Pengertian Komunikasi, Proses, Tujuan, Fungsi dan Unsur

Pengertian Komunikasi, Proses, Tujuan, Fungsi dan Unsur

Pengertian Komunikasi

Pendidikanku.org – Pengertian komunikasi dari bahasa latin yakni “communicatio”, yang ber istilah ialah “communis” yang mempunyai arti menciptakan kebersamaan diantara 2 orang atau juga lebih. Berdasarkan KBBI, komunikasi adalah pengiriman serta penerimaan pesan atau infromasi antara dua orang bahkan lebih sehingga pesan yang dimaksud itu bisa dipahami.

Didalam kehidupan ini selain dari makhluk individu, kita juga ialah sebagai makhluk sosial yang sangat membutuhkan adanya suatu  interaksi dengan orang lain. dari interaksi tersebutlah terjadi adanya komunikasi untuk dapat menyampaikan sesuatu.

Read More

Pengertian komunikasi menurut para ahli

Komunikasi itu mengacu pada aktivitas atau kegiatan hubungan manusia yang biasa terjadi baik itu secara langsung ataupun tidak langsung didalam kehidupan sehari-hari.

Dibawah ini adalah beberapa pengertian komunikasi menurut para pakar komunikasi diantaranya ialah sebagai berikut:

Pengertian Komunikasi Menurut Everett M. Rogers

Menyatakan pendapatnya yakni “Komunikasi adalah proses yangmana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan dalam 1 orang atau juga lebih dengan maksud untuk dapat mengubah tingkah laku mereka”.


Pengertian Komunikasi Menurut Rogers & O. Lawrence Kincaid

Menyatakan bahwa “Komunikasi adalah interaksi yangmana terdapat 2 orang atau juga lebih yang sedang membangun / melakukan pertukaran informasi diantara satu sama lain yang di akhirnya itu akan membuat mereka saling memahami serta juga mengerti”.


Pengertian Komunikasi Menurut Theodore M. Newcomb

Menyatakan “Setiap bentuk komunikasi tersebut dipandang ialah sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri atas adanya rangsangan yang diskriminatif, dari sumber ke penerima”.

Dari pengertian komunikasi menurut para pakar tersebut, dapat disimpulkan ialah bahwa komunikasi tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya beberapa unsur yang terkait untuk  dapat membangun sebuah komunikasi.


Unsur Dalam Membangun Komunikasi

Berikut ini merupakan unsur-unsur dalam pembangun komunikasi :

Sumber

Yaitu suatu pusat informasi atau juga pengirim informasi. Komunikasi yang terjadi pada kita itu , dapat dari satu orang atau juga lebih (kelompok) misalnya ialah sebuah organisasi, perkumpulan dan lain sebagainya . Sumber komunikasi tersebut disebut juga dengan komunikator.


Penerima

Yaitu pihak yang mana ia menjadi tujuan untuk dapat dikirimi pesan atau juga  info oleh sumber (komunikator). Penerima tersebut bisa terdiri atas satu orang atau juga  lebih. Penerima tersebut  bisa disebut dengan komunikan.


Pesan

Merupakan suatu informasi yang disampaikan oleh si pengirim pesan untuk si penerima (komunikan). Pesan itu dapat disampaikan dengan secara langsung atau juga dengan  melalui media komunikasi yang ada.


Media

Suatu alat yang digunakan didalam berkomunikasi untuk mengirim pesan (informasi) dari sumber untuk si penerima.


Efek

Sebuah pengaruh yang dipikirkan serta juga dirasakan oleh penerima sebelum dan juga sesudah menerima pesan. Yang setelahnya akan dapat mempengaruhi sikap seseorang didalam mengerti pesan tersebut.


Umpan Balik

Yaitu suatu bentuk tanggapan balik dari penerima setelah penerima tersebut  memperoleh pesan yang diterima.


Fungsi Komunikasi

Dalam unsur komunikasi yang sudah dijelaskan bahwa pihak yang mengirim pesan kepada si penerima pesan disebut komunikator. Sebagai pelaku didalam proses komunikasi, komunikator tersebut memegang peranan yang sangat penting terutama didalam berjalannya suatu komunikasi. Sehingga pesan itu dapat diterima oleh penerima (komunikan) dengan baik.

Berikut ini adalah contoh fungsi komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari menurut para ahli :

Menurut Rudolf F. Verderber, Komunikasi tersebut memiliki 2 fungsi.

  1. Fungsi sosial, yaitu untuk tujuan kesenangan, untuk dapat menunjukan ikatan dengan orang lain, membangun serta juga memelihara hubungan.
  2. Fungsi pengambilan keputusan, yaitu memutuskan untuk dapat melakukan atau juga tidak melakukan sesuatu di saat tertentu”.

Menurut Thomas M. Scheidel, “Manusia itu pada umumnya berkomunikasi untuk dapat menyatakan serta juga mendukung identitas-diri dan juga untuk membangun suatu interaksi sosial dengan orang lain yang berada di sekitarnya dan juga untuk dapat mempengaruhi orang lain untuk dapat berpikir, merasa, atau juga bertingkah seperti yang diharapkan”.


Tujuan Komunikasi

Secara umum, suatu komunikasi ini dilakukan untuk menyampaikan :

  1. Informasi (to inform),
  2. Mendidik (to educate),
  3. Menghibur (to entertain), dan
  4. Memengaruhi (to influence).

Di samping itu, komunikasi ini pun bertujuan membuat komunikan untuk menunjukan

  1. Perubahan sikap (attitude change),
  2. Perubahan pendapat (opinion change),
  3. Perubahan perilaku (berhavior change), dan
  4. Perubahan sosial atau partisipasi sosial (social change).

Proses Komunikasi

Proses komunikasi ini kemudian dibagi menjadi 2, diantaranya :

1. Proses secara primer

Adalah proses penyampaian pesan ( pikiran, gagasan, informasi, perasaan, dan lain sebagainya) kepada orang lain dengan cara memakai simbol sebagai media (bahasa, isyarat, warna, gambar dll).


2. Proses secara sekunder

Proses penyampaian pesan kepada orang lain yaitu dengan menggunakan alat atau pun sarana sebagai media kedua setelah memakai simbol sebagai media pertama. Media kedua ini diantaranya seperti : surat, email, radio, televisi, telepon, surat kabar,  film dll.

Itulah sedikit ulasan tentang Pengertian Komunikasi, Proses, Tujuan, Fungsi dan Unsur, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Manajemen Operasional
Baca Juga  √ Pengertian Termodinamika
Baca Juga  27 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *