√ Pengertian Manajemen

Diposting pada

pengertian-manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen dengan Secara Umum. Pengertian Manajemen adalah sebuah seni dalam ilmu serta juga proses pengorganisasian seperti ialah :

  1. perencanaan
  2. pengorganisasian
  3. pergerakan
  4. pengendalian atau pengawasan

Didalam pengertian manajemen ialah sebagai suatu seni dikarenakan seni berfungsi didalam mengujudkan tujuan yang nyata dengan hasil atau juga manfaat sedangkan didalam manajemen sebagai suatu ilmu yang berfungsi untuk  menerangkan suatu fenomena-fenomena, kejadian sehingga memberikan adanya penjelasan yang sebenarnya.
Manajemen tersebut berasal dari bahasa inggris yakni “Manage” yang berarti,” mengurus, mengendalikan, mengusahakan, mengelola,  memimpin”. Sedangkan dalam Pengertian Manajemen dengan secara etimologis adalah suatu seni melaksanakan serta juga mengatur.

Pengertian manajemen juga dipandang ialah sebagai suatu disiplin ilmu yang mengajarkan sebuah proses untuk  mendapatkan tujuan suatu organisasi didalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau juga sumber milik sebuah organisasi. Orang yang mempelajari atatu melakukan manajemen disebut dengan manajer.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan pengertian manajemen yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, diantaranya :

Manajemen menurut George.R.Terry

menyatakan bahwa pengertian manajemen adalah sebuah proses atau juga kerangka kerja yang melibatkan adanya bimbingan atau juga pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan suatu organisasional dengan maksud yang nyata.

Manajemen menurut Encylopedia of the Social Science,

menyatakan bahwa pengertian manajemen adalah sebuah proses yang pelaksanaan dengan tujuan tertentu yang diselenggarakan serta juga diawasi.

Manajemen menurut Mary Parker Follet,

menyatakan bahwa pengertian manajemen adalah suatu seni atau juga (“management is an art”). pada tiap pekerjaan mampu untuk diselesaikan oleh orang lain.

Manajemen menurut James A.F Stoner,

menyatakan pendapatnya mengenai pengertian manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, serta juga penggunaan sumber daya organisasi yang lain supaya mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan.

Manajemen menurut Lawrence A. Appley

adalah suatu seni pencapaian tujuan yang dilakukan atau dilaksanakan dengan melalui usaha orang lain.
manajemen Wilson Bangun

adalah suatu rangkaian aktivitas atau kegiatan yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk dapat mencapai tujuan.

Manajemen menurut Koontz,

menyatakan bahwa pengertian manajemen adalah suatu seni yang sangat paling produktif yang  dengan selalu didasarkan pada pemahaman terhadap suatu ilmu yang mendasarinya.

Fungsi Manajemen

Fungsi-Manajemen

Fungsi dari manajemen adalah suatu elemen-elemen dasar yang selalu ada serta juga berada dalam proses manajemen yang menjadi suatu  patokan bagi manejer didalam melaksanakan kegiatan atau aktivitas untuk mencapai suatu tujuan. Fungsi Manajemen dengan secara Umum ialah sebagai berikut :

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Pengertian perencanaan atau planning adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang dilakukan untuk dapat membuat tujuan perusahaan dengan berbagai rencana untuk dapat mencapai suatu tujuan yang ingin diraih oleh suatu perusahaan. Perencanaan tersebut adalah cara terbaik didalam mengejar serta juga membuat tujuan perusahaan tersebut dapat tercapai disebabkan karena perencanaan adalah suatu proses bagian dari fungsi manajemen yang sangat penting karna tanpaadanya proses  perencanaan fungsi-fungsi manajemen yang berikutnya tidak akan dapat berjalan.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Pengertian pengorganisasian atau juga organizing adalah membagi suatu kegiatan atau aktivitas yang besar menjadi suatu kegiatan atau aktivitas yang kecil dengan membagi dalam pada tiap-tiap tugas supaya dapat tercapainya suatu tujuan dengan lebih mudah.

3. Fungsi Pengarahan (Directing)

Pengertian pengarahan atau directing adalah sebuah tindakan yang mengusahakan supaya semua anggota kelompok tersebut berusaha untuk dapat mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan manajerial serta juga usaha.

Unsur Manajemen.

Unsur-Manajemen

Agar kinerja manajemen dalam kegiatan berbisnis dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan dengan seksama. Masing-masing unsur saling melengkapi dan harus diposisikan setara. Secara umum, ada 6 unsur pada kegiatan manajemen.

1. Manusia

Dalam kegiatan atau aktivitas manajemen, sumber daya manusia tersebut membuat rencana serta tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu, tanpa adanya SDM, kegiatan atau aktivtas manajemen tidak akan pernah ada.

2. Uang

Uang tentu menjadi unsur penting dalam kegiatan atau aktivitas manajemen disebabkan karna menjadi perantara utama guna mencapai tujuan. Biaya operasional di dalam sebuah kegiatan atau aktivitas manajemen tentu membutuhkan uang supaya bisa atau dapat berjalan baik.

3. Material

Unsur manajemen material ini merupakan salah satu faktor penting disebabkan kualitas bisnis itu dipengaruhi oleh adannya kualitas material yang dipilih. Jadi, apabila material yang dipilih itu buruk, tujuan manajemen tersebut juga akan sulit untuk tercapai.

4. Teknologi

Mesin adalah salah satu unsur lain yang perlu untuk diperhatikan. Dengan adanya mesin atau juga teknologi ini, pekerjaan yang dilakukan oleh SDM tentu atau pasti akan lebih mudah. Tujuan nya juga bisa atau dapat tercapai lebih efektif.

5. Metode

Unsur ini mempengaruhi dari kinerja di dalam sebuah manajemen. Apabila metode yang dibuat itu dengan berdasarkan target, fasilitas, waktu, uang, serta kegiatan bisnis, kegiatan atau aktivtas manajemen tersebut pasti akan berjalan dengan baik dan lancar. Unsur tersebut juga perlu campur tangan dari manusia supaya bisa atau dapat tercipta dengan baik.

6. Pasar

Unsur ini terbilang cukup krusial disebabkan karna sebuah bisnis itu hanya dapat atau bisa berkembang apabila telah atau sudah dikenal di pasaran. Unsur dari pasar ini juga dipengaruhi oleh unsur material disebabkan karna barang atau jasa yang laku tersebut harus mempunyai kualitas baik.

Jenis Keilmuan Manajemen

Jenis-Manajemen

Menjadi sebuah kegiatan atau aktivitas penting untuk dilakukan hampir di seluruh bidang, jenis keilmuan manajemen ini sangat beraneka ragam. Beberapa dari jenis keilmuan manajemen diantaranya seperti

  1. manajemen strategi,
  2. administrasi,
  3. organisasi,
  4. pemasaran,
  5. produksi,
  6. waktu,
  7. sumber daya manusia,
  8. risiko, dan lain sebagainya.

Bahkan kegiatan atau aktivtas kecil seperti melakukan aktivitas di rumah tersebut juga tak jauh dari penerapan ilmu manajemen ini. Jadi, sadar atau pun  tidak, siapapun itu pasti pernah menerapkan dari ilmu manajemen dalam hidupnya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Jenis dan Menurut Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Persepsi
Baca Juga  √ Pengertian Manajemen Pemasaran
Baca Juga  √ Pengertian Lingkungan Hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *