√ Pengertian Cerita Rakyat

Diposting pada

Pengertian Cerita Rakyat

Pengertian Cerita Rakyat

Cerita rakyat mempunyai  macam-macam ataupun jenis-jenis. Namun tahukah anda, Apa Cerita rakyat tersebut , Cerita rakyat ialah  cerita yang berkembang dan hidup di kalangan masyarakat. Cerita rakyat tersebut berkembang secara turun-temurun dan juga disampaikan secara lisan. Oleh Sebab itulah, cerita rakyat tersebut sering pula disebut ialah sebagai sastra lisan. Pada dasarnya, cerita rakyat tersebut bersifat anoni atau juga pengarangnnya tidak dikenal. Jenis-Jenis Cerita rakyat ialah sepertia berikut ini :

  1. Cerita Binatang,
  2. Cerita Asal-Usul (Legenda),
  3. Cerita Pelipur Lara,
  4. Cerita Jenaka,

Ciri Cerita Rakyat

  1. Cerita rakyat tersebut disampaikan secara lisan
  2. Disampaikan dengan secara turun-temurun
  3. Tidak diketahiu siapa pertama kali membuatnya
  4. Kaya akan nilai-nilai luhur
  5. Sifatnya tradisional
  6. Mempunyai banyak versi dan variasi
  7. Mempunyai bentuk-bentuk klise di dalam susunan atau pun cara pengungkapannya.

Fungsi cerita rakyat

  1. Fungsi sarana hiburan yakni dengan mendengarkan cerita rakyat sepeti misalnya dongeng, mite atau pun legenda, kita kemudian sekan-akan diajak sedang berkelana ke alam lain yang tidak pernah kita jumpai di dalam pengalaman hidup.
  2. Fungsi sarana pendidikan karena pada dasarnya cerita rakyat tersebut ingin menyampaikan pesan atau juga amanat yang dapat atau bisabermanfaat bagi watak serta juga kepribadian para pendengarnya.
  3. Fungsi sarana penggalang rasa kesetiakawanan diantara para masyarakat yang menjadi pemilik dari cerita rakyat tersebut.
  4. Fungsi lain lagi dari cerita rakyat ialah sebagai pengokoh dari nilai-nilai sosial budaya yang berlaku di dalam masyarakat. Di dalam cerita rakyat tersebut terkadang ajaran-ajaran etika serta juga moral bisa atau dapat dipakai yakni sebagai pedoman bagi masyarakat. Di samping hal tersebut di dalamnya pun terdapat larangan serta juga pantangan yang perlu untuk dihindari. Cerita rakyat bagi warga masyarakat pendukungnya ini bisa atau dapat menjadi tuntunan tingkah laku di dalam pergaulan sosial.

Jenis Cerita Rakyat

Adapun jenis dari cerita rakyat diantaranya sebagai berikut :

Cerita Binatang

Cerita binatang atau disebut dengan Fabel ialah cerita yang pada tokoh-tokohnya ialah berupa binatang yang dengan peran layaknya seolah manusia. Binatang-binatang tersebut dapat berbicara, makan, minum dan juga dapat berkeluarga sebagaimana seolah olah manusia. Dengan hal tersebut , dapatlah dipahami ialah bahwa fabel atau cerita binatang tersebut tidak semata-mata ialah sebagai cerita binatang, namun ialah sebagai metamorfosis kehidupan manusia itu sendiri. Adapun maksud dari penggambaran dengan melalui binatang tersebut ialah  supaya kisah tersebut tidak sampai atau tidak dapat menyinggung perasaan orang lain yang mendengar atau membacanya.


Cerita Pelipur lara

Dalam garis besar, cerita asal-usul tersebut terbagi ke dalam 3(tiga) jenis atau macam, Cerita jenis ini disebut ialah dengan pelibur lara disebabkan karena pada fungsinya memang untuk menghibur hati. Dalam cerita tersebut, diceritakan hal-hal yang indah-indah,yang dengan penuh fantasi, dan juga penuh dengan impian yang menawan. Misalnya, mengenai  kehidupan istana, keajaiban-keajaiban,senjata keramat dan juga sakti, putri yang cantik, dan lain sebagainya.


Cerita Jenaka

Cerita Jenaka ialah salah satu karya yang cukup terkenal karena karya sastra yang klasik, seperti contoh ialah  : Pak Belalang, Lebai Malang dan lain sebagainya. Lebai Malang tersebut ialah menggambarkan orang yang dikarenakan keserakahanya tersebut justru selalu tidak dapat memperoleh apa-apa.


Cerita Legenda (Asal Usul)

1. Cerita Asal-Usul dari Dunia tumbuhan

Sebagai Contoh ialah sebagai berikut ini :

  1. awal mulanya Padi  dari Dewi Sri.
  2. Gadun beracun dikarenakan dipanah oleh pohon jagung yang menggunakan anak panah yang sangat beracun
  3. Tandan Jagung berlubang dikarenakan ditombak oleh pohon gandung.
  4. Pohon mata lembu yang seperti rusak kulitnya disebabkan karena  melihat pertarungan antara pohon jagung dan juga pohon gadung terlalu dekat

2. Cerita Asal-Usul dari dunia Binatang

Sebagai Contoh ialah sebagai berikut ini :

  1. Sapi yang bergelambir disebabkan karena sewaktu ia mandi, bajunya tersebut tertukar dengan baju kerbau yang besar
  2. Darah Ikan mas mempunyai warna darah seperti darah manusia dikarenak asal mula ikan mas tersebut ialah manusia

3. Cerita Asal-usul terjadinya sesuatu yang konon tempat

Sebagai Contoh ialah sebagai berikut ini :

  1. Nama Gunung Tengger yang konon diambil dari nama sepasang suami istri yang bernama Rar Anteng dan juga Joko Seger
  2. Gunung Tangkuban Perahu terletak di Bandung Utara yang konon berasal dari perahu yang dimiliki sangkuriang. dikarenak ia murka, dan perahu tersebut ditendangnya hingga tertelungkup dan juga berubah menjadi sebuah gunung yang sekarang dikenal sebagai  dengan nama Gunung Tangkuban Perahu.

Unsur Cerita Rakyat

Sekian Dan Terimakasih Sudah membaca tentang Pengertian Cerita Rakyat, Jenis, Ciri, Fungsi dan Contoh kami berharap apa yang diuraikan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca Pendidikanku.org

Baca Juga  √ Pengertian Seni Lukis
Baca Juga  √ Pengertian Alveolus
Baca Juga  √ Pengertian Aset

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *