. Mudah mencari informasi dari jaman dulu sampai terbaru
  3. Mudah transaksi bisnis
  4. Komunikasi tidak terbatas
  5. Mudah bekerja jarak jauh
  6. Banyak layanan umum, termasuk layanan pemerintah
  7. Banyak konten untuk hiburan
  8. Mengenal budaya baru dari belahan dunia
  9. Tempat mempublikasiakan karya

Dampak Negatif

Dibawah ini merupakan dampak negatif dari pengguna internet, diantaranya :

  1. Timbulnya Cyber Crime
  2. Pembuatan dan Penyebaran Konten Ilegal
  3. Penyebaran Ujaran Kebencian
  4. Membahayakan informasi pribadi
  5. Banyak video atau gambar terkait kekerasan
  6. Anti sosial
  7. Kecanduan internet
  8. Tidak peka keadaan sekitar

Itulah sedikit ulasan tentang Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat dan Dampak Internet, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima Kasih

Baca Juga  √ Pengertian Nasionalisme
Baca Juga  Pengertian Data Mart Adalah
Baca Juga  Pengertian Puisi Dan Unsur-Unsur Puisi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *