Demografi Adalah

Diposting pada

Pengertian Demografi

Pengertian Demografi adalah

Berdasarkan etimology, kata dari Demografi ‘demograhie’ ini asalnya dari bahasa Latien, diantaranya dari kata   “demos” serta “raphien”. Kata Demos berarti penduduk dan untuk graphien berartikan catatan atau bahasan tentang sesuatu. Maka dengan berdasarkan kedua kata tersebut maka dapat disimpulkan bahawa Pengertian Demografi ini adalah catatan mengenai Penduduk.

Secara umum demografi ini merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai jumlah, persebaran wilayah, dan juga juga komposisi penduduk. Perubahan dan juga sebab perubahan tersebut yang biasanya muncul karna adanya perpindahan penduduk,  kelahiran, serta mobilitas sosial.

Demografi di dalam ekonomi kemudian dikenal dengan gaya hidup. Gaya hidup disini adalah tentang bagaimana seseorang itu menjalankan apa yang sudah menjadi konsep di dalam dirinya yang ditentukan oleh ciri serta karakteristik individu yang timbul dan juga terbentuk sejak lahir serta dengan seiring berlangsungnya interaksi sosial selama mereka menjalani siklus kehidupan. Pengertian demografi ini kemudian menujukan pada adanya konsep gaya hidup konsumen itu sedikit berbeda dari kepribadian. Gaya hidup ini terkait dengan bagaimana cara seseorang hidup.


Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Agar dapat mengerti lebih lagi mengenai Demografi ini, maka kita perlu untuk merujuk pada pendapat beberapa para ahli, diantaranya sebagai berikut :

Multilingual Demographic Dictionary (IUSSP, 1982)

Multilingual Demographic Dictionary (IUSSP, 1982)


Philip M. Hauser dan Dudley Ducan (1959)

Philip M. Hauser dan Dudley Ducan (1959)


Donald J.Bogue (1973)

Donald J.Bogue (1973)


PBB (1958)

PBB (1958)


Pressat (1985)

Pressat (1985)


Demografi dan kependudukan tersebut sama-sama mempelajari mengenai penduduk sebagai sebuah kumpulan (agregates atau collection), bukan mempelajari mengenai penduduk hanya sebagai individu. Dengan demikian yang dimaksud dengan penduduk tersebut merupakan sebuah sekelompok orang yang bertempat tinggal pada suatu wilayah, seperti pada apa yang tercantum di dalam  UU RI Nomor. 10 Thn 1992 bahwa penduduk itu adalah orang yang di dalam matranya sebagai diri pribadi, anggota keluarga, anggota masyarakat, warga negara dan juga himpunan kuantitas yang bertempat tinggal pada suatu tempat di dalam batas wilayah negara pada waktu tertentu.


Tujuan Demografi

Dengan berdasarkan pengertian demografi diatas, maka tentu terdapat tujuan tertentu, diantaranya :

  1. Guna mengembangkan mengenai hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk tersebut dengan segala macam aspek organisasi sosial,
  2. Guna menjelaskan megnenai pertumbuhan masa lampau, untuk penurunannya dan juga persebarannya dengan sebaik-baiknya serta juga dengan data yang tersedia,
  3. Guna mempelajari kuantitas dan juga distribusi penduduk terdapat di dalam wilayah atau daerah tertentu,
  4. Guna mencoba meramalkan mengenai pertumbuhan penduduk dimasa yang akan datang dan juga kemungkinan mengenai konsekuensinya.

Manfaat Demografi

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari demografi diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Membantu pemerintah guna melakukan evaluasi kinerja pembangunan. Di dalam hal ini, pemerintah kemudian bisa melihat mengenai jumlah komposisi penduduk di masa lalu dan sekarang. beserta faktor-faktor yang juga ikut mempengaruhinya.
  2. Membantu pemerintah di dalam merencanakan pembangunan di seluruh bidang, mulai dari bidang pendidikan, perpajakan, pertanian, kemiliteran dan lain sebagainya.
  3. Dapat mengetahui mengenai tingkat pada perkembangan ekonomi di suatu negara, hal tersebut kemudian dilakukan dengan cara melihat mengenai jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan, kemudian jumlah pada persentasi penduduk yang telah bekerja dan lain sebagainya.
  4. Serta juga mengetahui mengenai  tingkat harapan hidup rata-rata penduduk.

Variabel Demografi

Selain itu , demografi tersebut juga memiliki variabel utama yang paling berpengaruh terhadap perubahan pada komposisi penduduk diantaranya ialah umur, jumlah, sebaran dan juga jenis kelamin. Variabel itu diantaranya :

  1. Kelahiran (fertilitas atau natalitas)
  2. Kematian (death/mortalitas)
  3. Migrasi (perpindahan)

Aspek Demografi

Aspek yang berkaitan dengan demografi secara umum diantaranya :

Jumlah Penduduk

  1. Jumlah penduduk tersebut adalah jumlah warga perkapita yang kemudian menjadi acuan dari perhitungan demokrasi.
  2. Apabila jumlah penduduk sangat tinggi maka pendapatan perkapita tersebut tentu juga sangat tinggi. Walaupun pengeluaran perorangan tersebut sangat rendah.

Faktor-faktor Non Ekonomi

Faktor ekonomi ini misalnya seperti pada pola hidup sehat, perubahan etika, kebiasaan makan.


Komposisi Penduduk

Komposisi terhadap tingkat konsumsi itu ada tiga,

  • makin banyak penduduk yang berusia kerja produktif yakni diantara 15-64 tahun rata-rata, serta juga akan makin besar tingkat konsumsi. Sehingga tentu akan semakin banyak penduduk bekerja, hal tersebut akan berdampak pada penghasilan yang makin tinggi pula.
  • semakin tinggi pendidikan, maka tentu akan semakin tinggi juga tingkat konsumsinya, sehingga padasaat seseorang makin tinggi pendidikannya tentu akan membuat kebutuhan hidupnya akan ikut banyak juga.
  • semakin banyak penduduk yang tinggal di wilayah kota, hal tersebut akan berdampak pada pengeluaran konsumsi yang juga akan semakin tinggi. Sebab pada dasarnya masyarakat perkotaan tersebut lebih konsumtif jika dibandingkan dengan pedesaan.

Distribusi Penduduk

Penyebaran penduduk yang berkaitan dengan aspek geografis tempat tinggal seseorang. Wilayah. Faktornya ini ialah geografis, ekonomi, sosial dan juga politik. Berbicara distribusi penduduk tersebut artinya akan berhubungan juga dengan pola pemukiman penduduk.


Komponen Demografi

Komponen demografi tersebut ialah mengenai segala sesuatu yang menggambarkan/memperlihatkan dinamika sosial dilingkungan masyarakat. Dibawah ini merupakan komponen-komponen demografi diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Fertilitas (kelahiran)
2. Mortalitas (Tingkat kematian suatu daerah)
3. Perkawinan
4. Mobilitas Sosial (Perubahan Status Penduduk)
5. Migrasi

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Demografi, Variabel, Tujuan, Aspek dan Komponen, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
Baca Juga  √ Kebugaran Jasmani Adalah
Baca Juga  √ Pengertian VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie)