√ Pengertian Pembelahan Mitosis

Diposting pada

pengertian-pembelahan-mitosis

Pengertian Pembelahan Mitosis

Pendidikanku.Org – Didalam pembelahan mitosis mempunyai tahap-tahap pembelahan yang biasa disebut dengan fase-fase pembelahan mitosis.
Pembelahan mitosis adalah suatu proses pembelahan inti sel menjadi dua inti sel baru dengan melalui tahap-tahap tertentu serta juga menghasilkan sel anak dengan jumlah serta jenis kromosom yang sama dengan sel induknya.
Dari satu sel kemudian menjadi dua sel anak identik, masing-masing sel anak tersebut mewarisi kromosom yang sama banyak dengan kromosom pada induknya. Apabila sel induk mempunyai 2n kromosom , maka pada tiap-tiap sel anak juga mempunyai 2n kromosom Pembelahan mitosis terjadi dengan melalui beberapa tahapan.

Tahap dan Proses Pembelahan MitosisMula-mula pada bagian inti sel membelah, setelah diikuti pembelahan sitoplasma. Terdapat tahap-tahap dalam pembelahan mitosis , ialah seperti dibawah ini :

Tahapan Pembelahan Mitosis

Tahapan-Pembelahan-Mitosis

Tahap-tahap pembelahan mitosis terdiri dari
  1. Tahap profase
  2. Tahap metafese
  3. Tahap anafase
  4. Tahap telofase
  5. Tahap interfase

1. Tahap Profase

Profase merupakan suatu fase awal dari pembelahan. Pada fase profase kromosom mulai terjadi adanya pemendekan, menebal, serta masing-masing saling berpasangan (2n) yang berdiri dari 2 benang. Pada fase Profase , membran ini masih tampak.
Ciri-Ciri Tahap Profase
  1. Benang-benang kromonema tersebut menjadi pendek serta bertambah tebal membentuk suatu kromosom homolog dengan duplikatnya sehingga akan menjadikan kromosom tersebut menjadi 2 .
  2. Nukleous serta membran inti menghilang.
  3. Sentriol membelah 2 serta bergerak berlawanan kearah 2 kutub yang berlawanan juga .
  4. Pada tiap – tiap sentriol menuju ke benang spinder (benang gelendong).

2. Tahap Metafase

Pada fase metafase membran inti melebur. Kromosom berkumpul pada bidang ekuator yang terdapat di tengah sel. Kromosom tersebut memperbanyak diri maka pada setiap kromosom terdiri dari 2  kromatid. Pada saat ini akan dapat dikatakan bahwa sel mempunyai 4n kromosom.
Ciri-Ciri Tahap Metafase
  1. Pada tiap-tiap kromosom homolog dengan duplikatnya akan sejajar pada bidang metafase/dataran metafase

3. Tahap Anafase

Pada fase anafase tersebut tiap-tiap kromosom memisahkan diri menjadi 2 bagian yang sama, masing-masing kromoson tersebut bergerak menuju ke arah kutub sel yang juga saling berlawanan, jadi 2n kromosom tersebut bergerak ke kutup yang satu, serta 2n kromosom bergerak kekutub yang lainnya.
Ciri-Ciri Tahap Anafase
  1. Pada tiap-tiap kromosom homolog tersebut memisahkan diri dulikatnya kearah dua kutup yang berlawanan dengan gerakan kontraksi dari daya tarik benang spindel tersebut.

4. Tahap Telofase

Kromosom tersebut sampai pada kutub masing-masing pada tahap telofase yang kemudian terbentuk membran inti yang menyelimuti kelompok kromosom. Pada kedua inti yang baru terbentuk tersebut, muncul membran pemisah. Setelah itu terbentuklah membran sel yang memisahkan kedua sel anak itu . Maka lengkaplah sudah proses pembelahan mitosis tersebut, dari 1 sel menjadi 2 sel anak. pada tiap-tiap sel anak tersebut mempunyai 2n kromosom.
Ciri-Ciri Tahap Telofase
  1. Kromosom homolog serta kromosom dublikatnya saling menuju ke arah kutub selnya masing-masing.
  2. Mulai akan terlihat membran inti sel serta nukleolus.
  3. Pada bagian tengah sel mulai terbentuk serta adanya sekat pemisah.
  4. Terbentuknya 2 sel anak.

5. Tahap Interfase

Di antara mitosis pertama sampai mitosis berikutnya itu terdapat interfase. Saat interfase tersebut sel tidak membelah melainkan aktif melakukan metabolisme untuk dapat pertumbuhan serta pembentukan energi untuk suatu pembelahan mitosis berikutnya. Interfase tersebut tidak termasuk dalam tahap PMAT serta dibedakan dalam tiga tahap, yakni :
  1. G1 (gap 1) : adalah suatu akhir mitosis serta awal dari sintesis (presintesis), pada fase tersebut sel mulai tumbuh membesar
  2. S (sintesis) : terjadi duplikasi pada organel serta sintesis DNA, pada tahap sintesis tersebut sel aktif melakukan proses metabolisme, tumbuh, dan juga berkembang
  3. G2 (gap2) : adalah suatu akhir fase sintesis (postsintesis) serta awal dari mitosis berikutnya.

Sitokinesis. Selama fase akhir pembelahan mitosis, muncul lekukan membran sel serta juga lekukan makin dalam yang akhirnya membagi sel tetua itu menjadi dua sel anak. Sitokinesis terjadi disebabkan karna dibantu oleh protein aktin serta myosin (Campbell et al. 1999).

Tahap-mitosis1 Tahap-mitosis2 Tahap-mitosis3 Tahap-mitosis4 Tahap-mitosis5 Tahap-mitosis6 Tahap-mitosis7 Tahap-mitosis8 Tahap-mitosis9 Tahap-mitosis10 Tahap-mitosis11

Tujuan Mitosis

Pembelahan mitosis ini memiliki tujuan pertumbuhan. Satu organisme/ individu makhluk hidup supaya dapat atau bisa tumbuh atau pada masa pertumbuhannya itu harus melakukan pembelahan mitosis pada sel-selnya.

Sebagai contoh pada tubuh kita, di dalam tubuh kita itu terdapat sistem organ serta juga masing-masing sistem organ tersebut terdapat jaringan dan juga jaringan itu juga tersusun dari sel-sel. Sel-sel inilah yang kemudian akan mengalami pembelahan mitosis supaya tubuh kita bisa tumbuh.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Pembelahan Mitosis, Tujuan,Ciri, Proses, Tahap dan Gambar semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari pendidikanku.org
Baca Juga  √ Pengertian Sistem
Baca Juga  √ Pengertian CRM (Customer Relationship Management)
Baca Juga  √ Pengertian Pendapatan Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *