√ Pengertian Sinopsis

Diposting pada

pengertian-sinopsis

Pengertian Sinopsis

Pendidikanku.Org – Pada kesempatan ini pendidikanku akan menshare mengenai apa itu sinopsi?, Ciri-ciri sinopsis?, Fungsi sinopsis itu apa?, bagaimana cara membuat sinopsis? point-point tersebut akan dijelaskan sebagai berikut, Pengertian Sinopsis adalah suatu ringkasan atau garis besar naskah yang menggambarkan isi dari sebuah film, buku, atau pementasan yang dilakukan baik itu secara konkrit maupun secara abstrak. Sinopsis ini biasanya digunakan sebagai prolog pada sebuah naskah yang sengaja dibuat yang bertujuan untuk dapat memudahkan penonton mengetahui dan juga memahami secara singkat dari isi yang ada pada naskah tersebut. Kenapa dinamakan sebuah ringkasan? karena pada sinopsis ini biasanya hanya berupa beberapa jumlah halaman atau seperlima  atau sepersepuluh dari panjang karangan asli dari isi naskah yang digunakan.

Pengertian Sinopsis Lengkap
Pengertian Sinopsis Lengkap

Prolog dalam suatu naskah biasanya berisi tentang perkenalan toko h-tokoh dan pemerannya, konflik yang terjadi dalam cerita, peristiwa penting yang menarik serta sinopsis cerita secara sekilas.

Selain sinopsis naskah dalam pementasan diatas ada juga sinopsis lainnya, salah satunya misalnya sinopsis novel. Apa sih sinopsis novel? secara umum Sinopsis novel adalah ringkasan cerita dari sebuah novel. Ringkasan novel merupakan bentuk secara garis besar dan singkat dari sebuah novel namun tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. baca juga unsur intrinsik dalam karya sastra
Membuat Sinopsis merupakan cara yang efektif dalam menyajikan karya sastra (novel) yang panjang kedalam bentuk yang lebih singkat.

Dalam sinopsis ini, keindahan dalam gaya bahasa, ilustrasi, serta penjelasan-penjelasan itu dihilangkan, namun tetap mempertahankan isi dan gagasan-gagasan si pegarang.


Pengertian Sinopsis Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan pengertian sinopsis menurut para ahli diantaranya sebagai berikut :

  1. Dr. Gorys Keraf

    Dr. Gorys Keraf (ahli dalam bahasa) Sinopsis merupakan summary atau juga ringkasan atau juga precis yang paling efektif di dalam menyajikan suatu karangan yang panjang itu menjadi lebih pendek.

  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia

    Sedangkan pengertian sinopsis menurut KBBI , sinopsis ini adalah suatu karangan ilmiah biasa digunakan bersamaan itu dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu, sinopsis secara garis besar merupakan suatu ringkasan, abstraksi atau juga ikhtisar karangan.


Ciri Sinopsis

Ciri-Sinopsis

Adapun ciri-ciri sinopsis antara lain sebagai berikut :
  1. Alur cerita disusun secara berurutan berdasarkan kronologis dan cerita aslinya hanya saja dipersingkat.
  2. Bahasa yang digunakana adalah bahasa persuasif, yakni berupa bujukan yang bertujuan supaya para pembaca sinopsis tertarik (penasaran) membaca buku aslinya.
  3. Terdapat ajakan dan motivasi bagi para pembaca.
  4. Biasanya didalam sinopsis diterangkan atau dijelasakan juga mengenai kekurangan atau kelebihan yang ada pada naskah tersebut.
  5. Sinopsis juga menampilkan konflik (permasalahan) dengan singkat namun menarik.

Struktur Sinopsis

  1. Orientasi, ini merupakan struktur yang berisi mengenai pengenalan latar cerita yang berhubungan dengan waktu, suasana, dan tempat.
  2. Komplikasi, ini adalah urutan dari kejadian yang dihubungkan dengan secara sebab akibat, dan pada struktur ini kamu juga mendapatkan karakter atau juga watak pelaku cerita serta juga beberapa kerumitan itu mulai bermunculan.
  3. Evaluasi, ini merupakan struktur konflik yang terjadi yang mengarah pada adanya klimaks kemudian mulai mendapatkan pemecahannya atau penyelesainya.
  4. Resolusi, pada struktur ini pengarang kemudian mengungkapkan solusi yang yang dialami oleh tokoh.
  5. Koda, ini adalah nilai nilai atau juga pelajaran yang dapat atau bisa dipetik dari suatu teks oleh pembacanya.

Fungsi Sinopsis

Fungsi-Sinopsis

Adapun Fungsi sinopsi adalah sebagai berikut :
  1. Memberikan sebuah gambaran secara singkat mengenai isi dari naskah yang ada.
  2. Membuat sebuah gambaran atau pandangan yang jelas mengenai  uratan dari cerita dalam naskah.
  3. Sebagai pembuka / prolog atau epilog dari naskah yang akan dipentaskan.
  4. Sebagai sarana untuk mengenalkan isi cerita dari suatu naskah yang ada, supaya para pembaca tertarik         (penasaran) untuk mengetahui lebih lanjut.
  5. Sebagai sebuah pedoman buat para pemeran dalam melakukan improvisasi.

Strategi Sinopsis

Dalam memudahkan penulis membuat sinopsis, dibawah ini adalah beberapa strategi penting yang digunakan antara lain sebagai berikut :
  • Tema
    Untuk memudahkan dalam membuat sinopsis, terlebih dahulu yang harus ditentukan tema, setelah menentukan tema, setelah itu cari beberapa gagasan pokok yang terdapat pada naskah.
  • Perhatikan Alur
    Perhatikan alur cerita yang akan dibuat seperti ciri-ciri diatas, karena pada dasarnya pembuatan sinopsis ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan berurutan yang membuat para pembaca tertarik.
  • Perhatikan penokohan
    Perhatikan juga watak penokohan lebih yang ditonjolkan.

Proses Membuat Sinopsis

  1. 1. Yang jelas kita terlebih dahulu tau mengenai isi dari naskah yang akan dibuatkan sinopsisnya, kenapa? karena hal tersebut akan membuat kita mengetahui point / kesan penting, substansi dan esensi  umum dari si penulis naskah.
  2. Catat atau garis bawahi gagasan-gagasan penting yang ada di dalam naskah, kembangkan juga gagasan pokok yang ditandai dengan beberapa kalimat ringkas.
  3. Pergunakanlah kalimat yang jelas, efektif, menarik dan mudah dipahami.
  4. Apabila ingin mencantumkan Dialog dan monolog yang ada pada naskah, penulis sinopsis hanya perlu mencantumkan dialog secara garis besarnya saja.
  5. Sinopsis yang dibuat ini tidak boleh menyimpang atau ngelantur dari isi naskah.

Contoh Sinopsis Novel

Contoh-Sinopsis-Novel

Judul novel : Anne of Green Gables
Penulis : Lucy Maud Montgomery
Penerbit : Qanita
Tahun : 2008
Tebal isi : 38 bab, 516 halaman

Novel yang berjudul Anne of Green Gables karangan Lucy Maud Montgomery ini menceritakan mengenai gadis yatim piatu dengan 11 tahun dengan nama Anne Shirley yang datang ke desa Avonlea disebabkan karna diadopsi dari panti asuhan oleh 2 bersaudara yang bernama Marilla serta Matthew Cuthbert akibat terjadi suatu kekeliruan, mereka berdua itu sebenarnya menginginkan seorang anak lelaki untuk dapat membantu mengurus rumah mereka yang disebut dengan Green Gables tetapi yang datang ternyata seorang gadis berambut merah, Anne.

Kedatangan Anne ke Green Gables tersebut kemudian menimbulkan banyak masalah yang membuat banyak orang disekitarnya itu menjadi kurang menyukai dirinya, disebabkan karna sifatnya yang ceroboh. Namun dibalik itu semua Anne ternyata mempunyai sikap yang penuh imajinasi, periang, konyol, perilakunya yang polos,  serta ucapannya yang sedikit blak-blakan yang kemudian secara perlahan meluluhkan hati Marilla dan juga Matthew.

Semakin hari Anne pun semakin menyukai Avonlea serta Green Gables disebabkan karna keperdulian orang-orang disekitarnya terhadap dirinya, tidak seperti pada saat ia di panti asuhan dan juga terlebih lagi pada saat ia menemukan seorang sahabat yang 1 sekolah dengannya, Diana. Anne merupakan gadis dengan penuh imajinasi, tiada hari yang dilewatinya itu tanpa berimajinasi serta juga bermain bersama dengan sahabatnya. Tiap harinya ia selalu bercerita dan bercerita mengenai segala hal penuh dengan imajinasinya serta juga tempat unik seperti Hutan Berhantu, Kanopi kekasih, Permadani Violet, Danau Riak Air Berkilau, serta Ratu Salju yang dia beri nama kepada Diana juga kepada Matthew serta Marilla.

Di sekolah barunya ia kemudian menemukan sahabat-sahabat baru yang bernama Jane serta Ruby tidak hanya itu, ia kemudian juga mendapatkan musuh terbesaranya sebab memanggil rambut merahnya itu dengan julukan rambut wortel yakni Gilbert. Tiap harinya ia sering bersitegang dengan Pye bersaudara serta terutama Gilbert musuh bebuyutannya.

Ditiap hari-harinya Anne selalu bersaing, berseteru, bermain, bercerita,, berpetualang, serta jugaberimajinasi dengan riang serta bersemangat dengan sahabat-sahabatnya. Namun semuanya itu berubah pada saat salah seorang kesayangannya, Matthew kemudian menghembuskan nafas terakhirnya. Yang membuat dirinya serta Marilla hidup berdua dengan perasaan rindu serta kesepian, tetapi ia kemudian tetap mencoba untuk bisa tersenyum serta membangkitkan semangat pada dirinya dan juga pada Marilla untuk dapat menjalani kehidupan baru yang ada di hadapan mereka.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Sinopsis, Ciri, Fungsi, Strategi, Membuat & Contoh semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Baca Juga  √ Pengertian Apatis
Baca Juga  √ Pengertian Negara Hukum
Baca Juga  √ Cara Membuat Perencanaan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *