√ Pengertian Gaya

Diposting pada

Pengertian Gaya

Pengertian Gaya

Pengertian Gaya adalah besaran vektor yang mempunyai besar serta arah. Gaya bersifat tersebut abstrak tidak bisa dilihat. apakah anda tau mengapa Balon udara bergerak ke atas ?? dikarenakan balon udara itu terdapat tekanan udara yang menimbulkan dorongan dibalon tersebut. Didalam ilmu fisika, dorongan tersebut disebut dengan gaya.

Gaya itu diartikan ialah sebagai tarikan ataupun dorongan.
Gaya tersebut juga menyebabkan benda yang tadinya diam menjadi bergerak, benda bergerak tersebut menjadi lebih cepat maupun lebih lambat tergantung dengan kuatnya tarikan atau dorongan. Dalam hal tersebut gaya menyebabkan perubahan pada gerak benda.

Selain dari hal tersebut gaya juga dapatmenyebabkan perubahan pada bentuk, misalnya ialah plastisin yang apabila ditekan akan berubah bentuk. Maka , gaya tersebut dapat merubah gerak maupun merubah bentuk benda

Apakah kamu mengetahui  apa yang menyebabkan mobil itu dapat berjalan, dan apa juga yang dapat menyebabkan mobil itu dapat berhenti? Mobil itu berjalan karena adanya gaya dorong mesin serta berhenti karena gaya rem. Gaya seperti contoh mobil disebut dengan gaya kontak, gaya kontak adalah gaya bekerja disuatu benda dengan melalui kontak (sentuh) langsung antara benda.

Selain dari gaya kontak ada juga gaya tak kontak (tak sentuh), yakni gaya yang bekerja tanpa melalui adanya sentuhan (kontak) dengan benda. sebagai contoh ialah ,  seorang penerjun dikarenakan pada saat terjun dari ketinggian terdapat suatu gaya , yaitu gaya grafitasi bumi .Gaya gravitasi adalah suatu contoh gaya tidak sentuk. Contoh dari gaya tak sentuh lain ialah gaya listrik serta juga gaya magnet.

Gaya itu termasuk besaran vektor yaitu selain mempunyai nilai juga mempunyai arah. Gaya tersebut diukur dengan menggunakan alat yang disebut dengan dinamometer atau juga  neraca pegas. Satuan gaya dalam SI ialah newton yang disingkat dengan N. Sedangkan pada satuan gaya dalam cgs adalah dyne.

1 N = 105 dyne


Sifat Gaya

Dengan Berdasarkan penjelasan diatas, maka bisa atau dapat disimpulkan bahwa gaya ini memiliki beberapa sifat diantaranya :

  1. Gaya dapat atau bisa mengubah arah gerak benda
  2. Gaya dapat atau bisa mengubah bentuk benda
  3. Gaya dapat atau bisa mengubah posisi benda itu dengan cara menggerakkan atau memindahkannya

Rumus Gaya

Gaya mempunyai tiga rumus dasar untuk menjelaskan gerak benda. Tiga rumus tersebut, diantaranya :

Hukum Newton 1

Apabila penjumlahan atau juga pengurangan gaya yang bekerja di suatu benda itu sama dengan nol, benda yang semula diam itu tetap diam. Serta benda yang bergerak lurus beraturan tersebut akan tetap bergerak lurus beraturan. Sehingga rumus hukum Newton 1 ialah ∑F = 0

Keterangan: ∑F = resultan gaya (kilogram m/s2)


Hukum Newton 2

Percepatan atau pun perubahan dari kecepatan gerak benda itu selalu berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja disuatu benda serta selalu berbanding terbalik dengan massa benda. Hukum Newton 2 ini kemudian dapat dihitung dengan rumus: ∑F = m.a

Keterangan:

  • ∑F = resultan gaya (kilogram m/s2)
  • m = massa benda (kilogram)
  • a = percepatan (m/s2) Baca juga: Hukum Gravitasi

Newton Hukum Newton 3

Apabila suatu benda itu memberikan gaya terhadap benda kedua, maka benda kedua tersebut akan membalas gaya dari benda pertama yakni dengan arah berlawanan. Rumus Hukum Newton 3 ini ialah ∑Faksi = -∑Freaksi


Pengaruh Gaya

Pengaruh apa yang diberikan gaya kepada suatu benda , ialah sebagai berikut :

  1. Gaya dapat merubah gerak suatu benda.
    Jika suatu gaya dikenal sebagai suatu gaya, benda tersebut dapat mengalami perubahan gerak , sebagai contoh , ialah bola basket yang di pantulkan.
  2. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak suatu benda.
    Jika suatu benda yang bergerak itu dapat bergerak dengan semakin cepatnya atau lambatnya itu di berikan gaya luar , contoh ialah sebuah troli yang diletakan di atas sebuah papan luncur yang kemudian diberikan sedikit dorongan maka akan bergerak dengan cepat.
  3. Gaya dapat mengubah gerak suatu benda.
    Gaya tersebut juga dapat mengubah gerak suatu benda , contohnya ialah bola yang ditendang dapat merubah gerak suatu suatu benda.
  4. Gaya dapat mengubah bentuk suatu benda.
    Gaya yang berkerja  pada suatu benda dapat mengubah bentuk dari benda tersebut , contohnya ialah , pada saat kita memainkan plastisin (lilin) maka pada saat kita memainkannya menggunakan tangan dapat mengubah bentuk dari plastisin tersebut .

Jenis Gaya

Dengan berdasarkan sifatnya , gaya yang menyebabkan terjadinya perubahan pada suatu benda dapat menjadi 2 , yakni Gaya sentuh dan juga gaya tak sentuh :

Pengertian Gaya Sentuh.

Pengertian Gaya sentuh – gaya sentuh adalah suatu gaya yang bekerja pada suatu benda dengan melalui sentuhan pada benda tersebut .Contoh gaya sentuh ialah sebagai berikut :

  1. 1. Pengertian Gaya Pegas , Gaya pegas adalah suatu gaya yang ditimbulkan oleh benda yang bersifat elastis , misalnya ialah ketapel yang ditarik untuk dapat melempar batu .
  2. Pengertian Gaya Gesek , Gaya Gesek adalah suatu gaya yang ditimbulkan dikarenakan adanya sentuhan langsung diantara dua permukaan 2 benda yang bergerak , contohnya ialah mobil yang sedang melaju lalu mengerem.
  3. Pengertian Gaya Otot , Gaya otot adalah suatu gaya yang ditimbulkan oleh otot manusia maupun hewan , contohnya ialah saat manusia yang mendorong meja  atau juga kursi.

Pengertian Gaya Tak Sentuh

Pengertian Gaya tak Sentuh – gaya tak sentuh adalah suatu gaya yang terjadi apabila gaya yang tidak bersentuhan dengan benda , berikut ini adalah macam-macam gaya gaya yang termasuk dengan gaya tak sentuh

  1. Pengertian Gaya magnet , gaya magnet merupakan suatu gaya yang ditarik dari benda yang bersifat magnet , contohnya ialah paku yang ditarik dengan menggunakan magnet.
  2. Pengertian Gaya Listrik , gaya listrik adalah suatu gaya yang ditimbulkan oleh suatu benda yang bermuatan listik , contohnya ialah ketika kita menggosok ujung dari sebuah pena ke selembar kertas yang kemudian kita menempelkan pada kertas kecil , maka kertas kecil tersebut akan menempel pada uung pena yang digosok tersebut.
  3. Pengertian Gaya gravitasi , Gaya gravitasi adalah suatu gaya yang terjadi pada benda dikarenakan mendapat suatu pengaruh gravitasi bumi , contohnya ialah sekeping uang logam yang dilempar ke atas maka akan jatuh kembali.

Contoh Soal

1. Seorang remaja mendorong benda yakni dengan gaya 80 N sehingga benda itu kemudian bergerak dengan kecepatan tertentu. Apabila massa benda itu adalah 8 kg, maka hitunglah percepatan benda tersebut?

Diketahui:

F = 80 N
m = 8 kg

ditanyakan: a = ?

jawab:

a = F/m
a = 80 N/8 kg
a = 10 m/s2

Jadi untuk percepatan benda itu adalah 10 m/s2


2. Sebuah benda oti dijatuhkan dari atas sebuah menara tanpa kecepatan awal, setelah 2 detik benda tersebut sampai di tanah (g = 10 m/s2). Tinggi menara tersebut ialah …

Jawaban :

soal-gaya

Jadi tinggi menara adalah 20 m


Kesimpulannya dari Pendidikanku.Org dari Penjelasan mengenai pengertian Gaya di atas, sebagai berikut :

  1. Gaya adalah suatu tarikan ataupun dorongan.
  2. Alat ukur dari gaya adalah dinamometer (neraca pegas)
  3. Gaya itu dapat merubah bentuk benda serta dapat merubah gerak (kecepatan) benda.

1. perubahan gerak:

  1. Benda diam > bergerak.
  2. Bergerak lambat > cepat.
  3. Bergerak cepat > lambat.
  4. Benda bergerak > berhenti.

2 contoh gaya kontak.

  1. gaya kontak gaya otot
  2. mesin serta gaya gesek.

3 contoh gaya tak kontak

  1. gaya gravitasi
  2. gaya lsitrik
  3. gaya magnet.

Sekian dan Terimakasih Sudah Membaca Mengenai Pengertian Gaya, Rumus, Sifat Pengaruh, Jenis, dan Contoh, kami berharap apa yang diuraikan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Perdagangan Internasional
Baca Juga  √ Pengertian Seni Musik
Baca Juga  √ Pengertian Pendapatan Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *