Pengertian Geografi, Pendeketan, Konsep dan Ruang Lingkup

Posted on

Pengertian Geografi Adalah

Pengertian Geografi, Pendeketan, Konsep dan Ruang Lingkup

Pendidikanku.org -Eratosthenes (276-104 SM) mengemukakan dalam bukunya Geographika bahwa geografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata Geo memiliki arti Bumi dan Graphein yang berarti tulisan dalam arti geografi adalah ilmu tentang bumi.

Namun Dalam arti luas Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi, benda-benda yang diluar bumi, flora serta fauna, udara, iklim serta lain sebagainya yang berinteraksi dengan bumi.

Geografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan, persamaan, dan perbedaan antarruang di Bumi. Pusat kajian geografi adalah hubungan manusia serta lingkungannya. Secara umum, geografi ini terbagi menjadi dua cabang keilmuan diantaranya geografi fisik dan geografi manusia.

Setelah tahun 1945, geografi kemudian lebih diarahkan ke ilmu sosial serta mengutamakan mengenai kajian geografi manusia. Geografi mempunyai konsep-konsep penting yang dipakai didalam memahami hubungan, bentuk, serta fungsi peristiwa alam dan juga peristiwa sosial.


Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai apa sih geografi ini, maka kita dapat merujuk pada geografi menurut para ahli di bawah ini :

  1. Prof. Dr. I Made Sandy
    mengemukakan pendapatnya bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha untuk menemukan dan memahami persamaan dan perbedaan yang terdapat dalam ruang muka bumi.
  2. N. Daldjoeni
    Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kegiatan-kegiatan manusi dalam suatu ruang (Bumi , Luar angkasa).
  3. Ferdinan Von Richthofer
    geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat-sifat permukaan bumi , dan pendudukannya serta menjelaskan hubungan sebab akibatnya.

Pendekatan Geografi

Pendekatan geografi ini bisa diartikan sebagai metode atau cara (analisis) di dalam memahami segala macam bentuk gejala atau fenomena geosfer, khususnya interaksi manusia beserta lingkungan. Pendekatan yang dipakai terdiri dari 3 macam, diantaranya :

1. Pendekatan Keruangan

Pendekatan keruangan adalah upaya di dalam mengkaji persamaan serta perbedaan fenomena geosfer di dalam suatu ruang. Pendekatan keruangan ini dipakai untuk mengetahui persebaran penggunaan ruang yang sudah tersedia serta bagaimana penyediaan ruang yang akan dipakai untuk segala macam kebutuhan.

Contoh Pendeketan Keruangan

Di dalam perencanaan pembukaan lahan pemukiman, banyak data yang perlu untuk diketahui guna memenuhi persyaratan. Di antaranya seperti data tentang

  1. ketinggian tempat,
  2. kemiringan lereng,
  3. jenis tanah, dan sebagainya.

Nantinya, data ini akan dipakai guna menilai keadaan fisik dari lokasi yang mempengaruhi tingkat adaptasi manusia yang akan tinggal di lokasi tersebut.


Pendekatan Ekologi

Pendekatan ekologi ini mengkaji fenomena geosfer seperti halnya interaksi organisme hidup dengan lingkungannya. Di dalam pendekatan ekologi ini manusia mempunyai peran yang penting di dalam proses interaksi.

Contoh Pendekatan Ekologi

Kemampuan manusia di dalam memanfaatkan lingkungan guna beraktivitas merupakan salah satu contohnya. Manusia yang tinggal di daerah pantai tentu akan kegiatan maupun aktivitas nya berbeda dengan manusia yang tinggal di daerah pegunungan.


Pendekatan Kompleks Wilayah

Pendekatan kompleks wilayah ini mengkaji fenomena geosfer dengan melalui kombinasi pendekatan keruangan serta pendekatan ekologi. Interaksi antarwilayah ini akan berkembang disebabkan karena pada hakikatnya tiap-tiap wilayah di bumi itu berbeda antara satu dengan yang lain.

Contoh Pendekatan Kompleks Wilayah

Wilayah pedesaan itu akan melakukan interaksi dengan wilayah perkotaan dalam hal memenuhi kebutuhan sekunder serta tersier. Sebaliknya, perkotaan itu pasti berinteraksi dengan pedesaan dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan serta tenaga kerja.


Konsep Dasar Geografi

Menurut Gertrude Whipple terdapat 5 konsep dasar geografi , antara lain sebagai berikut :

  • Konsep bumi sebagai suatu planet
  • Konsep beraneka ragam cara hidup
  • Konsep beraneka ragam wilayah alam
  • Konsep pentingya wilayah bagi manusia
  • Konsep pentingnya letak untuk memahami peristiwa dunia.

Namun terdapat referensi lain tentang imu geografi , didalam referensi tersebut terdapat 10 konsep dasar antara lain sebagai berikut :

  • Konsep lokasi/letak
  • Konsep jarak
  • Konsep keterjangkauan
  • Konsep pola
  • Konsep geomorfologi/morfologi
  • Konsep aglomerasi
  • Konsep differensiasi area
  • Konsep nilai kegunaan
  • Konsep interkasi interdependensi
  • Konsep kerkaitan keruangan

Ruang Lingkup Geografi

Dalam ruang lingkup geografi kita sebenarnya dalam melihat bahwa ruang lingkup geografi ini sangat luas seperti pengertian diatas , karena pada dasarnya ilmu geogradi ini tidak dapat dikuasi dengan 1 mata pelajaran itulah sebabnya terdapat ilmu-ilmu penunjang geografi.

Namun tetapi apabila bumi dilihat dari segi teori lingkungan hidup , permukaan bumi dapat dikelompokan menjadi 3 bagian , antara lain sebagai berikut :

  1. Lingkungan fisikal
    adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berupa makhluk tidak hidup misalnya tanah , udara , air , dan juga sinar matahari.
  2. Lingkungan biologis
    adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berupa makhluk hidup , seperti binatang dan tumbuhan.
  3. Lingkungan sosial
    adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berwujud tindakan atau kegiatan manusia dalam suatu hubungan antar alam atau antarmanusia.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Geografi, Pendeketan, Konsep dan Ruang Lingkup, kami berharap dapat bermanfaat untuk anda. Terima Kasih

Baca Juga  √ Pengertian Geomorfologi
Baca Juga  √ VGA Card Adalah
Baca Juga  √ Pengertian Telofase

Leave a Reply

Your email address will not be published.