√ Pengertian Bahasa

Diposting pada

pengertian-bahasa

Pengertian Bahasa

Pengertian Bahasa dan Hakikat Bahasa – pada kesempatan ini pendidikanku akan membahas mengenai pengertian bahasa , hakikat bahasa dan juga fungsi bahasa. pada posting sebelumnya pendidikanku sudah membahas mengenai pengertian sastra , pengertian majas , pengertian cerita rakyat , dan sekarang tentang pengertian bahasa .

Bahasa menurut Keraf dalam Smarpradhipa (2005:1) menyatakan 2 pengertian bahasa yaitu ;

  1. Bahasa adalah alat komunikasi antaranggota masyarakat yang berupakan simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap yang ada pada manusia .
  2. Bahasa merupakan sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal yang sifatnya itu arbitrer.

“Kata Halo dalam banyak bahasa bukti bahwa bahasa adalah identitas diri”

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai bahasa ini, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat mengenai bahasa yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, sebagai berikut

1. Bahasa Menurut Keraf Dari Smarapradhipa

Bahasa adalah suatu alat komunikasi antara anggota di masyarakat itu berupa simbol bunyi yang menghasilkan sebuah alat ucap dari manusia yang sifatnya adalah arbitrer.

2. Bahasa Menurut Santoso

Bahasa adalah suatu bunyi yang dihasilkan oleh ucapan manusia yang dilakukan dengan tanpa sadar. Sehingga membentuk sebuah pola bahasa itu sesuai dengan dialek dari tiap karakter manusia itu.

3. Bahasa Menurut Wibowo

Bahasa adalah suatu sistem simbol yang maknya ialah artikulasi yang dihasilkan oleh media ucap yakni dengan sifat arbitrer atau juga konvensional.

4. Bahasa Menurut Walija (1996)

Definisi bahasa ialah suatu komunikasi terpenting yang begitu lengkap serta juga efektif di dalamm menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan serta juga pendapat kepada orang lain yakni sebagai lawan bicaranya.

5. Bahasa Menurut H. G Brown

Bahasa adalah suatu sistem komunikasi yang menggunakan sumber bunyi yakni dari organ-organ ujaran yang didengar oleh anggota masyarakat.

6. Bahasa Menurut Harimurti Kridalaksana

Bahasa ialah sebagai sistem bunyi yang memiliki makna, sehingga digunakan di dalam komunikasi oleh kelompok manusia yang mempunyai pikiran yakni sebagai rencana dialektika.

7. Bahasa Menurut Carol

Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang mempunyai urutan vokal terstruktur. Yang digunakan di dalam cara berkomunikasi internasional. Dengan sekelompok manusia serta dengan secara lengkap digunakan untuk dapat mengungkapkan suatu kejadian atau peristiwa yang terdapat di sekitar manusia.

8. Bahasa Menurut Kamus Linguistik

Bahasa merupakan sistem lambang bunyi pada arbitrernya di gugus fungsikan oleh para anggota masyarakat yakni sebagai cara kerja sama di dalam mengidentifikasikan diri. Di dalam pencarian pola interaksi itu ke sesama manusia.

9. Bahasa Menurut Willian A. Havilland

Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang digabungkan dengan melalui aturan yang timbul menjadi sebuah arti yang bisa ditangkap oleh seluruh orang. Yang nantinya itu akan membantu proses berbicara di dalam pola pelafalan yang terarah.

10. Bahasa Menurut Pangabean

Bahasa merupakan suatu sistem yang mengutarakan serta juga melaporkan bagaimana suatu kejadian atau peristiwa tersebut terjadi di sistem saraf yang berkembang. Yang kemudian akan menghasilkan suatu bunyi untuk dapat menangkap argumen, peristiwa, serta juga pendapat yang dipunyai manusia yakni sebagai suatu perkataan.

Hakikat Bahasa

Hakikat-Bahasa

Hakikat atau ciri atau sifat hakiki bahasa ialah sesuatu yang mendasar dari bahasa , Chaer (1994:33) menyatakan mengenai hakikat bahasa antara lain , sebagai berikut :

  1. Bahasa sebagai sistem
  2. Bahasa itu berwujud simbol atau lambang
  3. Bahasa itu adalah bunyi
  4. Bahasa itu bermakna
  5. Bahasa itu arbitrer
  6. Bahasa itu unik
  7. Bahasa itu universal
  8. Bahasa itu manusiawi
  9. Bahasa itu bervariasi
  10. Bahasa itu dinamis
  11. Bahasa itu sebagai alat interaksi sosial
  12. Bahasa itu sebagai Identitas diri

Fungsi Bahasa

Fungsi-Bahasa

Fungsi bahasa adalah sebagai alat untuk berinteraksi baik itu menggunakan bahasa lisan ataupun tulisan. Menurut Keraf (1997:3) fungsi bahasa , yaitu :

  1. Alat untuk mengekspresikan diri
  2. Sebagai alat untuk berkomunikasi
  3. Sebagai alat untuk mengadakan integrasi
  4. Beradaptasi dalam suatu lingkungan atau kondisi tertentu.

Manfaat Bahasa Dalam Kehidupan

Manfaat-Bahasa

Selain fungsi, bahasa ini juga tentu mempunyai manfaat yang penting di dalam kehidupan. Serta juga salah satu dari manfaatnya yakni sebagai pengantar di dalam dunia pendidikan.

maksudnya aktivitas atau kegiatan belajar mengajar tersebut menggunakan bahasa Indonesia serta dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah. Serta juga Bahasa ini digunakan yakni sebagai bahasa resmi bagi bangsa Indonesia, yang diresmikan setelah adanya proklamasi kemerdekaan.

Serta juga bahasa ini adalah ilmu pengetahuan dari adanya suatu perkembangan kebudayaan nasional yang terdapat di Indonesia. Hal ini yang kemudian membedakan bahasa Indonesia itu dengan bahasa daerah. Disebabkan karna bahasa Indonesia ini mempunyai ciri serta identifitasnya sendiri.Bahasa ini juga bermanfaat yakni sebagai pengenalan situasi itu dengan penangkapan hal di dalam pemberlakuannya kejadian di dalam lingkup nyata.

Sehingga seseorang yang tau dan paham akan suatu bahasa. Ia kemudian akan mencari tau mengenai makna dari suatu peristiwa atau kejadian yang di lafalkan oleh seseorang itu. Yang setelah itu akan berguna yakni sebagai pencarian suatu makna di dalam mempelajari naskah-naskah kuno. Yang mempelajari mengenai sejarah manusia, peradaban, serta juga perkembangan dari bahasa itu sendiri.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Bahasa, Hakikat, Manfaat, Fungsi dan Menurut Ahli, semoga dapat bermanfaaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Ekspor dan Impor
Baca Juga  √ Pengertian Korupsi, Kolusi, Nepotisme
Baca Juga  √ Pengertian Sumber Daya Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *