√ Pengertian Bioteknologi

Diposting pada

Pengertian Bioteknologi

Pengertian Bioteknologi

Pengertian Bioteknologi Terlengkap – Apa Bioteknologi ? Bioteknologi merupakan suatumetode yang melibatkan makhluk hidup / organisme hidup untuk dapat menghasilkan produk baru sehingga bisa berguna bagi manusia. Atau bisa juga bioteknologi adalah suatu cabang ilmu biologi yang mempelajari bagaimana cara memanfaatkan organisme hidup didalam melakukan suatu proses produksi untuk menghasilkan barang / jasa yang bermanfaat bagi manusia.

Bioteknologi tersebut berasal dari dua kata yaitu Bio dan  Teknologi. Kata Bio bisa diartikan kehidupan sedangkan kata Teknologi bisa diartikan sebagai metode ilmiah yang digunakan untuk dapat mencapai tujuan dengan secara praktis. Zaman seperti sekarang ini Bioteknologi tidak hanya berdasarkan dengan biologi saja, Namun tetapi dari berbagai macam ilmu terapan , seperti dari biokimia, biologi molekuler, genetika, mikrobiologi, komputer dan lain sebagainya . Di definisikan juga bioteknologi adalah suatu ilmu terapan yang menggabungkan berbagai macam cabang ilmu didalam memproses barang / jasa yang dapat bermanfaat bagi manusia.

Pengertian Bioteknologi Terlengkap
Pengertian Bioteknologi Terlengkap

Ciri Bioteknologi

Adapun ciri-ciri utama dari bioteknologi, antara lain sebagai berikut  :
  1. Terdapat benda biologi contohnya berupa mikroorganisme, tumbuhan ataupun hewan,
  2. Adanya pendayagunaan dengan secara teknologi ataupun secara industri
  3. produk / jasa yang dihasilkan adalah hasil dari ekstraksi ataupun pemurnian.

Manfaat bioteknologi

Bioteknologi tersebut memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia.  Alat-alat untuk dapat membantu perkembangan bioteknologi-pun sudah semakin banyak salah satu contohnya ialah mikroskop yang berguna untuk dapat melihat organisme-organisme kecil yang tidak bisa dilihat dengan menggunakan mata saja. Manfaat dari bioteknologi ialah sebagai berikut :
  • 1. Dapat menghasilkan obat
    Bioteknologi dapat menghasilkan obat yang lebih murah dan efektif misalnya seperti pembuatan hormon insulin yang berasal dari gen bakteri E. Coli.
  • 2. Menghasilkan antibiotik
    Dapat menghasilkan antibiotik untuk membunuh berbagai penyakit yang berbahaya. Pada saat ini sudah banyak sekali antibiotik yang terdapat di apotik-apotik yang harganya murah dan efektif untuk pengobatan.
  • 3. Dapat mengurangi pencemaran lingkungan
    Bioteknologi juga dapat membantu mengurangi pencemaran, misalnya ada beberapa bakteri yang dapat membantu daur ulang untuk menghancurkan sampah-sampah organik dan juga membersihkan tumpahan minyak yang tercecer di laut.
  • 4. Dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dari tanaman transgenik
    Tanaman transgenik memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap berbagai kondisi lingkungan ekstrim dan tidak mudah terserang hama.

Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi

Dibawah ini merupakan dampak dari bioteknologi baik itu yang positif dan negatif, diantaranya sebagai berikut :

Dampak Positif

Terdiri atas:

  1. Bioteknologi ini memainkan peranan penting di dalam bidang pangan yakni dengan memproduksi makanan dengan bantuan mikroba (roti, keju, tempe, yoghurt, kecap, dll ), vitamin, serta hyga enzim.
  2. Sangat berperan di dalam bidang kesehatan. Contohnya ialah seperti Orang yang menderita diabetes melitus yang kemudian membutuhkan suplai insulin dari luar tubuh. Dengan memakai teknik DNA rekombinan, insulin tersebut bisa atau dapat dipanen dari bakteri.
  3. Dipakai guna perbaikan lingkungan misalnya di dalam hal mengurangi pencemaran dengan adanya teknik pengolahan limbah serta juga dengan memanipulasi mikroorganisme.
  4. Bioteknologi ini adalah pemanfaatan segala macam prinsip ilmiah serta rekayasa terhadap organisme, sistem, atau pun juga proses biologis di dalam menghasilkan atau juga meningkatkan potensi organisme ataupun juga menghasilkan produk serta jasa bagi kepentingan hidup manusia.

Dampak Negatif bioteknologi

Akan tetapi bioteknologi-pun juga mempunyai sisi negatifnya, dampak negatif tersebut membahayakan terutama bagi orang yang kurang paham terhadap suatu lingkungan. Terdapat peraturan atau etika-etika yang perlu untuk dilakukan dalam mengembangkan suatu produk bioteknologi. Berikut ini secara umum dampak negatif dari bioteknologi, diantaranya ialah sebagai berikut :
1. Rusaknya ekosistem
Menurunkan jumlah dari spesies tanaman yang terdapat dialam akibat adanya suatu teknologi rekayasa genetik yang berlebihan.

2. Hilangnya beberapa jenis hewan dan tumbuhan tertentu
Apabila berlebihan dalam melakukan rekayasa teknologi genetika, maka hewan ataupun tumbuhan dengan kualitas kurang baik / kualitas alaminya akan mengalami kepunahan.

3. Dapat menyebabkan alergi
Karena tidak semua orang cocok dengan Gen asing yang dimasukkan kedalam organ tubuhnya. Jadi harus berhati-hati pada saat akan mengkonsumsi suatu produk yang dihasilkan oleh bioteknologi.

4. Terjadinya pencemaran biologis
Hal seperti tersebut terjadi akibat tidak dapat terkendalinya penyebaran organisme transgenerik.

Contoh Bioteknologi

Bahan Dasar

 

MikroorganismeProdukBidang
sayuranLactobacillus  sp,

Streptococcus sp, dan Pediococcus

Asinan sayuran
Kedelai + ampas kelapaRhizopus oligosporus

Rhizopus stoloniferus

Pseudomonas cocovenenans

Tempe bongkrek
KedelaiRhizopus oligosporus

Rhizopus stoloniferus

Rhizopus oryzae

Tauco
Ikan lautLactobacillus spPindang makasar
Ikan + tepung + sayuranLactobacillus sp.Terasi
Ikan kembungLactobacillus sp.

Rhodospirillium sp.

Peda siam
Ikan air tawarLactobacillus sp.Pindang garut
IkanLactobacillus sp.Petis
Buah-buahanLactobacillus sp. Rhizopus sp.

buahan

Asinan buah

 

Tepung+gulaSaccharomyces cerevisiaeroti
pati jagung, gandum, Kentang, SingkongBacillus subtilis

Aspergillus niger

B. coagulanes

sirop glukosa
SusuStreptococcus diacetilactis

Leuconstoc citrovorum

mentega
Tetramethyl pyrazineBacillus substilisRasa Kacang tanah, aroma bakar
Citronellal

Linalool

terpineol

terpen

Kluyveromyces lactis

Cerato eytis spp

Rasa Buah-buahan, tanaman dan

bunga mawar

Lactone

Ester

Sacharomyces.

Pseudomonas spp

Steptococcus spp

Rasa Buah-buahan,

kelapa

DiacetylLactobacillus sppRasa Mentega
Glukosa oksidaseAspergillus niger

(jamur)

Pembuangan oksigen

pada pembuatan

sari buah

NasiMonascus purpureusNasi merah
ProteaseAspergillus oryzaePelembut roti
InvertaseSaccharomyces

cerevisiae

Pelembut coklat

Contoh bioteknologi modern diantaranya sebagai berikut antipiretik, analgesik,  kultur jaringan, mutagenesis, obat, antibiotik, antibodi monoklonal, r ekayasa genetika, teknik DNA rekombinan, peternakan, kloning dll.

Baca Juga Artikel Terkait :

Sekian dan Terimakasih sudah membaca Pengertian Bioteknologi, Manfaat, Ciri, Dampak dan Contohnya , Kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku.org

Baca Juga  √ Pengertian Integrasi Nasional
Baca Juga  √ Web Developer, Web Designer Dan Webmaster
Baca Juga  √ Pengertian Nasionalisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *