√ Pengertian Modernisasi

Diposting pada

pengertian-modernisasi

Pengertian Modernisasi

Modernisasi dalam ilmu sosial dapat didefinisikan sebagai istilah menyebutkan bentuk perubahan (transformasi) dari keadaan kurang maju atau kurang berkembang menjadi keadaan yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Modernisasi yaitu sering diungkapkan sebagai perkembangan ilmu teknologi atau pengetahuan yang terus berkembang. Pengaruh perubahan teknologi juga semakin dapat dirasakan oleh para penduduk baik di dalam perkotaan maupun perkampungan sekalipun.

Modernisasi berarti proses perubahan keadaan dari cara-cara tradisional ke cara-cara yang lebih baru yang diharapkan dengan itu dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Modernisasi adalah bentuk perubahan sosial  terarah dan terencana.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian modernisasi menurut para ahli, diantaranya yaitu :

1. Widjojo Nitisastro

Modernisasi adalah suatu proses transformasi total dan kehidupan bersama yang tradisional atau pra-modern dalam arti atau konteks teknologi serta organisasional.

2. Soerjono Soekanto

modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial yang dilakukan secara terarah berdasarkan kepada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan dengan social planning.

3. Wilbert E Moore

modernisasi dapat diungkapkan sebagai suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional ke arah-arah pola yang lebih ekonomis dan strategis yang menjadi ciri negara barat yang stabil.

Ciri Modernisasi

Ciri-Modernisasi

Modernisasi tidak terjadi langsung dalam kehidupan masyarakat, suatu keadaan dianggap modernisasi jika memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Tingkat organisasi yang tinggi, terutama disiplin diri sendiri
  2. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial
  3. Sistem administrasi yang baik, dapat mewujudkan reformasi birokrasi yang mumpunyai
  4. Adanya sistem pengumpulan data yang teratur
  5. Cara berfikir ilmiah melembaga ke dalam hidup penguasa maupun masyarakat
  6. Penciptaan iklim yang dapat disenangkan dari masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.

dapat untuk dipahami bahwasanya modernisasi ialah bentuk yang berbeda dengan westernisasi. Jika modernisasi adalah perubahan keadaan ke cara yang lebih baik, maka westernisasi adalah proses peniruan kehidupan yang lebih baik yang ditiru berdasarkan kebudayaan barat yang dianggap lebih baik daripada kebudayaan daerahnya sendiri.
Akan tetapi, di dalam perkembangannya, modernisasi tidak dapat dipisahkan daripada proses westernisasi. Hal ini disebabkan dengan adanya perkembangan masyarakat modern yang umumnya terjadi di dalam kehidupan masyarakat barat.

Gejala Modernisasi

Gejala-Modernisasi

Modernisasi ini adalah suatu bagian dari proses perubahan yang dilakukan sesuai perencanaan serta juga kebijakan yang sudah ditetapkan. Gejala modernisasi ini bisa atau dapat ditunjukkan dengan melalui beberapa bidang berikut.

  1. Bidang budaya untuk bidang budaya ini biasanya ditandai dengan semakin terdesaknya suatu budaya tradisional oleh karena adanya pengaruh budaya luar sehingga kemudian budaya asli itu semakin pudar.
  2. Bidang Politik, untuk bidang politik sendiri ditandai dengan tumbuhnya negara demokrasi, semakin tingginya negara yang kemudian lepas serta penjajahan, lahirnya lembaga politik, munculnya negara yang baru merdeka, serta semakin diakuinya hak asasi manusia.
  3. Bidang ekonomi, untuk bidang ekonomi di dalam moderenisasi tersebut biasanya memiliki atau mempunyai gejala yang mana kompleksnya kebutuhan mahluk hidup (manusia) tersebut akan kebutuhan barang serta juga jasa sehingga daro kondisi atau keadaan tersebut menimbulkan di dalam memproduksi barang itu dengan melalui sektor industri.
  4. Bidang sosial untuk bidang sosial gejalanya di dalam moderenisasi tersebut ditandai dengan semakin banyak bentuk dari kelompok sosial atau pun juga lembaga baru di dalam kehidupan masyarakat yang pasti tiap-tiap hal di dalam sosial itu mempunyai atau memiliki suatu perbedaan kelas serta juga status sosial.

Aspek Modernisasi

Modernisasi dibedakan ke dalam 2 karakter, yaitu :

1. Aspek sosial Demografis

Aspek sosial Demografis disebut juga dengan aspek mobilitas sosial yang merupakan proses perubahan unsur sosial, ekonomis, dan psikologis masyarakat yang menunjukkan peluang untuk berubah kearah yang lebih modern seperti urbanisasi, mekanisasi, dan peningkatan pendapatan per kapita.

2. Aspek Struktur Organisasi Sosial

Aspek struktur Organisasi adalah unsur dan norma kemasyarakatan yang terwujud apabila manusia mengadakan hubungan antara sesamanya dalam kehidupan bermasyarakat, selain itu, dapat berkaitan dengan lembaga kemasyarakatan, norma sosial, pelapisan sosial, kekuasaan, dan wewenang serta interaksi sosial.

Dampak Modernisasi

Adapun dampak modernisasi diantaranya sebagai berikut :

1. Dampak Positif Modernisasi

  1. Perubahan tata nilai dan sikap, perubahan ini terjadi dalam masyarakat yang terbukti dari adanya pola berpikir yang berubah dari irasional menjadi rasional.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan berkembangnya hal ini, masyarakat lebih mudah beraktivitas dan mendorong untuk berpikir maju.
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan juga semakin membentuk dalaam proses modernisasi.
  4. Tingkat kehidupan yang lebih baik, penggunaan teknologi pengetahuan yang berkembang dapat meningkatkan fungsi kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi jauh semakin baik dari waktu ke waktu.

2. Dampak Negatif Modernisasi

  1. Kesenjangan sosial, hal ini dapat dilihat dengan adanya fenomena timbulnya kelompok sosial seperti kelompok asongan, pengangguran, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Selain itu, modernisasi juga semakin memperkuat jurang pemisah antara yang berpendidikan dengan yang tidak, dan modernisasi dapat menyebabkan berubahnya tatanan sosial dalam masyarakat
  2. Kesenjangan ekonomi, dapat dilihat dari adanya jurang antara si kaya dan si miskin, timbulnya budaya konsumen, timbulnya budaya demonstration effect (suka pamer), dan  sebagainya
  3. Pencemaran lingkungan alam, dengan adanya pembangunan macam pabrik industri, maka tidak dapat terhindarkan adanya pencemaran lingkungan di sekitar pabrik tersebut dari hasil pengolahan barang industri.
  4. Timbulnya kriminalitas, dikarenakan adanya keinginan setiap orang untuk mengungguli orang lain, yang dilakukan berbagai macam cara, termasuk cara kriminal.

Syarat Modernisasi

Syarat-Modernisasi

Modernisasi pada hakikatnya itu mancakup pada segala macam bidang. Syarat dari suatu modernisasi itu ialah sebagai berikut:

  1. Cara berpikir secara ilmiah yang melembaga didalam kelas penguasa ataupun dalam masyarakat.
  2. Sistem administrasi negara yang baik, yang betul-betul mewujudkan birokrasi yang baik, jauh dari KKN, serta juga semangat kerja dan juangyang tinggi.
  3. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan juga terstruktur serta terpusat di dalam suatu lembaga atau pun badan tertentu. Contohnya ialah seperti BPS (Badan Pusat Statistik) yang kemudian menjadi sumber data untuk pemerintah.
  4. Penciptaan iklim yang favorable (kondusif) didalam masyarakat itu terhadap modernisasi ialah dengan cara penggunaan alat / tools komunikasi massa.
  5. Kedisiplinan yang tinggi, tetapi juga tidak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai warga negara.
  6. Sentralisasi wewenang di dalam suatu pelaksanaan perencanaan sosial atau social planning.

Modernisasi dan Kaitannya dengan Dunia Usaha

Untuk sekarang ini memenangkan kompetisi pada bidang bisnis ini memang tidak mudah. Terdapat banyak sekali kompetitor yang siap berinovasi serta juga menenggelamkan sebuah bisnis apabila tidak siap. dan sekarang berhadapan dengan generasi milenial, yang mana kemudian kita dituntut untuk bergerak denga cepat, fleksibel serta mudah diakses.

Makanya pengertian modernisasi bisnis ini sekarang tidak hanya terbatas dipembaharuan banner, kantor, baliho serta perlatan fisik saja. Namun juga mengarah ke sebuah sistem yang mempermudah adanya kinerja uasaha supaya dapat lebih cepat di dalam pelayanan konsumen.

Dibawah ini merupakan beberapa proses modernisasi pada bidang bisnis, diantaranya :

1. Sentuhan Teknologi

Penentu performa bisnis tersebut tidak hanya terpaku pada kelengkapan kantor serta alat produksi. Jaman semakin modern dan juga kebutuhan konsumen itu bergerak sangat cepat, bahkan sekarang konsumen itu dominan lebih menyukai belanja seara online.

Hal ini berdampak langsung pada kegiatan bisnis. Kalau hanya dengan mengandalkan promosi secara konvensional; seperti memasang baliho, kemudian menyebarkan brosur serta segala macam teknik pemasaran konvensional saja, dapat dibilang tidak cukup atau malah justru akan gagal.

Teknologi kini sangat berperan besar di dalam meningkatkan penjualan tiap-tiap bisnis. Bahkan, hal ini dapat atau bisa menghemat biaya promosi yang harganya cukup besar. Sebaiknya pebisnis itu kemudian mencoba mengelola website sebagai pusat informasi, setelah itu menyediakan aplikasi mobile supaya dapat atau bisa menjangkau banyak konsumen di luar sana.

2. Customer Care

Sekecil apa pun bisnis yang didirikan, customer care tersebut sangat berperan penting di dalam menjangkau kekurangan sebuah produk yang sudah atau telah dilepaskan ke pasar. Hal ini juga untuk mengurngi tingkat kesalahan produksi serta akan meningkatkan kepuasan konsumen.

Hal tersebut disebabkan dengan membentuk bidang ini akan meningkatan kedekatan itu dengan konsumen agar semakin erat. Mereka kemudian merasa lebih diperhatikan pada saat mengalami kesulitan serta mengajukan komplain. Kekurangan produk ini pun juga dapat dengan segera diperbaiki.

Di lain sisi, bidang ini pun juga tidak bisa dilepaskan dari yang namanya sebuah teknologi. Aktif di media sosial serta layanan chating di tiap-tiap website telah menjadi tren baru daripada via telpon atau juga email.

3. Koordinasi Tim yang Fleksibel

Dengan munculnya teknologi dengan berbasis Cloud, hal ini akan memungkinkan Anda serta tim anda untuk melakukan koordinasi kapan pun serta dimana pun. Bahkan dengan menggunakan perangkat apa pun dan tanpa harus datang ke kantor. Anda akan mampu untuk menghemat lebih banyak waktu serta menjadikan tim semakin produktif walaupun di luar kantor.

4. Update Skill Karyawan

Training karyawan dengan secara berkala juga sangat perlu. Hal tersebut tidak melulu mengenai pengenalan tool baru yang digunakan saja, tapi sistem baru yang nanti itu akan membantu kinerja karyawan supaya dapat lebih baik.

Jangan pernah capek untuk meluangkan waktu di dalam membantu karyawan supaya berkembang mengikuti arus modernisasi. Hal Ini kedepannya akan juga membantu untuk perkembangan bisnis Anda.

Contoh Modernisasi

Contoh-Modernisasi

Dibawah ini merupakan contoh modernisasi di dalam masyarakat yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dikelompokkan dengan berdasarkan bidangnya, diantaranya :

1. Pendidikan

Sistem pengajaran di dalam sekolah itu tidak lagi melulu dengan buku, namun juga lebih mengarahkan pada penggunaan gawai atau juga gadget. Perpustakaan itu menyediakan komputer yakni sebagai sumber data untuk memudahkan di dalam pencarian buku. Banyaknya kelas online yang juga dibuka dalam waktu belajar yang lebih fleksibel. Penggunaan slideshow di dalam kelas-kelas guna menjelaskan pelajaran itu akan mempermudah guru dalam menjelaskan serta juga mempermudah siswa di dalam memahami pelajaran. Interaksi antara guru serta murid juga akan lebih mudah oleh karna adanya media sosial atau pun aplikasi berbasis pendidikan.

2. Komunikasi

Perubahan dari era wartel (warung telepon) kemudian menjadi era warnet (warung internet). Telepon rumah yang tadinya itu menjadi salah satu dari benda yang umum ditemukan di tiap-tiap rumah kini menjadi langka disebabkan karna kehadiran smartphone / telepon genggam yang penggunaannya itu mudah dan  menjadi lebih populer. Komunikasi luar daerah pun juga menjadi lebih mudah. Pesan juga akan lebih mudah tersampaikan, tidak harus saling surat-menyurat dengan melalui kantor pos. Media sosial juga mempermudah siapapun untuk bisa menjalin komunikasi bersama dari mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet.

3. Pekerjaan

Tenaga kerja manusia kini bisa atau dapat dengan mudah digantikan dengan adanya robot atau mesin, misalnya seperti apa yang terjadi di pabrik-pabrik. Pekerja lepas kini mulai populer dikalangan pemuda yakni sebagai solusi dari masalah negara berkembang, contohnya ialah seperti desainer, progammer, penulis, data entry, dan lain sebagianya. Wawancara pekerjaan pun kita bisa atau dapat dilakukan dengan melaluo telepon ataupun panggilan video. Adanya aplikasi pengolah tulisan yang kemudian mempermudah dalam pembuatan segala macam dokumen. Rapat kantor pun dapat atau bisa dilaksanakan dengan melalui panggilan video sehingga akan menghemat waktu serta tenaga.

4. Transportasi

Maraknya transportasi online yang kini menjadi saingan terberat dari transportasi konvensional. Proses distribusi barang pun akan menjadi lebih mudah dengan adanya jasa ekspedisi selain dari penggunaan kantor POS. Pemesanan tiket pesawat, kereta atau pun juga bus kini dipermudah dengan adanya aplikasi- aplikasi penyedia layanan yang dapat diakses dengan menggunakan smartphone. Adanya perbedaan ekspor serta impor baik itu secara sistem atau juga prosesnya dari beberapa tahun lalu yang terus mengalami kemajuan. Membuka kesempatan munculnya suatu faktor pendorong dalam terjadinya perdagangan internasional.

5. Kesehatan

Di dalam ilmu sosial, istilah dari contoh modernisasi dalam masyarakat ini merujuk pada sebuah bentuk perubahan dari keadaan yang biasa saja kemudian beralih atau bergerak ke arah yang lebih baik atau pun lebih maju serta berkembang. Penemuan alat dengan sebuah teknologi yang lebih mumpuni apabila dibandingkan dengan peralatan pada medis 15 tahun yang lalu.

6. Media Masa

Mengakses informasi juga kini tidak harus dalam bentuk media cetak atau pun dengan televisi, namunbisa juga dilakukan dengan secara online. Pengaduan kinerja baik itu perusahaan atau juga pemerintah bisa dilakukan dengan lewat e-mail , sms, atau pun  telepon. Penyampaian pendapat masyarakat yakni sebagai pengertian masyarakat multikultural kita dapat atau bisa lebih terfasilitasi.

Demikianlah penjelasan megnenai Pengertian Modernisasi, Syarat, Gejala, Dampak, Aspek dan Ciri, Semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Kecerdasan Buatan (AI)
Baca Juga  √ Pengertian Empati
Baca Juga  √ Pengertian Ilmu Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *