Pengertian Biosfer, Tingakatan, Faktor Yang Mempengaruhinya

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Pengertian-Biosfer

Pengertian Biosfer

Pendidikanku.org – Secara umum, Pengertian Biosfer adalah suatu lapisan lingkungan habitat suatu makhluk hidup yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, serta atmosfer. Menurut ilmu Biologi, pengertian biosfer adalah suatu lapisan Bumi yang di dalamnya itu terdapat suatu kehidupan bumi.

Menurut Ilmu Geografi Biosfer, adalah suatu lapisan tempat tinggal makhluk hidup /seluruh ruang hidup yang ditempati organisme. Secara etimologi biosfer, berasal dari dua kata yakni bio yang berartikan makhluk hidup serta sphere yang berartikan suatu lapisan. Jadi menurut etimologi biosfer adalah suatu lapisan kehidupan (flora serta fauna).

Dalam pengertian biosfer yang lebih luas menurut Geofisiologi, Biosfer adalah suatu sistem ekologis global yang menyatukan semua makhluk hidup dan juga hubungan antar mereka, termasuk didalamnya interaksi dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), serta juga atmosfer (udara) Bumi. Biosfer tersebut diperkirakan sudah berlangsung di bumi selama 3,5 milliar tahun dari 4,5 milliar tahun bumi.


Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih jauh lagi tentang apa itu biosfer, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli, dibawah ini :

1. Pengertian Biosfer Menurut Vladimir wanouich veinadsky

Menurut pendapatnya, Biosfer merupakan sebuah sistem terbuka serta berkembang sejak dimulainya sejarah bumi.


2. Pengertian Biosfer Menurut Jhon Wiley

Biosfer merupakan suatu zona dari planet bumi dimana kehidupan tersebut terjadi dengan secara alami, diperluas dari lapisan bumi ialah dengan atmosfer yang lebih rendah.


3. Pengertian Biosfer Menurut Michael Allaby

Biosfer adalah suatu bagian lingkungan hidup organisme yang ditemukan serta mereka berinteraksi dengan membentuk sistem kelompok yang stabil, efektif untuk keseluruhan ekosistem pada planet.


4. Pengertian Biosfer Menurut Eduard Suess

Seorang ahli geoglogi di austria pada tahun 1875 yang menggemukakan bahwa pengertian biosfer adalah suatu tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan itu  berdiam.


5. Pengertian Biosfer Menurut James Lovelock

Pengertian biosfer adalah suatu organisme hidup, yang disebut ialah sebagai hipotesa gaia. Hipotesa gaia tersebut menjelaskan bagaimana faktor abiotik serta biotik berinteraksi dalam suatu  lingkungan.


Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup

  1. Protoplasma, merupakan suatu zat hidup dalam sel serta terdiri dari senyawa organik kompleks ialah seperti protein, lemak, dan lain sejenisnya.
  2. Sel, merupakan satuan dasar organisme yang terdiri atas protoplasma dan inti yang terdapat pada membran.
  3. Jaringan, adalah suatu kumpulan sel yang memiliki bentuk dan juga  fungsi yang sama, seperti  ialah , jaringan otot.
  4. Organ, adalah suatu bagian suatu organisme yang dengan fungsi tertentu, seperti kaki atau juga telinga pada hewan, serta manusia, daun ataupun akar pada tumbuhan.
  5. Sistem Organ, merupakan kerja sama antara struktural serta fungsional yang harmonis, seperti ialah kerja sama antara mata serta telinga, antara daun serta batang pada tumbuhan.
  6. Organisme, merupakan makhluk hidup.
  7. Populasi, adalah suatu kelompok organisme sejenis yang hidup serta berkembang biak pada suatu daerah tertentu.
  8. Komunitas, merupakan semua populasi dari berbagai jenis yang berada pada suatu daerah tertentu.
  9. Ekosistem, merupakan tatanan kesatuan dengan secara utuh serta menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi satu sama lain.

Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Flora Dan Fauna

Di permukaan bumi ini ada beberapa faktor yang menjadi pengaruh dari persebaran flora dan fauna diantaranya :

  1. klimatik
  2. edafik
  3. fisiografi
  4. geologi, dan
  5. biotika

Faktor klimatik

Faktor klimatik ini melingkupi angin, suhu, kelebapan, sinar matahari serta curah hujan. Wilayah yang sinar matahari nya lebih banyak atau cukup tentu akan berpengaruh pada tingkat kesuburan tanah, serta akan menjadi penentu dari jenis flora maupun fauna yang akan berkembang di suatu wilayah. Perbedaan curah hujan yang terjadi di tiap-tiap daerah tersebut juga menyebabkan adanya variasi flora dan juga fauna.


Faktor Edafik

Faktor edafik (kondisi tanah) yang dipengaruhi oleh batuan induk dan juga iklim. Tanah ini dapat dikatakan subur jika tanah itu mengandung banyak humus dan juga memiliki banyak bahan organik, seperti unsur struktur tanah, tekstur, hara dan juga ketersediaan air yang ada di dalam pori-pori tanah. Jenis tanah ini pun bisa dan mampu memengaruhi flora dan fauna pada suatu wilayah. Artinya wilayah dengan tanah yang subur tentunya akan mempunyai flora dan fauna lebih bermacam macam jika dibandingkan kawasan yang gersang seperti gurun.


Faktor Fisiografi

Keragaman mengenai bentuk permukaan bumi juga bisa mempengaruhi persebaran flora serta fauna. Relief bumi bisa membantu bahkan juga mempersulit hewan serta tumbuhan untuk berkembang. Relief ini berkaitan dengan kemiringan dan juga ketinggian tempat pada suatu wilayah. Relief atau pun bentuk lahan ini akan membuat perbedaan pada suhu, kondisi tanah, curah hujan, sinar matahari paparan sinar matahari di suatu wilayah. Oleh sebab itu, kondisi relief bumi di tiap-tiap wilayah yang tidak sama tentu akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perbedaan dari persebaran flora dan fauna.


Faktor Geologi

Faktor geologi ini juga sangat berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna yang ada di dunia ini. Hal ini tentu karena, jenis flora dan fauna yang ada di  suatu kawasan itu sangat erat hubungannya dengan sejarah dari pembentukan permukaan bumi. Sebagai contoh, seperti kesamaan fauna yang ada di Asia dan Afrika seperti misalnya kucing, anjing, monyet, gajah, badak, dan harimau, menunjukkan bahwa daratan Asia Selatan dan juga Asia Tenggara itu dulu pernah menyatu.


Faktor Biotik

Salah satu contoh dari faktor biotik yang sangat berpengaruh terhadap tatanan kehidupan yang ada di bumi ini adalah manusia. Kemampuan manusia di dalam mengembangkan teknologi budidaya juga sangat berpengaruh pada perkembangan ataupun keragaman persebaran flora serta fauna.

Selain manusia, faktor biotik yang memengaruhi tatanan kehidupan selanjutnya adalah tumbuhan. Hal ini karena tumbuhan yang lebih besar itu bisa menjadi tempat perlindungan bagi tumbuhan yang lebih kecil dengan cara hidup menempel ataupun berada di bawahnya, serta juga mampu menjadi tempat perlindungan bagi binatang yang hidup di lingkungannya.

Sekian dan Terimakasih sudah membaca mengenai pengertian biosfer , definisi biosfer menurut para ahli , Serta tingkatan organisasi mahkluk hidup , semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari pendidikanku

Baca Juga  √ Pengertian Investasi
Baca Juga  Sistem Ekonomi Kapitalis Adalah
Baca Juga  √ Pendapatan Nasional Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.