Pengertian OPEC

Posted on

Opec-adalah

Pengertian OPEC Adalah

OPEC Adalah  – OPEC merupakan suatu organisasi Negara-negara pengekspor minyak. OPEC tersebut didirikan atas prakarsa 5 Negara produsen terbesar minyak dunia, yakni Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi, serta Venezuela, pada saat pertemuan tanggal 14 September tahun 1960 di Baghdad, Irak. OPEC tersebut berkedudukan di Wina, Australia.

Indonesia sendri bergabung dan menjadi anggota dari OPEC pada tahun 1962, dan pada tahun 2008 Indonesia mengajukan untuk keluar dari organisasi OPEC ini karena sudah tidak menjadi pengekspor minyak

Tetapi, setelah itu anggota OPEC kemudian merundingkan terkait hal perundingan pengunduran Indonesia dari Organisasi OPEC dan hasilnya Indonesia dinonaktifkan sementara dari OPEC.

Dan Di Tahun 2014, Indonesia kembali Aktif dan keluar di tahun 2016 pada bulan november.


Sejarah OPEC

Didirikannya OPEC ini didasari oleh keputusan sepihak dari perusahaan minyak multinasional yaitu The Seven Sisters.

Perusahaan itu kemudian menguasai industri minyak dan menetapkan harga pasar minyak tanpa memperdulikan usulan dari negara lain, berdasarkan buku berjudul “Pengetahuan Sosial Sejarah” Oleh Tugiyono, Organisasi OPEC ini dibentuk di tahun 14 September Tahun 1960 di Irak.

Dan Negara yang menjadi Pendiri OPEC ini adalah Irak, Kuwait, Iran, Saudi Arabia dan Venezuela. OPEC berdiri atas dasar kesamaan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki negara negara terkait yaitu minyak bumi.

Dan negara lain kemudian bergabung dan bertambahlah anggota dari OPEC ini, negara yang bergabung itu adalah Qatar 1960, Indonesia dan Libya (1962), Uni Emirat Arab (1967), Aljazair (1969), Nigeria (1971) dan ekuador (1973) dan Gabon ikut bergabung sebagai Peninjau atau Associate Member (Desember 1973).


Tujuan OPEC (Organization Of Pertroleum ExportingCountries)

OPEC memiliki tujuan antara lain sebagai berikut ,

  1. Menyatukan kebijakan perminyakan antara Negara-negara anggota.
  2. Dapat Memenuhi kebutuhan minyak bumi untuk dunia.
  3. Mestabilkan harga minyak dunia.
  4. Menentukan kebijakan-kebijakan untuk menlindungi Negara-negara anggota.

OPEC mengusahakan untuk menstabilkan harga minyak dipasar internasional serta menjamin kesinambungan pasokan minyak kesemua Negara-negara konsumen. Salah satu cara dalam menjaga stabilitas pasar minyak internasional ialah dengan melalui penentuan kuota (batas tertinggi) produksi minyak yang berdasarkan kesepakatan Negara anggota.

Dalam perdagangan internasional, OPEC tersebu menguasai 55% minyak bumi. oleg sebab itu OPEC memegang peranan yang sangat penting dalam masalah perminyakan internasional , apalagi dalam hal menaikkan serta menurunkan tingkat produksinya. Di sisi lain  OPEC juga terlibat aktif didalam usaha peningkatan perdagangan internasional dan juga konservatif lingkungan.


Syarat Begabung Dengan OPEC

Syarat yang harus dipenuhi oleh negara yang ingin bergabung kedalam organisasi OPEC ini adalah :
Secara Fundamental mempunyai kesamaan kepentingan dengan anggota OPEC lain.
Harus Disetujui oleh Mayoritas Anggota OPEC, minimal 2/3 Anggota OPEC.


Negara Anggota OPEC

Berikut ini negara-negara anggota OPEC.

1. Arab Saudi
2. Angola
3. Irak
4. Libya
5. Kuwait
6. Nigeria
7. Iran
8. Uni Emirat Arab
9. Aljazair
10. Qatar
11. Venezuela
12. Ekuador

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Opec, Sejarah, Syarat, Tujuan dan Anggota OPEC, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Growth Hacking Adalah
Baca Juga  √ Pengertian Pankreas
Baca Juga  √ Pengertian Strategi Pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published.