√ Pengertian Makhluk Hidup

Diposting pada
pengertian-makhluk-hidup

Pengertian Makhluk Hidup

Pendidikanku.org – Saat ini saya akan memjelaskan Pengertian Makhluk Hidup dan Ciri Makhluk Hidup, penjelasannya dibawah ini:
Pengertian Makhluk merupakan berasal dari kata Arab yaitu yang berarti “diciptakan”, sebagai lawan kata Kholik – “yang menciptakan.” mengacu pada suatu kata organisme yang diciptakan oleh Tuhan Maha Esa yang hidup. Selain itu, “makhluk” juga dapat merujuk kepada:
  • Makhluk halus, merupakan makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang tidak terlihat seperti jin, malaikat dan lain sebagainya.
  • Makhluk hidup, merupakan perkumpulan molekul yang saling mempengaruhi.
  • Makhluk legendaris,yaitu sedang ditemukan dalam legenda dan dongeng, seperti naga, binatang dan rakasa.
Secara umum pengertian makhluk hidup merupakan makhluk dengan ciri-ciri kehidupan seperti bernapas, bergerak, atau berkembangbiak. Ikan, kambing, burung, atau manusi juga dapat bergerak, memerlukan makanan, berkembang biak, atau bernapas. Hal ini tersebut yang membedakan antara makhluk hidup dan benda mati. Sedangkan contoh benda mati merupakan meja, kursi, pupen, tas, buku dan lain sebagainya yang tidak dapat meliputi ciri-ciri dari makhluk hidup. Pengertian lain dari seorang ahli bernama Kimball. Pada tahun 1983, ia dapat menemukan pendapatnya tentang apa itu makhluk hidup. Menurutnya, makhluk hidup merupakan sesuatu yang mengenai lima ciri-ciri. Ciri yang pertama merupakan berevolusi. Berevolusi artinya makhluk hidup semestinya mengalami perubahan dalam fase hidupnya. Ciri yang kedua merupakan responsif dan menanggapi rangsang. Rangsang sendiri ada cukup banyak, bisa rangsangan suara, sentuhan, dan lain sebagainya.

Pengertian Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai Makhluk hidup ini, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli mengenai Makhluk hidup, sebagai berikut :

1. Pengertian Makhluk Hidup Menurut Helena Curtis (1975)

Makhluk hidup ini adalah sesuatu hal yang bisa atau dapat memanfaatkan suatu energi dari lingkungannya dam juga mampu untuk merubahnya dari 1 bentuk energi ke bentuk energi yang lain,bisa atau dapat merespon bila terdapat suatu rangsangan, serta juga dapat atau bisa beradaptasi dengan lingkungannya, kompleks serta juga terorganisir dengan baik, memiliki sifat homeostatis,  dapat atau bisa bereproduksi atau berkembang biak serta juga bisa untuk dapat tumbuh serta berkembang.

2. Pengertian Makhluk Hidup Menurut Kimball (1983)

Makhluk hidup adalah sesuatu yang mempunyai 5 ciri atau karakteristik, diantaranya

  1. dapat berevolusi,
  2. dapat responsif,
  3. dapat bereproduksi,
  4. dapat melakukan metabolism ,dan
  5. bersifat rumit.

3. Pengertian Makhluk Hidup Menurut Dwijoseputro (1998)

Makhluk hidup merupakan sesuatu yang dapat atau bisa melakukan metabolisme, dapat juga melakukan gerak, serta tumbuh, dapat atau bisa bereproduksi, serta responsif.

4. Pengertian Makhluk Hidup Menurut New Mexico Tech

seluruh makhluk hidup itu menampilkan 7 karakteristik atau ciri kehidupan, diantaranya

  1. terdiri dari sel-sel,
  2. secara kompleks terorganisir,
  3. mengambil energi serta juga menggunakannya tidak hanya untuk merespon lingkungan, namun juga
  4. untuk dapat tumbuh serta
  5. mempertahankan dirinya,
  6. mempunyai kemampuan di dalam mereproduksi, serta juga
  7. mempunyai kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan.

Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Makhluk-Hidup 

Dibawah ini ada pemjelasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup :

1. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Bernapas

Semua makhluk hidup bernapas. Bernapas merupakan proses nya mengambil udara O2 dari luar atau mengeluarkan udara (CO2) dari dalam tubuh tersebut. Oksigen dapat diperlukan untuk makhluk hidup seperti pembakaran makanan di tubuh dengan menghasilkan energi yang dapat diperlukan tubuh yang disebut juga dengan oksidasi tubuh. Energi yang dihasilkan berfungsi untuk bergerak dan beraktivitas. Proses pernapasan makhluk hidup berbeda-beda, bergantung oleh dari tempat hidup atau jenis makhluk hidup. Makhluk hidup darat dapat memiliki sistem pernapasan yang berbeda dengan makhluk hidup di air. Berikut ini macam-macam alat pernapasan. Alat pernafasan tumbuhan juga disebut dengan stomata atau lentisel, Alat pernafasan hewan disebut juga dengan insang trakea, paru-paru dan kulit Burung yang mempunyai alat bantu untuk pernafasan disebut juga dengan pundi-pundi udara

2. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Bergerak 

Bergerak adalah salah satu ciri dari makhluk hidup. Gerak manusia dan hewan terlihat jelas. Manusia atau hewan itu juga dapat dibantu oleh alat gerak, misalnya pada manusia memiliki tangan dan kaki. Sedangkan hewan yang memiliki sayap, kaki, sirip, silia dan lain dan sebagaianya. Tumbuhan dapat melakukan gerakan, tetapi gerakan yang tidak mudah untuk dilihat. Contohnya seperti tumbuhan putri malu yang jika disentuh akan menutup. Daun petai cina juga menutup pada sore hari, tumbuhan tanaman selalu ke arah datangnya sinar matahari, dan bunga matahari yang selalu menghadap matahari. Gerakan tumbuhan dapat disebabkan oleh ransangan dari luar.

3. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Makan

Seluruh makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan yang dimakan juga harus mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya seperti lemak, mineral, karbohidrat, dan protein. Karbohidrat juga diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Fungsi makanan untuk makhluk hidup dapat menimbulkan energi (tenaga) Pembangun tubuh (pertumbuhan) Mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak. Makhuk hidup yang membuat makanannya sendiri merupakan tumbuhan hijau daun melalui prosesnya fotosintesa.

4. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Iritabilitas

Salah satu dari makhluk hidup merupakan respon terhadap rangsangan. Kemampuan makhluk hidup juga memberi tanggapan adanya rasangan. Iritabilitas hewan atau manusia dapat menggunakan panca indera terdiri dari :
  • Mata untuk melihat
  • Telinga untuk mendengar
  • Hidung untuk mencium
  • Lidah untuk mengecap
  • Kulit untuk meraba

5. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Tumbuh

Makhluk hidup juga mengalami pertumbuhan dan perkembangannya. Contohnya  seperti menanam biji tumbuh menjadi besar, selanjutnya menjadi tanaman kecil. Jika tanaman kamu siram setiap hari, maka tumbuh dapat menjadi tanaman yang besar.

6. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Berkembang Biak

Berkembang biaka atau reproduksi adalah kemampuan dari makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya. Cara perkembang biakan pada hewan terbagi menjadi dalam dua macam yaitu secara generatif (kawin) dan secara vegetatif (tak kawin). Pada hewan tingkat tinggi tersebut berkembang biak dengan secara kawin, sedangkan hewan tingkat rendah berkembang biak dengan vegetatif (tak kawin). Sedangkan tumbuhan berkembang biak dengan cara biji, juga dapat berkembang biak dengan vegetatif atau tidak kawin. Contoh perkembang biakan vegetatif dapat pada tumbuhan diantaranya merupakan tunas, stek dan cangkok.

7. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beradaptasi

Untuk bertahan hidupnya di lingkungan, setiap makhluk hidup dapat menyesuaikan diri  nya dengan lingkungannya. Tempat makhluk hidup juga dapat melakukan aktivitasnya disebut juga habitat. Jika makhluk hidup tidak bisa dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya maka bisa akan mati atau harus berpindah ke lingkungannya yang baru.

8. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Memerlukan Suhu

Semua makhluk hidup dapat bertahan suhu tertentu, ikan hidup di air yang bersuhu antara 5 derajat celcius sampai 30 derajat, untuk jenis bakteri dapat sampai dengan suhu 80 derajat, sedangkan tumbuhan dapat hidup antara suhu 0-43 derajat celcius.

9. Ciri-Ciri Makhluk Hidup Sekresi 

Zat sisa dari proses produksi tertentu harus dikeluarkan, jika tidak di keluarkan dapat menimbulkan racun yang terdapat dalam tubuh. Zat sisa dikeluarkan oleh gas, cairan, atau zat padat.Alat pengeluaran zat sisa hewan dan manusia yaitu:
  • Paru-paru mengeluarkan CO2
  • Ginjal mengeluarkan urine
  • Kulit mengeluarkan keringat.

Klasifikasi Makhluk Hidup

klasifikasi-makhluk-hidup

Diambil dari National Geographic, tingkatan klasifikassi makhluk hidup itu sendiri terdiri dari tujuh tingkatan, diantaranya :

Kingdom

Tingkatan tertinggi diklasifikasi makhluk hidup. Binatang itu diklasifikasikan kingdom animalia, sedangkan untuk tumbuhan masuk itu dalam tumbuhan kingdom plantae.

Filum atau divisi

Filum ini adalah keluarga besar. Ciri-ciri kingdom tersebut akan dikelompokkan menjadi beberapa filum. Beberapa contohnya ialah seperti filum arthopoda yakni dengan ciri-ciri mempunyai kaki tebal serta kuku yang keras. Filum spermatophyta ataupun juga tumbuhan berbiji.

Kelas

Tingkatan di bawah filum. Jika tumbuhan atau hewan mempunyai filum yang sama maka akan dimasukkan ke dalam kelas yang juga sama. Tumbuhan itu dikenal dengan dua kelas, yakni biji berkeping satu serta juga biji berkeping dua. Sedangkan hewan tentu mempunyai banyak sekali kelas, salah satunya ialah kelas mamalia.

Ordo

Berada di bawah kelas. Penamaan ordo tumbuhan tersebut biasanya ditambai kata -ales padabagian belakang. apabila pada hewan itu tidak ada ciri tertentu.

Famili atau keluarga

Biasanya terdapat suatu kelompok yang berkerabat dan juga mempunyai beberapa kesamaan karakteristik. Pada tumbuhan nama famili tersebut akan berakhiran -aceae. Sedangkan di hewan itu berakhiran -idae. Contohnya Rosaceae atau pun juga keluarga mawar serta Falidae atau keluarga kucing.

Genus

Nama ini diambil dari makhluk hidup atau pun berbagai kata. Nama genus ini diawali dengan huruf capital. Species atau pun juga jenis Menjadi satuan dasar untuk sistem klasifikasi.

Spesies

merupakan tingkatan terendah di dalam sistem klasifikasi mahkluk hidup. Spesies ini adalah makhluk hidup yang melakukan reproduksi itu dengan sesamanya untuk kemudian menghasilkan keturunan.

Demikian artikel tentang Pengertian Makhluk Hidup, Klasifikasi, Ciri, Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat terima kasih.
Baca Juga  √ Pengertian Kinerja Keuangan
Baca Juga  √ Pengertian Edukasi
Baca Juga  √ Pengertian Majas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *