Pengertian Narasi

Diposting pada

Pengertian-Narasi

Pengertian Narasi

Paragraf Narasi adalah paragraf yang menjelaskan atau juga menguraikan suatu peristiwa maupun kejadian dengan berdasarkan urutan waktu. Didalam suatu paragraf Narasi itu terdapat karakteristik atau ciri dari narasi yaitu :
  1. tokohnya,
  2. latarnya ( ruang serta waktu),
  3. urutan kejadiannya.
Narasi dengan secara sederhana diartikan ialah sebagai paragraf yang berisikan suatu cerita maupun kejadian. Didalam suatu Narasi itu terdapat pola-pola dalam pengembangan paragraf narasi.
Untuk dapat lebih mengetahui lebih jelas tentang Narasi tersebut ada baiknya sahabat pendidikanku.net melihat bagaimana langkah-langkah menulis karangan narasi dan contohnya ialah seperti yang dibawah ini.

Pengertian Narasi Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami mengenai apa arti narasi, maka kita bisa atau dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli dibawah ini :

1. Menurut Gorys Keraf (2001:137)

Pengertian narasi ialah suatu bentuk wacana yang berusaha di dalam mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa itu seolah-olah pembaca itu melihat atau juga mengalami sendiri atas peristiwa atau kejadian itu. Narasi tersebut lebih mengisahkan suatu kehidupan yang dinamis di dalam suatu rangkaian waktu.

2. Menurut Atar Semi (2003:29)

Narasi ini merupakan bentuk percakapan atau tulisan yang memiliki tujuan di dalam menyampaikan atau juga menceritakan rangkaian peristiwa atau juga pengalaman manusia itu dengan berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu.

3. Menurut Widjono H.S (2007: 175)

Pengertian narasi ini merupaska suatu uraian yang menceritakan mengenai sesuatu atau serangkaian kejadian, tindakan, keadaan, itu dengan secara berurutan dari awal sampai pada akhir sehingga kemudian terlihat rangkaian hubungan antara satu sama lain.

4. Menurut Ismail Marahimin (1994: 93)

Pengertian narasi merupakan suatu cerita yang dibuat dengan berdasarkan rangkaian kejadian/ peristiwa, yang mana di dalamnya itu terdapat tokoh yang menghadapi suatu konflik itu dengan tikaian.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian narasi ini merupakan suatu cerita atau pun juga deskripsi dari kejadian atau peristiwa, kisahan, tema itu suatu karya seni.

Ciri-Ciri Narasi

Ciri-Narasi

Suatu karangan atau juga teks narasi ini mempunyai karakteristik tertentu yang membedakannya itu dengan bentuk karangan lainnya. Menurut Atar Semi serta Gorys Keraf, ciri-ciri narasi diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Menurut Atar Semi

  1. Isi narasi menceritakan kejadian atau peristiwa dengan berdasarkan pengalaman penulis.
  2. Peristiwa atau kejadian yang disampaikan itu bisa atau dapat berupa kejadian nyata, imajinasi, atau juga bahkan penggabungan keduanya.
  3. Narasi ini dibuat dengan berdasarkan konfiks guna membuatnya lebih menarik.
  4. Narasi memiliki nilai estetika.
  5. Narasi menjelaskan susunan kejadian dengan secara kronologis.

2. Menurut Gorys Keraf

  1. Narasi ini lebih menonjolkan pada unsur tindakan atau perbuatan.
  2. Suatu narasi itu dirangkai di dalam suatu urutan waktu yang kronologis.
  3. Narasi ini dibuat yakni sebagai upaya di dalam menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”
  4. Di dalam narasi tersebut pasti terdapat suatu konflik.

Langkah-langkah menulis karangan narasi

  • Tentukan dulu tema serta juga amanat yang akan disampaikan
  • Tetapkan juga sasaran pembaca
  • Rancang peristiwa utama yang akan ditampilkan kedalam bentuk skema alur
  • Bagi peristiwa utama tersebut ke dalam bagian awal, perkembangan, serta juga akhir cerita
  • Rincian peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa itu ialah sebagai pendukung cerita
  • Susun tokoh serta juga perwatakan, latar, dan juga sudut pandangan
  • mengerti aturan tanda bacanya didalam kalimat tersebut

Contoh Paragraf Narasi

Pada saat itu, aku yang duduk di kelas XII sedang istirahat sebahabis pulang dari sekolah. Namun waktu sedang duduk tiba-tiba ada Berita di tv yang menayangkan suatu berita terjadinya begal di daerah rumahku ,Sekitar pukul 2 dini hari. Aku kaget karena di daerah ku ini jarang sekali bahkan tidak pernah terjadi peristiwa begal, dalam benakku , aku sangat berharap semoga saja tidak ada korban jiwa yang meninggal dari peristiwa itu.  Namun setelah itu menyaksikan berita itu aku pun bergegas pergi menuju ke rumah Pak RT untuk menanyakan Peristiwa itu. Namun ternyata, ,salah satu dari teman kecilku yang ialah yang menjadi korban , namun nasib baik yang didapatkan temanku karena nyawa itu tidak ikut raib bersama dengan motornya.

Unsur Narasi

Unsur-Narasi

Analisis Unsur-unsur dalam paragraf narasi seperti contoh diatas adalah sebagai berikut :
1. Tokoh                : Aku
2. Latar
          a. Waktu    : Pukul 2 dini hari
          b. Tempat  : di daerah rumahku
3. Urutan kejadian :
         a. aku yang duduk di kelas XII sedang istirahat sebahabis pulang dari sekolah
         b.  ada Berita di tv yang menayangkan suatu berita
         c. terjadinya begal di daerah rumahku
         d. salah satu dari teman kecilku yang ialah yang menjadi korban

Struktur Narasi

Pada dasarnya, suatu narasi ini mempunyai struktur diantaranya berikut ini;

  1. Pengenalan, merupakan suatu bagian pengenalan tokoh, latar, suasana, serta lainnya.
  2. Awal pertikaian, merupakan suatu bagian yang mana terjadi konflik awal yang dialami oleh tokoh di dalam cerita.
  3. Klimaks, yaitu puncak dari masalah atau pertikaian yang dialami oleh para tokoh serta juga merupakan inti dari cerita yang disampaikan.
  4. Antiklimaks, merupakan suatu bagian yang menjelaskan tentang penyelesaian dari masalah di dalam suatu cerita serta juga merupakan tanda bahwa cerita tersebut berakhir.

Jenis-jenis narasi

Berikut ini adalah jenis-jenis atau macam-macam dari narasi , antara lain ialah sebagai berikut :
  • Narasi informatif

    Narasi informatif adalah suatu narasi yang mempunyai sasaran penyampaian informasi dengan secara tepat mengenai suatu peristiwa dengan tujuan ialah memperluas pengetahuan orang mengenai kisah seseorang.
  • Narasi ekspositorik

    Narasi ekspositorik adalah suatu narasi yang mempunyai sasaran penyampaian informasi dengan secara tepat mengenai suatu peristiwa dengan tujuan ialah memperluas pengetahuan orang mengenai kisah seseorang. Dalam narasi ekspositorik ini, penulis tersebut menceritakan suatu peristiwa dengan berdasarkan data yang sebenarnya atau sesuai dengan fakta. Pelaku yang ditonjolkan dalam narasi ekspositirik ini biasanya, satu orang. Pelaku itu diceritakan mulai dari kecil sampai saat sekarang ini atau sampai terakhir didalam kehidupannya.

    Karangan narasi tersebut diwarnai oleh adanya

    eksposisi, maka ketentuan eksposisi juga berlaku kepada penulisan narasi ekspositprik tersebut. Ketentuan tersebut sangat berkaitan dengan penggunaan bahasa yang logis,yang dengan berdasarkan fakta yang ada, serta juga tidak memasukan unsursugestif atau juga bersifat objektif.

  • Narasi artistik

    Narasi artistik adalah suatu narasi yang berusaha untuk dapat memberikan suatu maksud  atau arti tertentu,dengan menyampaikan adanya suatu amanat yang terselubung kepada para pembaca atau juga pendengar sehingga akan tampak seolah-olah melihat. Ketentuan tersebut berkaitan dengan adanya penggunaan bahasa yang logis,dengan berdasarkan fakta yang ada, serta juga tidak memasukan unsur sugestif ataupun bersifat objektif.
  • Narasi sugestif

    Narasi sugestif adalah narasi yang mengisahkan suatu hasil dari rekaan, khayalan, atau juga imajinasi pengarang. yang Bersifat fiktif. Narasi sugestif tersebut selalu melibatkan daya khayal atau juga imajinasi dikarenakan sasaran yang ingin dicapai adalah suatu kesan terhadap peristiwa  tersebut . Narasi Sugestif itu Disebut juga dengan narasi fiksi.

Tujuan Menulis Narasi

Tujuan dalam menulis karangan narasi dengan secara fundamental adalah :
  1. Hendak memberikan informasi atau juga wawasan serta juga memperluas pengetahuan
  2. Memberikan suatu pengalaman estetis kepada pembaca
Sekian dan Terimakasih Sudah Membaca Mengenai Pengertian Narasi Dan Jenis Narasi Terlengkap Semoga dapat bermanfaat untuk anda, Salam Hangat dari Pendidikanku.org
Baca Juga  √ Pengertian Komunikasi Interpersonal
Baca Juga  √ Pengertian CRM (Customer Relationship Management)
Baca Juga  √ Imigrasi emigrasi Remigrasi Urbanisasi Transmigrasi Sirkuler

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *