√ Pengertian Lingkungan Hidup

Diposting pada

Pengertian Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup itu ialah manusia, hewan, serta tumbuhan yang menjadi bagian dari komponen penyusun lingkungan hidup kita anatara satu sama serta sama-sama saling mempengaruhi.

Di dalam hal ini, manusialah yang kemudian mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap lingkungan Hidup. Kita dapat atau bisa mengetahui pengaruh-pengaruh ini dari banyaknya kegiatan atau aktivitas manusia di dalam mengeksploitasi ataupun juga mengeksplorasi alam baik itu dari sisi ilmu pengetahuan, dana, atau pun juga pengembangan teknologi.

Di dunia ini manusia mempunyai pengetahuan serta teknologi, hal tersebut kemudian memberikan banyak keuntungan tersendiri di dalam mempertahankan diri ataupun beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Dengan begitu, manusia pun juga memiliki kewajiban untuk menjaga dan juga melestarikan komponen penyusun lain dari lingkungan seperti hewan serta tumbuhan supaya kehidupan tersebut terus tetap seimbang. Definisi lingkungan hidup secara umum ialah segala sesuatu yang terdapat di sekitar manusia dan juga mempengaruhi aspek-aspek kehidupan manusia baik itu secara langsung atau pun juga tidak.


Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Pengertian-Lingkungan-Hidup-Menurut-Para-Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai Pengertian Lingkungan Hidup ini, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli, diantaranya sebagai berikut :

1. Emil Salim

Lingkungan hidup ini kemudian sebagai suatu benda, kondisi, keadaan serta pengaruh yang terdapat dalam ruang yang kita tempati serta mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia serta juga mahluk hidup lain.

Pengertian lingkungan hidup menurut Emil Salim ini juga dapat atau bisa dikatakan cukup luas. Apabila batasan tersebut kemudian lebih disederhanakan, maka ruang lingkungan hidup tersebut kemudian dibatasi oleh beberapa faktor yang bisa atau dapat dijangkau oleh manusia, contohnya ialah seperti faktor alam, ekonomi, politik, serta juga sosial.


2. Soedjono

Soedjono kemudian menjelaskan lingkungan hidup ini yakni sebagai lingkungan fisik (jasmani) yang terdapat di alam. Pengertian ini kemudian mengilustrasikan atau menggambarkan bahwa manusia kemudian hewan serta juga tumbuh-tumbuhan tersebut dilihat sebagai perwujudan fisik (jasmani).

Penjelasan Soedjono ini menjelaskan bahwa, lingkungan hidup ini kemudian mencakup atau melingkupi manusia kemudian hewan serta juga tumbuh-tumbuhan yang terdapat di dalamnya.


3. Munadjat Danusaputro

Lingkungan hidup ini adalah semua benda serta daya dan juga kondisi termasuk didalamnya manusia serta tingkah lakunya yang terdapat di dalam ruang dimana manusia berada serta juga mempengaruhi kelangsungan hidup mahluk lainya. Dengan demikian, lingkungan hidup ini kemudian terdiri dari dua lingkungan, yakni lingkungan fisik serta lingkungan budaya.


4. Otto Soemarwoto

Otto Soemarwoto ini kemudian berpendapat bahwa lingkungan hidup ini adalah semua benda serta kondisi yang terdapat dalam ruang yang kita tempati serta juga mempengaruhi kehidupan kita.

Menurut batasan tersebut secara teoritis ruang yang dimaksud itu tidak terbatas jumlahnya. Adapun secara praktis ruang yang dimaksud ini ialah ruang yang selalu dibatasi menurut kebutuhan yang bisa atau dapat ditentukan.


5. Sambas Wirakusumah

Lingkungan ini ialah segala aspek kondisi eksternal biologis, yang mana organisme hidup dan juga ilmu-ilmu lingkungan tersebut menjadi studi aspek lingkungan organisme itu.


6. Lingkungan Hidup Menurut UU No.32 thn 2009

Di dalam UU tersebut, lingkungan hidup ini kmeudian diartikan sebagai suatu kesatuan, serta mahluk hidup itu termasuk di dalamnya manusia serta kesejahteraan manusia dan juga mahluk hidup lainnya.

Di dalam UU tersebut tersirat bahwa lingkungan hiduplah yang kemudian mempengaruhi mahluk hidup di dalamnya, termasuk manusia. Manusia sepantasnya menyadari bahwa alamlah yang kemudian memberi manusia kehidupan serta penghidupan, baik itu dengan secara langsung atau pun tidak langsung.


Jenis Lingkungan Hidup

Jenis-Lingkungan-Hidup

Lingkungan hidup ini kemudian dibedakan menjadi dua yaitu yang pertama; lingkungan biotik serta lingkungan abiotik. Penjelasan untuk lingkungan biotik ini ialah lingkungan yang hidup, misalnya seperti pepohonan, tanah, serta lain-lain. Sementara untuk lingkungan abiotik ini kemudian mencakup benda yang tidak hidup, misalnya seperti gedung, rumah, serta tiang listrik.

Makna lingkungan hidup ini ialah sebuah sati kesatuan dengan segala macam makhluk hidup yang ada di dalamnya, termasuk itu manusia dengan segala perilakunya yang juga mempengaruhi keberlangsungan kehidupan serta juga kesejahteraan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Lingkungan hidup ini juga termasuk perilaku sosial, ekosistem, budaya, serta juga udara yang terdapat di sekitar kita.


Unsur Penyusun Lingkungan Hidup

Unsur-Lingkungan-Hidup

Seperti yang sudah atau telah dibahas sebelumnya bahwa lingkungan hidup ini kemudian terdiri dari segala macam kumpulan dari tiap-tiap interaksi dari segala macam unsur yang ada terkandung pada lingkungan. Elemen atau komponen penyusun lingkungan hidup ini kemudian terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya unsur abiotik, unsur biotik, serta juga unsur sosial budaya.


1. Unsur Lingkungan Hidup Biotik

Unsur lingkungan hidup Biotik ini merupakan unsur atau komponen yang tersusun dari segala macam makhluk hidup yang terdapat pada lingkungan tertentu. Contoh dari lingkungan hidup biotik ini ialah seperti manusia, tumbuhan , hewan, serta juga mikroorganisme.


2. Unsur Lingkungan Hidup Abiotik

Sedangkan penjelasan tentang lingkungan hidup abiotik ini ialah suatu situasi/kondisi atau pun juga tempat disuatu lingkungan yang kemudian menjadikannya penyusun bentuk di dalam mendukung terjadinya suatu yang disebut dengan lingkungan. Contohnya ialah seperti bebatuan, air, udara, tanah, serta juga benda mati lainnya.


3. Unsur sosial budaya

Unsur ini merupakan unsur yang terbentuk dari aktivitas/kegaitan sosial serta kebudayaan yang dilakukan oleh manusia serta juga tersusun membentuk suatu sistem yang terdiri atas adanya nilai, gagasan, serta juga keyakinan atas perilaku yakni sebagai makhluk hidup yang sosial.

adat istiadat, Perilaku, serta juga segala macam bentuk hasil penemuan itu kemudian termasuk unsur sosial budaya yang kemudian ditemukan manusia di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan serta juga teknologi yang dikuasai, seperti misalnya kebun binatang atau pun juga suaka marga satwa yang merupakan salah satu hasil pengembangan dari hutan buatan.


Manfaat Lingkungan

Manfaat-Lingkungan-Hidup

Lingkungan ini adalah habitat yang dihuni oleh beranekaragam mahluk hidup seperti halnya manusia, hewan serta juga tumbuhan.

Manusia tersebut bisa atau dapat memanfaatkan hewan serta tumbuhan ialah sebagai sumber makanan, selain itu manusia menghirup oksigen untuk bernapas. Itu ialah sedikit manfaat lingkungan hidup bagi manusia.

Manusia tersebut sangat bergantung dilingkungan disekitarnya. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia.

1. Udara dipakai untuk bernapas. Oksigen ini adalah gas yang vital bagi kehidupan mahluk hidup. Tumbuhan ini memanfaatkan Karbon dioksida di dalam proses fotosintesis.

2. Air ini dipakai untuk minum serta memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti halnya mandi, mencuci serta industri.

3. Bahan pangan untuk mahluk hidup. Lahan yang subur serta kaya nutrisi ini kemudian akan menghasilkan bahan pangan vital seperti misalnya padi, ketela, ubi, sayuran, buah-buahan untuk kelangsungan hidup manusia.

4. Hutan ini memiliki fungsi mengatur keadaan udara serta air. Hutan dapat atau bisa menyediakan oksigen yang melimpah serta juga menyerap karbon dioksida sehingga suhu tidak terlalu panas.

Hutan tersebut juga dapat atau bisa mengatur tata air serta mencegah erosi. Saat musim hujan ini tidak akan ada banjir serta juga musim kemarau tidak kekeringan panjang.

5. Bahan galian yang bila/jika dimanfaatkan tersebut bisa atau dapat meningkatkan pendapatan serta  sebagai bahan baku industri. Emas kemudian dipakai untuk perhiasan, minyak bumi untuk bahan bakar, batubara untuk energi.

6. Sumber energi seperti angin, tenaga matahari, air, panas bumi tersebut bisa atau dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

7. Lahan serta tanah dapat atau bisa dimanfaatkan untuk segala macam fungsi seperti pemukiman, perkotaan, serta lainnya.

8. Hewan serta tumbuhan dapat atau bisa dipakai sebagai sumber makanan.

9. Mikroorganisme memiliki peran di dalam mengurai sisa-sisa jasad hidup yang sudah atau telah mati.


Contoh Lingkungan Hidup di Bumi

Contoh-Lingkungan-Hidup

Lingkungan hidup ini kemudian terbagi menjadi 2 macam. Yang pertama yakni lingkungan alam serta yang kedua ini ialah lingkungan buatan. Di dalam dua macam lingkungan ini kemudian terdapat banyak ekosistem serta segala macam kehidupan yang terjadi.

1. Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami ini adalah lingkungan yang terbentuk dari proses alami. Terdiri dari segala macam sumber dari alam dan juga ekosistem serta komponen-komponen di dalamnya, baik itu berupa fisik ataupun juga biologis. Lingkungan hidup alami ini terbentuk dengan secara dinamis disebabkan karna mempunyai tingkat keberagaman atau bisa disebut juga dengan heterogenitas makhluk hidup serta juga organisme yang sangat tinggi.

Lingkungan hidup alami ini kemudian terdiri dari dua jenis ekosistem. Yang pertama ialah lingkungan darat serta yang kedua itu ialah lingkungan laut. Contoh-contoh dari lingkungan hidup dari alam diantaranya sebagai berikut :

Macam Macam Lingkungan Hidup dari Darat :

  1. Bukit
  2. Gunung
  3. Lembah
  4. Padang Rumput, dan
  5. Hutan

Contoh Macam Macam Lingkungan Hidup Laut :

  1. Laut
  2. Sungai
  3. Pantai
  4. Danau, dan
  5. Rawa

Di tiap-tiap bentuk-bentuk lingkungan tersebut diatas tentu memiliki ciri yang menjadi khas tersendiri bagi setiap kehidupannya. Baik itu makhluk hidup ataupun juga benda mati yang menjadi penyusunnya.


2. Lingkungan Hidup Buatan atau Binaan

Lingkungan hidup buatan ini adalah sebuah lingkungan yang terbentuk dari adanya keterlibatan campur tangan manusia. Lingkungan yang kemudian sengaja dibuat oleh manusia dengan dukungan teknologi yang dimiliki, baik hal itu teknologi yang sederhana atau pun juga modern guna membentuk lingkungan baru untuk menjadi lingkungan yang bisa ditempati.

Ciri-ciri dari lingkungan hidup buatan ini salah satunya adalah bentuknya yang terdapat 1 jenis saja atau bisa atau dapat dibilang kurang akan bervariasi. Serta kebanyakan dibuat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia saja.

Contoh dari lingkungan hidup buatan adalah :

  1. Perkampungan
  2. Jalan
  3. Pasar
  4. Sekolah
  5. Taman
  6. Kolam
  7. Sawah
  8. Kebun
  9. Waduk, dan
  10. Kawasan Industri

Lingkungan itu kemudian terbentuk dari campur tangan manusia. Sehingga dapat atau bisa tercipta suatu ekosistem makhluk hidup buatan.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli, Manfaat, Unsur, Jenis dan Contoh, kami berharap apa yang dijelaskan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Media Guided dan UnGuided
Baca Juga  √ Pengertian Majas
Baca Juga  √ Pengertian Telofase