Pengertian Komunikasi Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi Terlengkap – komunikasi berasal dari bahasa latin yakni “communicatio”, yang istilahnya “communis” yang memiliki arti menciptakan kebersamaan diantara dua orang mauipun lebih. Didalam kehidupan kita yang sebagai mahkluk sosial kita juga menjadi makhluk individu, . Nah dari interaksi itulah terjadi suatu komunikasi untuk dapat menyampaikan sesuatu, untuk dapat saling bertukar pendapat dengan orang lain untuk bisa mencapai tujuan.
Pengertian komunikasi – menurut para pakar komunikasi tersebut mengacu kepada aktivitas dari suatu hubungan manusia yang biasa terjadi dengan secara langsung ataupun sebaliknya yang dilakukan dalam kehidupan sehari-harinya. berikut ini merupakan pengertian komunikasi yang didefinisikan menurut para ahli :
  1. Theodore M. Newcomb, “Tiap-tiap bentuk komunikasi itu dipandang ialah sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri dari suatu rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima” 
  2. Everett M. Rogers, menyatakan pendapatnya mengenai komunikasi “Komunikasi merupakan suatu proses , suatu ide yang dialihkan dari sumber kepada si penerimaan maupun lebih dengan tujuan  untuk dapat mengubah tingkah laku mereka” 
  3. Rogers & O. Lawrence Kincaid “Komunikasi adalah suatu interaksi yangmana terdapat 2 orang atau lebih yang sedang membangun maupun melakukan pertukaran informasi dengan satu sama dengan yang lain yang diakhirnya itu akan tiba mereka akan dapat saling memahami serta mengerti satu dengan yang lainnya”
Pengertian Komunikasi Terlengkap
Komunikasi

    Fungsi Komunikasi

    Manusia yang dalam kehidupannya merupakan sebagai pelaku dalam proses komunikasi, komunikator memegang suatu peranan yang penting terutama didalam berjalannya suatu komunikasi. Sehingga pesan itu bisa diterima oleh si penerima (komunikan) dengan baik.

    Unsur-unsur dalam membangun komunikasi

    Komunikasi itu terjadi karena terdapat unsur-unsur , Berikut ini unsur dalam membangun komunikasi :

    • Sumber – yakni suatu pusat informasi maupun pengirim suatu informasi. Komunikasi yang terjadi pada kehidupan kita, bisa dari satu orang maupun dapat lebih (kelompok) misalnya pada sebuah organisasi, dsb. Sumber komunikasi itu disebut juga dengan komunikator.
    Baca Juga  Penyebab Komputer Restart Sendiri
    • Penerima – merupakan pihak dimana ia akan menjadi tujuan untuk dikirimi informasi atau info oleh sumber (komunikator). Penerima tersebut dapat terdiri dari satu orang atau lebih. Penerima itu juga bisa disebut dengan komunikan.
    • Pesan – merupakan suatu informasi yang disampaikan oleh si pengirim pesan kepada si penerima (komunikan). Pesan tersebut akan dapat disampaikan dengan secara langsung ataupun dengan melalui media komunikasi yang tersedia.
    • Media – adalah suatu alat yang digunakan didalam berkomunikasi untuk dapat mengirim pesan (informasi) dari sumber kepada si penerima.
    • Efek – adalah sebuah pengaruh atau respon yang dipikirkan serta dirasakan oleh si penerima sebelum dan juga sesudah menerima pesan. Yang setelah nya akan dapat mempengaruhi sikap seseorang didalam mengerti pesan.
    • Umpan Balik – merupakan suatu bentuk tanggapan balik dari si penerima setelah memperoleh suatu pesan yang diterima.
    Demikian Penjelasan mengenai Apa itu Komunikasi? semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *