Pengertian Gizi, Jenis, Fungsi dan Manfaat Gizi Bagi Tubuh

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Pengertian Gizi

Pengertian Gizi, Jenis, Fungsi dan Manfaat Gizi Bagi Tubuh

Pendidikanku.org – Secara Umum Pengertian Gizi adalah suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan serta juga memperbaiki jaringan tubuh. Gizi tersebut berasal dari bahasa mesir yang mempunyai arti “Makanan”. Gizi merupakan terjemahan dari kata “Nutrition” yang disebut ialah sebagai nutrisi. Gizi tersebut juga bisa diartikan ialah sebagai sesuatu yang mempengaruhi adanya suatu proses perubahan pada tiap-tiap makanan yang masuk ke dalam tubuh yang berguna untuk dapat mempertahankan tubuh tetap sehat.

Orang yang mempelajari mengenai Gizi disebut ialah sebagai Ilmu Gizi. Pengertian Ilmu Gizi adalah suatu ilmu yang zat-zat gizi yang terdapat pada makanan serta penggunanya dalam tubuh yang meliputi ialah :

  1. Masukan
  2. Pencernaan
  3. Penyerapan
  4. Pengangkutan (transpor)
  5. Metabolisme, interaksi
  6. Penyimpanan serta pengeluaran,

“semua hal tersebut merupakan proses dari zat gizi pada tubuh”.

Pengertian Zat Gizi atau Nutrisi tersebut adalah suatu zat pada makanan yang dibutuhkan oleh organisme ialah sebagai pertumbuhan dan perkembangan yang dimanfaatkan dengan secara langsung oleh tubuh yang meliputi didalamnya ialah  protein, vitamin, mineral, lemak serta air.

Zat gizi tersebut diperoleh dari makanan yang didapatkan didalam bentuk sari makanan dari hasil pemecahan pada suatu sistem pencernaan.


Pengertian Gizi Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai apa sih gizi itu, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli, dibawah ini :

  1. Pengertian gizi menurut Tuti Sunardi, yang mengatakan ialah bahwa pengertian gizi ialah sesuatu yang mempengaruhi proses suatu perubahan semua jenis makanan yang masuk kedalam tubuh yang berguna untuk mempertahankan kehidupan.
  2. Pengertian gizi menurut Lioni Ellis H, yang mengemukakan bahwa pengertian gizi adalah suatu komponen penting yang diperlukan oleh tubuh untuk dapat tumbuh serta berkembang.
  3. Pengertian gizi menurut Harry Oxorn & William R. Forte yang menyatakan mengenai pengertian gizi yang berarti gizi mempunyai pengertian yang luas bukan hanya dari jenis-jenis pangan serta gunanya bagi badan melainkan juga ialah mengenal cara-cara memperoleh dan juga mengolah serta mempertimbangkan agar kita dapat tetap sehat.
  4. Pengertian gizi menurut Chairinniza K. Graha ialah suatau unsur yang terkandung didalam makanan yangmana unsur-unsur bisa memberikan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga dapat menjadi sehat.

Jenis Zat Gizi

Zat gizi tersebut dibagi menjadi 2 yakni zat gizi organik serta zat gizi anorganik.

  1. Zat gizi organik ialah seperti lemak, vitamin, karbohidrat, dan juga protein, Sedangkan
  2. Zat gizi anorganik tersebut terdiri atas air serta mineral.

Zat Gizi itu juga dikelompokkan dari beberapa macam ialah sebagai berikut :

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya

  • Nabati : nabati adalah suatu sumber zat gizi yang berasal ialah dari tumbuh-tumbuhan
  • Hewani : hewani adalah suatu zat gizi yang berasal dari hewan.

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya

  • Zat Gizi Makro atau Makronutrisi
    Pengertian makronutrisi adalah suatu zat gizi atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup besar dengan satuan gram. Yang termasuk zat gizi makro atau juga makronutrisi ialah protein, karbohidrat, serta lemak.
  • Zat Gizi Mikro atau Mikronutrisi
    Pengertian mikronutrisi adalah suatu zat gizi atau nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit atau juga kecil. yang termasuk zat gizi mikro ialah air, vitamin serta juga mineral.

Macam-Macam Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya

  • Sumber Energi Bagi Tubuh
    yang dimaksud dari sumber energi bagi tubuh ialah yang digolongkan pada jenis gizi seperti lemak, protein serta karbohidrat.
  • Pembangun dan Penjaga Tubuh
    yang dimaksud dari pembangun serta juga penjaga tubuh digolongkan ialah pada jenis gizi seperti mineral, protein, vitamin serta juga lemak.
  • Pengatur Kerja dalam Tubuh
    yang dimaksud dari pengatur kerja didalam tubuh ialah untuk dapat mengatur proses metabolisme yang terdapat didalam tubuh yang digolongkan ialah pada jenis gizi seperti air, lemak, protein serta juga mineral

Fungsi Zat Gizi

Fungsi Zat Gizi- Zat Gizi atau nutrisi mempunyai fungsi bagi tubuh kita. Fungsi zat gizi ialah sebagai berikut.

  • Sebagai sumber energi
  • Untuk memperbaiki sel-sel rusak
  • Sebagai sumber pertumbuhan dan perkembangan
  • Untuk mempertahankan fungsi pada organ tubuh
  • Menjaga keseimbangan pada metabolisme
  • Pengatur serta uga pendukung dari proses metabolisme
  • Membentuk sel-sel pada jaringan tubuh.

Manfaat Gizi

Berdasarkan fungsi dari gizi, maka manfaat gizi bagi tubuh adalah, sebaagai penghasil energi tubuh, hal ini karena sebagian zat yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi kita akan dicerna orga tubuh setelah itu akan diolah dan menghasilkan energi. Energi ini yang membantu manusia di dalam menyelesaikan kegiatan sehari harinya.

Selain itu gizi juga membentuk sel pada jaringan tubuh terutama sebagai pengganti jaringan yang sudah tidak berfungsi atau sudah rusak, zat gizi ini membentuk air, mineral serta protein di dalam membentuk sel jaringan tubuh yang diolah bersama sama oleh organ pada tubuh.

Dan manfaat gizi ini sebagai pengatur fungsi dari reaksi biokimia di dalam tubuh (Stimulansia). Supaya fungsi dan reaksi biokimia di dalam tubuh itu bisa berjalan dengan baik dan cepat maka di butuhkan zat perangsang dan pengatur (stimulansia). Zat vitamin lah yang membantu proses reaksi biokimia di dalam tubuh (Stimulansia) agar bisa berjalan dengan baik, dan vitamin ini ada di tiap makanan yang kita konsumsi.


Sekian dan Terimakasih Sudah membaca mengenai pengertian Gizi , macam dan Jenis Gizi , Fungsi Gizi , Pengertian Gizi menurut para ahli , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku.org

Baca Juga  √ Pasar Oligopoli Adalah
Baca Juga  √ Pengertian Tersangka, Terdakwa, Terpidana, Terduga
Baca Juga  √ Pengertian Crowdsourcing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.