Pengertian Data Warehouse, Fungsi, Karakteristik, Komponen

Posted on

Data-Warehouse-Adalah

Data Warehouse Adalah

Pengertian Data Warehouse – Data Warehouse atau dalam bahasa disebut dengan Gudang Data adalah sistem komputer yang tugasnya adalah untuk mengarsipkan serta menganalisis data historis untuk kebutuhan organisasi atau bisnis tertentu.

Informasi yang dikelola ini bisa berupa data yang berkaitan dengan penjualan, gaji, informasi harian dan lain sebagainya.

Dengan mengelola dan menganlisa data secara terstruktur, tentu bisa menghasilkan informasi yang bagus sebagai dasar pengambilan keputusan organisasi / perusahaan.


Pengertian Data Warehouse Menurut Para Ahli

Ferdiana, 2008 , menggemukakan pendapatnya mengenai Pengertian Data warehouse, Data warehouse merupakan suatu konsep serta kombinasi teknologi yang memfasilitasi suatu organisasi untuk dapat mengelola serta memelihara data historis (Sejarah) yang diperoleh dari suatu sistem atau aplikasi operasional .

Menurut W.H. Inmon & Richard DH, data warehouse merupakan suatu kumpulan data yang mempunyai sifat subjek berorientasi, terpadu, waktu-varian, serta tetap pada pengumpulan data untuk dapat mendukung suatu proses pengambilan keputusan manajemen.

Menurut Vidette Poe, data warehouse merupakan database yang berbasiskan read-only analisis serta digunakan ialah  sebagai dasar suatu sistem pendukung keputusan.

Menurut Paul Lane, data warehouse adalah suatu database relasional yang dirancang dengan lebih untuk query serta analisis proses suatu transaksi, yang didalamnya mengandung historis (sejarah) data transaksi serta mungkin juga data dari sumber lain. Data warehouse tersebut memisahkan beban kerja analisis dari suatu beban kerja transaksi serta memungkinkan organisasi untuk dapat menggabungkan maupun konsolidasi data dari berbagai sumber.

dari beberapa sumber mengenai Pengertian Data warehouse di atas , dapat disimpulkan bahwa data warehouse merupakan suatu gudang data yang didalam itu merupakan data-data historis (sejarah) yang didapat berbagai sumber untuk dapat mengambil suatu keputusan.


Fungsi Data Warehouse

  1. Membantu Dalam Pengambilan Keputusan.
    Data yang ada harus data real dan sesuai dengan fakta, agar diolah dan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.
  2. Mudah Dan Cepat Dalam Mengakses Data.
    Data yang mudah dan cepat di akses tentu dapat mempercepat proses pengambilan keputusan.
  3. Menciptakan Konsistensi Data.
    Mengumpulkan informasi dari semua segmen yang mana dengan segmen yang tepat dan konsisten dapat menciptakan terstrukturnya data agar tingkat keakuratannya dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.
  4. Menghasilkan ROI Yang Optimal
    ROI (Return of Investment) merupakan suatu tingkat rasio antara jumlah laba bersih serta biaya investasi yang dihasilkan dari beberapa investasi pada resource (sumber daya) yang ada. Apabila dihubungkan dengan data warehouse sendiri, mempunyai fungsi khusus yaitu untuk memberikan pengembalian investasi yang lebih menguntungkan.
  5. Menyediakan Historical Intelligence.
    Dengan lengkapnya informasi tersebut tentu bisa dianalisa pada periode tertentu dan bisa dijadikan prediksi bisnis di waktu mendatang.

Karakteristik Data Warehouse

Adapun karakteristik ataupun ciri dari Data Warehouse ini adalah :

  1. Berorientasi Subjek
  2. Data Telah Terintegrasi
  3. Sifat Data Itu Tetap
  4. Dibuat Dalam Skala Waktu Tertentu

Komponen Data Warehouse

Komponen data warehouse – Data warehouse terdapat beberapa komponen , komponen tersebut antara lain ialah sebagai berikut :

1. Source Data

Source data merupakan gudang data yang berasal dari berbagai sumber , antara lain ialah :

  1. Data Eksternal
    Data Eksternal merupakan data yang berasal dari luar suatu organisasi atau perusahaan.
  2. Data Internal
    Data Internal merupakan data yang berasal dari dalam suatu organisasi atau perusahaan.
  3. Production
    Data yang berasal dari adanya suatu transaksi.
  4. Archived
    Data arsip adalah data yang berasal dari Operasional (data yang masih digunakan didalam proses transaksi) dan Arsip (data yang sudah tidak digunakan pada proses transaksi)

2. Data Stagging

Data Staging merupakan data yang di ekstrak , transformation dan load dalam satu format , namun tetapi tidak mengubah nilai dari data tersebut.


3. Data Storage

Data Storage adalah penyimpan data yang sudah dihasilkan oleh data staging.


4. Metadata

metadata adalah suatu komponen yang menjelaskan mengenai data yang pada dasarnya metadata tersebut itu lebih dari kamus data.
didalam metadata tersebut terdapat kategori , antara lain ialah

  1. Metadata Operasional
  2. Metadata transformasi dan Ekstrak
  3. Metadata User

5. Information Delivery

Inforamation Delivery adalah suatu penyampaian informasi kepada pengguna, yang didalam penyampaian tersebut terdapat teknik , antara lain teknik online , infranet , dan email.


6. Manajement and Control

Manajemen dan control merupakan pengelolah dan pengendalikan yang terdapat pada data staging dan juga metadata .

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Data warehouse dan 6 Komponenya Semoga dapat bermanfaat untuk anda, salam hangat dari Pendidikanku.net

Baca Juga  YouTube SEO: Tips Cara Ampuh Menaikkan Ranking hingga Viewer Video
Baca Juga  √ Pemodelan Analisis Dalam Rekayasa Perangkat Lunak
Baca Juga  √ Pengertian Lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published.