√ Pengertian Biografi

Diposting pada

Pengertian Biografi

Pengertian Biografi

Pada kesempatan kali ini Pendidikanku.org akan memabahas mengenai apa itu biografi ? , ciri-ciri biografi ?, Struktur Biografi ? , Jadi , istilah Biografi berasal dari bahasa Yunani dari kata bios dan graphien. Arti kata bios adalah hidup dan graphien berarti tulis. Pengertian Biografi merupakan sebuah tulisan yang menjelaskan mengenai kehidupan seseorang. untuk lebih jelasnya, Pengertian Biografi ialah suatu kisah riwayat hidup seseorang. Biografi tersebut juga dapat diartikan sebagai suatu kisah maupun keterangan perjalanan kehidupan seseorang .
Pengertian BioGrafi
BioGrafi
Biografi tersebut dapat terdiri dari beberapa baris maupun lebih dari satu buku tergantung riwayat atau kisah orang tersebut.
Biografi itu juga terdiri dari biografi singkat serta biografi panjang, dimana biografi singkat itu hanya berisi fakta-fakta kehidupan seseorang serta peran yang penting orang tersebut. Sedangkan biografi panjang tersebut terdiri dari informasi penting yang dikisahkan dengan lebih detail serta ditulis dengan gaya bercerita yang baik dan benar.
Biografi tersebut dapat menceritakan kehidupan tokoh penting (terkenal dan tidak terkenal), namun tetapi biasanya Biografi tersebut bercerita tentang tokoh-tokoh sejarah baik yang hidup ataupun yang telah tiada. Namun tetapi sekarang ini biografi tersebut banyak ditulis secara kronologis.

Ciri Biografi

Berikut ini ciri-ciri biografi antara lain ialah sebagai berikut..
1. Biografi terdiri dari struktur: orientasi, peristiwa / masalah, dan reorientasi
2. Berisi informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi / cerita
3. Berdasarkan Fakta
4. Komponen penting didalam teks biografi ialah sebagai berikut
  1. Judul.
  2. Menarik serta mengesankan dari kehidupan tokoh yang diceritakan.
  3. Mengagumkan serta mengharukan dari kehidupan tokoh yang diceritakan.
  4. Dapat dicontoh serta diteladani dari kehidupan tokoh.

Struktur Biografi

Berikut ini adalah Struktur biografi antara lain sebagai berikut :
1. Orientasi: Orientasi adalah suatu bagian yang menjelaskan pengenalan dari tokoh yang berisikan gambaran awal tokoh yang diceritakan didalam biografi.
2. Peristiwa serta Masalah: Bagian peristiwa / kejadian yang menjelaskan sebuah peristiwa / kejadian pernah dialami, termasuk juga tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mengapai tujuan dan juga cita-citanya.
3. Reorientasi: Reorientasi merupakan bagian penutup yang menjelaskan pandangan penulis terhadap tokoh yang bersifat opsional.

Jenis Biografi

1. Biografi Berlandaskan dari Penulisnya

Berlandaskan penulisnya teks biografi ini kemudian dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya sebagai berikut :

Autobiografi, ini merupakan biografi yang dikutip sendiri oleh tokoh atau pun kiga orang-orang yang bersangkutan dengan autobiografi
Biografi, ini merupakan biografi yang dikutip atau pun ditulis oleh orang lain dengan izin langsung dari sang tokoh yang akan ia kisahkan didalam sebuah karya tulisnya.


2. Biografi Berlandaskan dari Isinya

Dengan berdasarkan dengan isinya, teks biografi ini kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Diantaranya ialah:

Biografi mengenai perjalanan hidup, ini merupakan biografi yang mengisahkan atau juga menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang atau pun juga biasa disebut dengan tokoh yang ditulis dengan secara lengkap serta jelas atau juga ditulis dengan secara ringkas.
Biografi mengenai perjalanan karir, ini merupakan biografi yang didalamnya mengisahkan atau juga menceritakan mengenai perjalanan karir seseorang tokoh dari awal mula perjalanan sampai ia berhasil guna menggapai sebuah kesuksesan serta menggapai segala cita-citanya yang telah ia impi-impikan selama ini.


3. Biografi Berlandaskan Persoalan yang Diulas

Dengan berdasarkan dengan persoalan yang diulas atau juga dibahas, teks biografi tersebut kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Buku sendiri, ini biografi yang semua biayanya ditanggung oleh diri sendiri atau juga oleh orang yang membuat biografi tersebut.
  2. Buku subsidi, ini merupakan biografi yang pembentukan atau juga pembuatannya dibiayai oleh pihak sponsor entah itu dari segi dari biaya percetakannya, biaya penulisannya, bahkan juga dari biaya-biaya lainnya yang tidak terduga kemudian ditanggung oleh pihak sponsor.

Cara Membuat Biografi

Membuat biografi ini tidak serta merta dapat dilakukan begitu saja, terdapat step by step atau pun cara yang harus di persiapkan oleh penulis, diantaranya sebagai berikut :

Tentukan siapa target yang akan di tulis biografinya.

Target ini adalah suatu objek yang akan di tulis perjalanan hidupnya dengan berdasarkan pada kantren ataupun juga tidak, terkenal atau tidak, sesuai dengan permintaan atau tidak, ataupun juga sesuai dengan keinginan pribadi maupun tidak. Paling penting kamu harus mempunyai dasar kuat di dalam menentukan target tersebut.


Melengkapi data, fakta, serta informasi.

Tulisan sesuai dengan tiga hal ini (data, fakta, dan juga informasi) agar tidak asal menulis saja. Tetapi terdapat suatu referensi yang jelas did alam penulis riwayat hidup target tersebut. data itu bisa di cari dengan melalui radio, media sosial, televisi, maupun Koran.


Menentukan judul.

Judul yang kamu tulis itu yang akan mewakili isi biografi anda, jadi pakailah judul yang baik dan benar serta tidak melancang jauh dari isinya.

Demikianlah Penjelasan Mengenai Pengertian Biografi, Ciri, Struktur, Jenis dan Cara Membuat, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education)
Baca Juga  √ Pengertian Perubahan Sosial
Baca Juga  √ Pengertian Kerjasama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *