Pengertian Unsur Ekstrinsik Dalam Karya Sastra

Diposting pada
5/5 - (4 votes)

Pengertian-Unsur-Ekstrinsik-adalah

Pengertian Unsur Ekstrinsik

Pendidikanku.org  – Pengertian Unsur Ekstrinsik adalah suatu Unsur luar yang berpengaruh pada karya sastra namun tidak berasal dari dalam sebuah karya sastra itu sendiri, jadi unsur ini adalah unsur karya sastra yang berasal dari luar. Meskipun begitu Unsur Ekstrinsik ini juga disebabkan karena unsur intrinsik artinya saling berhubungan antara 1 (satu) sama lain.

Unsur ekstrinsik karya sastra ini bisa di ilustrasikan sebagai pembangunan rumah, dimana unsur ekstrinsik bukanlah bahan utama (bata, semen dan lain sebagainya) dalam membangun rumah tetapi unsur ekstrinsik ini lebih mengarah pada kondisi sosial dan budaya dari pembangunan rumah yang mempengaruhi model dari rumah (model minimalis, modern dan lain sebagainya).

Jadi bisa disimpulkan bahwa unsur ekstrinsik adalah unsur yang mengarah pada kondisi budaya dan sosial si pengarang (penulis) di dalam membuat karya sastra.


Unsur Ekstrinsik Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai arti ekstrinsik ini, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli, dibawah ini :

Wellek dan Warren (1956)

Wellek dan Warren (1956)


Nurgiyanto (2009:23)

Nurgiyanto (2009:23)

 


Unsur Ekstrinsik Dalam Karya Sastra

Di dalam sebuah karya sastra, unsur ekstrinsik yang mempengaruhinya diantaranya :

  1. Kondisi Pembuatan Karya Sastra
  2. Latar Belakang Pengarang
  3. Nilai-nilai

Agar kalian lebih paham, ketiga hal tersebut akan dijelaskan secara lebih rinci dibawah ini

Kondisi Pembuatan Karya Sastra

Kondisi pembuatan karya sastra ini memberitahukan tentang waktu dan tempat dibuatnya suatu karya sastra. Beberapa karya sastra pun kemudian menerangkan tentang kondisi sosial, budaya, politik masyarakat saat dibuatnya karya sastra tersebtu.

Dibawah ini merupakan beberapa kondisi yang umum mempengaruhi karya sastra :

  1. Kondisi negara
  2. Kondisi politik
  3. Kondisi sosial
  4. Kondisi ekonomi

Kondisi negara ini juga sangatlah berpengaruh di dalam karya sastra karena selalu berhubungan dengan kondisi negara saat itu jadi cerita yang dihasilkan pun bisa berhubungan dengan krisis ekonomi, politik dan fenomena lainnya


Latar Belakang Pengarang

Hal yang harus ada di dalam karya sastra adalah Latar belakang pengarang, dan untuk menghargai hasil karya pengarang, biasanya dicantumkan informasi tentang si penulis yang di dalamnya ada

  1. Latar belakang pendidikan
  2. Usia
  3. Jenis kelamin
  4. Latar belakang keluarga
  5. Kondisi psikologis penulis
  6. Bahan bacaan penulis
  7. Hobi penulis

Hal-hal diatas tentu juga akan berpengaruh pada pola pikir dan cerita dari penulis karya sastra tersebut. Karena seorang penulis yang memiliki latar belakang miskin tentu memiliki sudut pandang yang berbeda dari penulis yang kaya.


Nilai

Di dalam menuliskan cerpen, novel, atau pun cerita dalam jenis apapun, penulis itu selalu sering kali menyisipkan nilai ataupun norma yang menurutnya itu sangat penting.

Nilai yang bisa dipetik di dalam karya sastra umumnya akan berkaitan dengan nilai-nilai dibawah ini :

  1. Nilai moral
  2. Nilai sosial
  3. Nilai budaya
  4. Nilai agama

Dan selanjutnya, nilai-nilai diatas akan dikontekskan dengan norma yang berlaku dan di sepakatai oleh masyarakat seperti :

  1. Norma agama
  2. Norma adat
  3. Norma hukum
  4. Norma kesusilaan

Dengan metode tersebut, seorang penulis kemudian bisa menjadi pelopor tentang perubahan sosial dan mampu mempengaruhi pembacanya.

Itu lah ulasan kali ini tentang Unsur Ekstrinsik Dalam Karya Sastra, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Saraf Simpatik Dan Parasimpatik Adalah
Baca Juga  Pengetian IMK Adalah
Baca Juga  √ Pengertian Narasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.