√ Pengertian Workshop

Diposting pada
pengertian-workshop

Pengertian Workshop

Secara umum, arti workshop ini ialah suatu pertemuan dimana sekelompok orang yang mempunyai minat, keahlian, serta profesi di bidang tertentu itu terlibat dalam sebuah diskusi serta kegiatan intensif pada subjek atau proyek tertentu.

Lokakarya atau di dalam bahasa inggris disebut dengan workshop merupakan suatu acara di mana beberapa orang itu berkumpul untuk dapat memecahkan masalah tertentu serta juga mencari solusinya. Sebuah lokakarya atau workshop ini merupakan pertemuan ilmiah yang kecil.

Sekelompok orang yang mempunyai perhatian yang sama berkumpul bersama di bawah kepemimpinan beberapa orang para pakar atau ahli untuk kemudian menggali satu atau beberapa aspek khusus pada suatu topik. Sub-sub kelompok tersebut dibentuk dengantujuan mendengarkan ceramah, melihat suatu demonstrasi, mendiskusikan segala macam aspek topik,mengerjakan, mempelajari,mempraktekkan dan mengevaluasinya. Sebuah workshop tersebut biasanya terdiri dari Pimpinan workshop, Anggota, serta juga Manusia Sumber.

Did alam dunia pendidikan workshop ini merupakan suatu device di dalam in-service education, cara belajar sesuatu (- a way learning) itu dengan menggunakan sharing of ideas, prosedure give and take “merupakan suatu sistem kerja yang selaras dengan jiwa gotong-royong”.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa pengertian workshop ini meruapakan suatu kegiatan yang mana beberapa orang yang ahli di bidang tertentu itu berkumpul dengan sekelompok orang dengan latar belakang profesi yang sama serta kemudian melakukan interaksi satu sama lain untuk membahas masalah tertentu.

Pada praktiknya, kegiatan atau aktivitas workshop ini biasanya lebih fokus dalam mengupas secara tuntas masalah tertentu dan juga disertai dengan pelatihan kepada peserta. Para peserta workshop tersebut akan mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat serta dapat diterapkan sesuai dengan bidang profesinya.

Ciri Kegiatan Workshop

Ciri-Workshop

Secara umum, workshop ini berbeda dengan kegiatan diskusi lainnya. Mengacu pada arti workshop, Dibawah ini merupakan ciri-ciri workshop diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Kegiatan workshop ini harus dihadiri oleh beberapa ahli atau pakar pada bidang tertentu yang sesuai dengan topik yang akan dibahas.
  2. Topik atau masalah yang akan dikupas di dalam workshop tersebut biasanya sangat fokus serta berasal dari para peserta workshop itu sendiri (life centered).
  3. Kegiatan atau aktivitas workshop ini biasanya dilakukan dengan cara komunikasi dua arah (musyawarah) antara pemateri serta para peserta, sehingga akan dibutuhkan keaktifan para peserta supaya workshop tersebut tidak membosankan.
  4. Kegiatan atau aktivitas workshop itu menggunakan metode resource materials serta resource person sehingga para pesertanya itu harus berpartisipasi aktif supaya kegiatan atau aktivitas tersebut dapat/bisa mencapai hasil yang baik bagi seluruh pesertanya.

Tujuan dan Manfaat Workshop

Pada dasarnya kegiatan atau aktivitas workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan baru kepada seluruh peserta sesuai dengan bidang profesinya itu dengan melalui pelatihan. Misalnya, workshop strategi pemasaran online via Google Ads yang bisa/dapat dijadikan acuan oleh para pebisnis sehingga bisa/dapat memasarkan produknya melalui internet.

Kegiatan workshop ini juga bermanfaat didalam menambah kualifikasi profesi seseorang sesuai dengan bidang kerjanya. Dengan kata lain, kegiatan atau aktivitas workshop ini bisa/dapat memberikan serta meningkatkan kecakapan dan juga kualitas diri seseorang.

Selain dari itu, kegiatan workshop ini juga dapat bermanfaat sebagai wadah di dalam membangun kemitraan, kebersamaan, serta kerjasama antar peserta. Kegiatan atau aktivitas workshop juga ini merupakan media yang efektif untuk mendiskusikan serta merumuskan metode strategis dan juga mensosialisasikan suatu program kepada para pesertanya.

Jenis Workshop

Jenis-Workshop

Workshop ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis dengan berdasarkan kategori tertentu. Sesuai dengan arti workshop, dibawah ini merupakan jenis-jenis workshop diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Jenis Workshop Berdasarkan Sifatnya

Dengan berdasarkan sifatnya, kegiatan atau aktivitas workshop ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, ialah :

  1. Workshop Mengikat, merupakan jenis workshop yang mana para pesertanya itu wajib mengikuti hasil yang diperoleh dari workshop tersebut. Contoh ialah seperti; workshop standarisasi ISO.
  2. Workshop ini Tidak Mengikat, yakni jenis workshop yang mana para pesertanya itu  tidak wajib mengikuti hasil yang diperoleh dari workshop tersebut. Contoh ialah seperti; workshop mengenai strategi pemasaran online dengan Google Ads.

2. Jenis Workshop Berdasarkan Waktunya

Dengan berdasarkan waktunya, kegiatan atau aktivitas workshop dapat dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya ialah :

  1. Workshop Beruntun, ini merupakan jenis workshop yang dilaksanakannya itu selama periode waktu tertentu. Contoh ialah seperti; workshop yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut.
  2. Workshop Berkala, ini merupakan jenis workshop yang dilaksanakannya itu secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Contoh ialah seperti; workshop yang diselenggarakan setiap bulan atau setiap enam bulan sekali.

Tata Pelaksanaan Workshop

Tata-Pelaksanaan-Workshop

Di dalam tiap-tiap workshop biasanya panitia itu akan menjalankan acara workshop dengan mengikuti tahapan, tahapannya ialah sebagai berikut ini :

  1. Penjelasan tujuan pelaksanaan kegiatan workshop yang ingin dicapai.
  2. Perumusan berbagai macam masalah pokok yang di ingin dibahas dalam acara workshop.
  3. Penentuan prosedur teknis pemecahan masalah yang akan digunakan.
  4. Pengupasan kulit permasalahan oleh beberapa orang pembicara.
  5. Penjalanan aktifiatas diskusi.
  6. Menentukan pemecahan masalah yang akan di ambil.

Susunan Acara Workshop

  1. Dibawah ini terdapat beberapa susunan acara workshop, yang terdiri atas:
  2. Sambutan pihak pelaksana kegiatan workshop
  3. Pembukaan
  4. Acara inti
  5. Diskusi
  6. Penutup

Kelebihan dan Kekurangan Workshop

Dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan workshop, penjelasannya sebagai berikut :

Kelebihan Workshop

  1. Peserta workshop itu mendapatkan informasi atau pun keterangan teoritis yang mendalam mengenai suatu permasalahan tertentu.
  2. Peserta workshop memperoleh segala macam petunjuk praktis guna melaksanakan tugasnya.
  3. Peserta workshop ini dilatih untuk bersikap serta berpikir dengan secara ilmiah.
  4. Peserta workshop dilatih supaya mampu untuk bekerjasama dengan orang lain.

Kekurangan Workshop

  1. Membutuhkan persiapan yang relatif lama untuk melakukan sebuah workshop.
  2. Memerlukan banyak tenaga serta juga menghabiskan biaya yang cukup besar.
  3. Jika workshop dilaksanakan di suatu sekolah, biasanya hal tersebut akan mengganggu guru di dalam kegiatan atau aktivitas belajar-mengajar siswa.
  4. Bisa mengakibatkan adanya perselisihan pendapat (pro serta kontra).
Sekian dan terima kasih sudah membaca megnenai Pengertian Workshop, Tujuan, Ciri, Manfaat, dan Jenisnya semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.
Baca Juga  √ Pengertian Globalisasi
Baca Juga  √ Pengertian GeoPolitik
Baca Juga  √ Pengertian Peluang Usaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *