Pengertian Seni Rupa

Diposting pada
Rate this post

Pengertian Seni Rupa

Pendidikanku.Org – Dikesempatan ini pendidikanku akan membahas mengenai apa pengertian seni rupa ? apa unsur seni rupa ? macam -macam seni rupa ? Fungsi Seni Rupa ? nah, point-point tersebut akan dipaparkan secara singkat pada artikel ini.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa merupakan cabang dari ilmu seni yang membuat objek yang bisa dinikmati terutama melalui bentuknya. Pengertian seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang dapat ditangkap mata dan juga dapat dirasakan dengan rabaan. Kesan tersebut diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan juga pencahayaan dengan acuan estetika.


Jenis Seni Rupa

Terdapat macam -macam seni rupa yakni seni rupa tradisional, seni rupa modern dan juga seni rupa kontemporer.

  1. Pengertian Seni Rupa Tradisional

    Seni Rupa Tradisionalmerupakan seni rupa yang dibuat dengan mengikuti pola-pola, aturan, / “pakem” tertentu yang menjadi pedoman seni serta dibuat berulang ulang tanpa harus merubah bentuk aslinya. Adapun aturan-aturan yang dimaksud tersebut berhubungan dengan bentuk, pola, corak, penggunaan warna, bahan, serta jugaukuran.Aspek aspek dalam berkarya seni rupa tradisional.

  2. Pengertian Seni Rupa Modern

    Seni Rupa Modern merupakan seni rupa yang mengutamakan kreativitas serta inovasi sehingga menciptakan sesuatu yang baru. Seni rupa modern tersebut meninggalkan aturan aturan yang ada pada seni rupa tradisional.

  3. Pengertian Seni Rupa Kontemporer

    Seni Rupa Kontemporer merupakan seni rupa yang dipengaruhi oleh sebuah kreativitas & kekinian yang terjadi, seperti kondisi sekitar seperti keadaan politik dan lainnya.

  4. Pengertian Seni Rupa

    Seni Rupa merupakan hasil ciptaan kualitas, hasil ekspresi, / alam keindahan atau juga segala hal yang melebihi keasliannya dan klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria tertentu yang diciptakan menajdi suatu struktur sehingga bisa  dinikmati menggunakan indera mata dan juga peraba.


Fungsi Seni Rupa

Setelah mengerti dengan pengertian seni rupa lalu apa manfaat / fungsi seni rupa tersbut? Mari lanjut baca manfaat dan fungsi seni rupa dibawah ini:

Fungsi seni rupa ini terdiri dari 2  fungsi yaitu

  1. Fungsi individual seni rupa
  2. Fungsi sosial seni rupa.

Fungsi Individual Seni Rupa

Fungsi seni rupa individual terdapat 2 yaitu dari sisi fisik dan emosional.

  1. Fungsi seni rupa secara fisik merupakan pemenuhan kebutuhan fisik manusia baik yang dipakai langsung maupun sebagai pelengkap dari aktivitasnya.
  2. Fungsi seni rupa secara emosional bagi individu ialah sebagai efek kerja sama antara pencipta seni / seniman yang sudah menyampaikan ekspresinya terhadap penikmat karya seni rupa, / yang disebut  dengan apresiator.

Fungsi Sosial Seni Rupa

Fungsi Sosial Seni Rupa, Fungsi seni rupa sosial ada 4 yakni dari ;

  1. Pendidikan
    Fungsi seni rupa terhadap pendidikan ialah sebagai sarana untuk dapat mempermudah serta memperbagus cara belajar mengajar dalam dunia pendidikan sehingga murid didik mampu untuk menerima dan menangkap lebih cepat pembelajaran yang dijelaskan.
  2. Rekreasi
    Fungsi seni rupa terhadap rekreasi ini berhubungan dengan penyegaran serta pembaharuan kondisi emosional masyarakat seperti pembuatan taman rekreasi, serta pusat wisata lainnya oleh pemerintah menggunakan seniman.
  3. Komunikasi
    Fungsi seni rupa dalam komunikasi ialah untuk mempermudah penyebaran dan juga penerimaan informasi kepada para penerima informasi dengan memberikan sentuhan kreativitas.
  4. Keagamaan
    Fungsi seni rupa dari sisi keagamaan ialah untuk mempermudah dalam hal identifikasi kekhasan agama- agama.

Pengelompokan Seni Rupa

Seni rupa dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu

  1. Karya Seni Murni

    Pengertian karya seni rupa murni atau disebut juga dengan fine art merupakan bentuk seni rupa yang diciptakan lebih mengutamakan suatu unsur ekspresi jiwa pembuatnya / seniman tanpa harus mencampuradukannya dengan fungsi / kegunaan tertentu. Karya seni rupa murni itu seperti

  2. Karya Seni Pakai atau Terapan

    Pengertian karya seni pakai / terapan disebut juga dengan Applied art adalah karya seni rupa yang lebih mengutamakan pada fungsinya. Karya seni rupa terapan ini seperti seni grafis, seni dekorasi, reklame, ilustrasi, kerajinan/kriya, arsitektur, keramik, batik dan grafika.

  3. Karya Seni Rupa Berdasarkan Dimensinya

    Seni rupa dengan berdasarkan dimensinya terbagi atas 2 yaitu

    • Karya seni rupa dua dimensi
      Pengertian karya seni rupa dua dimensi (2D) disebut juga dengan dwimatra merupakan karya seni rupa yang terbentuk dari unsur panjang serta lebar. Sedangkan,
    • Karya seni rupa tiga dimensi.
      pengertian karya seni rupa tiga dimensi (3D) disebut juga dengan trimatra merupakan karya seni rupa yang mempunyai tiga unsur yaitu panjang, lebar, dan juga tinggi serta mempunyai unsur kesan ruang, bentuk, & volume. Contohnya bonsai, seni keramik, diorama dan lain sebagainya.

Unsur Seni Rupa

Terdapat unsur unsur pembentuk karya seni rupa, antara lain sebagai berikut :

1. Titik

Unsur titik adalah unsur dasar karya seni rupa yang terkecil. Segala bentuk wujud yang dihasilkan dimulai dari titik. Sehingga titik menjadi pusat perhatian. Titik yang membesar disebut dengan bintik.


2. Garis

Unsur Garis adalah batas limit dari sebuah benda, bidang, ruang, texture, warna dan lain- lain. Garis mempunyai dimensi yang memanjang dengan arah tertentu, mempunyai sifat seperti panjang, pendek, lurus, tipis, tebal, vertikal, horizontal, halus, melengkung, berombak, miring, putus-putus, dan masih banyak sifat-sifat lainnya dari unsur garis ini . Dan Garis ini juga memberikan kesan simbolik, gerak, ide dan lain sebagainya.


3. Bidang

Unsur Bidang adalah perkembangan dari penampilan unsur garis, yaitu perpaduan antara garis-garis dalam kondisi / situasi tertentu. Unsur Bidang dapat diamati dengan secara visual pada tiap – tiap benda alam dan pada karya seni rupa yang dihasilkan. Dengan berdasarkan bentuknya, unsur bidang tersebut terdiri dari bidang biomorfis, geometris, bersudut, serta  tak beraturan. Bidang terbentuk dari pertemuan ujung-ujung garis atau/juga karena sapuan warna.


4. Bentuk

Unsur Bentuk adalah wujud yang ada di alam dan juga terlihat nyata. Unsur Bentuk bisa berarti shape, yaitu bentukbenda polos yang muncul tanpa adanya penjiwaan / hadir itu dengan secara kebetulan, dapat dilihat hanya dengan penyebutan dari sifatnya, contohnya seperti : bulat, ornamental,  panjang, tidak teratur, persegi dan lain lain . Dan unsur bentuk plastis / dalam bahasa inggrisnya ialah form yang berarti bentuk benda yang bisa dilihat dan dirasakan karena mempunyai unsur nilai dari benda tersebut, seperti contoh: pintu.


5. Tekstur

Unsur Tekstur adalah sifat permukaan pada tiap-tiap benda yang dapat dilihat serta diraba. sifatnya tekstur tersebut  bisa halus, kusam, kasar, licin, mengkilap, dan lainnya. Sifat tersebut dapat juga dirasakan melalui indera pengelihatan serta juga rabaan. Tekstur terbagi 2 yakni tekstur nyata yaitu sifat permukaannya menunjukkan kesan yang sebenarnya dan juga tekstur semu (maya) yaiut kesan permukaannya bisa berbeda-beda antara pengelihatan & rabaan. Unsur Tekstur itu memiliki fungsi untuk memberikan karakter pada bagian-bagian bidang permukaan yang bisa menimbulkan nilai-nilai estetika.


6. Warna

Unsur warna ini Berdasarkan cahaya, warna tersebut dapat dilihat dari tujuh spectrum warna dalam ilmu fisika (baca juga pengertian fisika). Sedangkan berdasarkan teorinya, warna dipelajari dengan cara melalui dua pendekatan yaitu salah satunya adalah dengan melalui teori pigmen warna (Goethe) yakni butiran halus pada warna. Terdapat beberapa istilah dalam teori warna pigmen tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Warna primer / warna dasar, yang terdiri dari warna merah, biru &kuning.
  2. Warna Sekunder, warna yang didapat dari hasil campuran kedua warna primer seperti warna jingga, hijau & ungu.
  3. Warna Tersier, adalah warna hasil dari campuran dari kedua warna sekunder.
  4. Warna Analogus, adalah deretan dari warna yang letaknya sampingan dalam satu lingkaran warna / berdekatan, seperti pada deretan warna hijau menuju warna kuning.
  5. Warna Komplementer, ialah warna yang kontras dan juga letaknya itu berseberangan dalam satu lingkaran warna, seperti, warna kuning dengan warna ungu, warna merah dengan hijau.

7. Gelap Terang

Unsur Gelap terang dalam karya seni rupa dua dimensi (2D) memiliki fungsi untuk menggambarkan sebuah benda seolah gambar (3D) tiga dimensi, memberikan kesan ruang dan/atau kedalaman, juga dapat memberikan kontras pada gambar. Tenik gelap terang tersebut dibedakan menjadi 2 yakni chiaroscuro yang merupakan peralihan bertahap / gradasi serta silhouette yaitu bayangan tanpa peralihan bertahap / gradasi


8. Ruang atau kedalaman

Dalam karya seni tiga dimensi, ruang dapat dirasakan langsung oleh penikmat seni seperti misalnya ruangan di dalam gedung, rumah, sekolah dan lain sebagainya. Unsur ruang pada karya seni dua dimensi itu bersifat semu / maya disebabkan karena hanya didapat dengan melalui penggambaran yang kesannya cekung, pipih, menjorok, datar, cembung, dan lain- lain.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Seni Rupa, Unsur, Jenis, Fungsi dan Pengelompokan, kami berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Sistem Ekonomi Campuran Adalah
Baca Juga  √ Pengertian Workshop
Baca Juga  √ Pengertian Manajemen Agribisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *