Pengertian Amonia dan Amonium

Posted on

Pengertian Amonia dan Amonium, Sifat, Manfaat, Perbedaannya

Pendidikanku.org  – Pada kesempatan ini Pendidikanku akan membahas mengenai pengertian amonia dan amonium , perbedaan amonia dan amonium , Sebagai dua yang zat paling banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari hari, perbedaan diantara amonia dan amonium tersebut layak untuk diketahui.


Pengertian Amonia

Pengertian Amonia adalah zat un-terionisasi yang mempunyai basa lemah serta membawa rumus NH3. amonia tersebut jika terkena udara dan disimpan di suhu kamar itu dapat dilihat ialah sebagai gas padahal jika dilihat sebagai suatu cairan pada suhu yang sangat rendah dan juga tekanan tinggi yang juga dikenal ialah sebagai amonia anhidrat yang mempunyai arti amonia bebas air. itu bermuatan serta tetap ialah sebagai molekul dengan sendirinya. Amonia tersebut berguna untuk tanaman di fiksasi nitrogen. Hal tersebut juga digunakan untuk memproduksi pupuk, membersihkan produk, plastik, pestisida serta bahan peledak.


Ciri Amonia

Amonia ini adalah gas yang tidak memiliki warna tapi memiliki bau yang menyengat.
Mudah larut dalam air, standarnya 1 liter air itu mampu melarutkan 1180 liter amonia.
Amonia ini mudah mencari/normal, amonia ini akan membeku di suhu -78 derajat celsius menjadi cair di temperatur 30-40 derajat celcius dan mendidih di suhu -33 derajat celcius.
Amonia memiliki sifat korosid di timah dan tembaga.
Amonia di pakai sebagai bahan dari alat kecantikan seperti bahan campuran cat rambut.


Manfaat Amonia

Zat Amonia biasanya digunakan sebagai :

  1. Obat obatan
  2. Asam nitrat (HNO3),
  3. Zat pendingin,
  4. Bahan untuk campuran pupuk urea (CO(NH2)2) serta ZA (Zwvelamonia) ((NH4) 2SO4),
  5. Membuat hidrazin (N2H4) sebagai bahan bakar roket,
  6. Bahan pembuatan amonium klorida(NH4Cl) pada baterai,
  7. Kertas plastik, dan
  8. Bahan dasar pembuatan bahan peledak,
  9. Detergen jika dilarutkan kedalam air maka zat ini bisa digunakan sebagai pembersih alat rumah tangga.

Sifat Amonia

Dibawah ini adalah beberapa dari sifat amonia diantaranya sebagai berikut :

  1. Dalam suhu kamar wujudnya berupa gas (tidak berwarna) namun bau menyengat,
  2. Memiliki rasa seperti logam alkali atau sabun.
  3. Jika di hirup bisa membuat mata mengeluarkan air mata.
  4. Amonia ini lebih ringan jika dibandingkan dengan udara sehingga amonia ini akan bergerak ke atas jika dalam keadaan normal.
  5. Gas ini sering jatuh ke bawah setelah itu terakumulasi bersama dengan air hujan.
  6. Gas amonia ini sangat mudah untuk dicairkan/normal.

Pengertian Amonium

Pengertian Amonium yang membawa formula NH4 + merupakan besi bermuatan positif yang cukup mampu eksis ion ialah sebagai bebas didalam larutan, / sebagai senyawa garam ionik yang membentuk struktur kisi dengan ananion ialah seperti amonium klorida. Hal itu terionisasi dan juga biasanya tidak memberikan aroma bau.

Amonium tersebut dapat ditemukan di garam ialah seperti amonium klorida, amonium karbonat serta amonium nitrat dan juga digunakan dalam produksi pupuk, bahan peledak, roket propelan serta juga digunakan sebagai pengawet makanan serta juga air filter.

Sifat asam basa

Ion amonium ini terbentuk disaat amonia, suatu basa lemah, bereaksi dengan asam Brønsted (donor proton):

Sifat asam basa

Ion amonium ini merupakan asam lemah, yang bereaksi dengan basa Brønsted ini setelah itu ia menghasilkan kembali molekul amonia yang tidak bermuatan:

Sifat asam basa

Sehingga, perlakuan dari larutan pekat garam amonium dengan basa kuat ini kemudian menghasilkan amonia. Pada saat amonia ini dilarutkan dalam air, sejumlah kecil amonia itu berubah menjadi ion amonium:

Sifat asam basa

Amonia ini membentuk ion amonium bergantung pada pH larutan.

  • Apabila pH rendah, kesetimbangan tersebut bergeser ke kanan: lebih banyak ion amonium yang kemudian terbentuk.
  • Apabila pH tinggi (konsentrasi ion hidrogen itu rendah), kesetimbangan bergeser ke kiri: maka ion hidroksida itu menarik proton dari ion amonium, menghasilkan amonia.

Pembentukan senyawa amonium ini bisa juga terjadi di dalam fase uap; misalnya, pada saat uap amonia terkena uap hidrogen klorida, terbentuk kabut putih amonium klorida, yang pada akhirnya mengendap sebagai lapisan padatan putih pada permukaan. Perubahan amonium itu kembali ke amonia mudah dicapai dengan adanya penambahan basa kuat.


Perbedaan antara amonium dan amonia

Amonia dan amonium itu sering membuat bingung dengan satu sama lain,  mereka itu tidak sama. Misalnya, amonia merupakan suatu zat serikat bermuatan yang mempunyai basa lemah, amonium itu bermuatan positif, zat terionisasi.  amonium itu membawa rumus NH3, amonium itu membawa formula NH4.

Perbedaan yang mencolok diantara keduanya adalah bahwa amonia tersebut memberikan keluar bau yang agak tajam sedangkan amonium itu tidak memberikan bau. Namun mereka itu juga digunakan didalam jenis yang sama produk ialah seperti pupuk, bahan peledak, dll . N

Persamaan kimia yang mendorong adanya hubungan antara amonia dan amonium dapat dinyatakan ialah  sebagai NH3 + H2O ? NH4 + + OH-. amonia tersebut dapat diproduksi dengan memperlakukan larutan garam amonium serta amonia pekat menjadi amonium jika dicampur dengan air.


Kesimpulan

  1. Amonia meupakan , zat serikat bermuatan yang mempunyai basa lemah
  2. Amonium merupakan bermuatan positif, zat yang terionisasi
  3. Ammonium membawa rumus NH3
  4. Amonium membawa formula NH4

Itu saja pembahasan kali ini tentang Pengertian Amonia dan Amonium, Sifat, Manfaat, Perbedaannya, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  Pengertian Utang, Jenis, Ciri, Contoh Surat keterangan Utang
Baca Juga  √ Pengertian Narasi
Baca Juga  √ Pengertian Audit Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published.