√ Pengertian Pembuluh Balik (Vena)

Diposting pada

Pengertian Pembuluh Balik Vena

Pengertian Pembuluh Balik (Vena)

Pembuluh balik (Vena) adalah suatu pembuluh darah yang menghantar darah itu menuju ke jantung. Darah dari kapiler didalam jaringan tubuh kembali ke jantung dengan melalui dengan venula, setelah itu ke pembuluh balik (vena). Pembuluh balik atau vena itu mempunyai atau memiliki dinding lebih tipis, tidak elastis, serta tidak berdiamater lebih lebar daripada pembuluh nadi. ini disebabkan karena darah didalam perjalanannya kembali ke jantung mempunyai tekanan yang sangat rendah.

Tekanan yang rendah itulah yang menyebabkan darah cenderung mengalir kembali meninggalkan jantung. Untuk dapat mencegah peristiwa itu, pembuluh balik mempunyai banyak katup yang memastikan darah itu untuk dapat mengalir ke satu arah menuju jantung. Tekanan darah yang rendah pada pembuluh balik itu akan menyebabkan tidak terasa adanya denyutan sehingga darah itu kemudian hanya menetes (tidak memancar) jika pembuluh balik terluka. Pembuluh balik tersebut terletak di dekat dengan permukaan tubuh yang tampak kebiru-biruan.

Pembuluh balik itu  berfungsi untuk dapat menyalurkan darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung. Pembuluh itu dilalui darah yang mengandung banyak sekali karbon dioksida, kecuali pada pembuluh balik dari paru-paru menuju ke arah jantung (pembuluh balik paru-paru atau vena pulmonalis) yang dilalui darah tersebut mengandung banyak sekali oksigen.

Pembuluh balik (vena) yang besar terdapat 2 macam, yaitu :

  1. Pembuluh balik besar atas (vena kava superior)
  2. Pembuluh balik besar bawah (vena kava inferior).

Pembuluh balik besar atas itu menerima darah dari tubuh bagian atas, yakni kepala serta lengan. Pembuluh balik besar bawah itu menerima darah dari tubuh bagian bawah, yakni badan serta juga kaki.

Kesimpulan : 
Fungsi Pembuluh Balik (Vena)  itu adalah untuk Menyalurkan darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung.


Struktur Dan Fungsi Pembuluh Balik (Vena)

Fungsi dari pembuluh balik ialah menyalurkan atau juga membawa darah dari seluruh tubuh itu menuju jantung. Struktur Pembuluh Balik (vena) ialah :

Struktur-dan-fungsi-vena.jpg


Jenis Pembuluh Balik (Vena)

Dibawah ini merupakan jenis dari pembuluh balik vena, diantaranya sebagai berikut :

Vena Pulmonalis atau juga vena paru-paru

Adalah suatu pembuluh darah yang banyak sekali mengandung oksigen dari paru-paru menuju ke antrium kiri jantung. Vena pulmonalis  itu terbagi atas 2 macam yaitu :

  1. Vena pulmonalis kanan.
  2. Vena pulmonalis kiri.

Vena Cava atau juga vena sistemik

Adalah suatu pembuluh darah yang membawa darah itu dari seluruh tubuh menuju ke jantung pada bagian antrium kanan. Vena cava itu terbagi dari 2 yakni:

  1. vena cava superior
  2. vena cava interior.

Vena Superfisialis

Vena cava superfisialis adalah suatu pembuluh balik yang terletak didekat dengan permukaan kulit serta jufa tidak terletak dekat dengan arteri yang tepat.


Vena Dalam

vena dalam (deep vein) adalah suatu pembuluh darah vena yang menyertai arteri dan juga biasanya tersimpan didalam selubung pembungkus vena serta juga arteri


Ciri Pembuluh Balik (Vena)

  1. Pembuluh balik yang dinding lebih tipis,
  2. Pembuluh yang tidak elastis, serta juga berdiamater lebih lebar daripada pembuluh nadi
  3. Pada umumnya terletak dekat dengan permukaan tubuh  serta juga tampak kebiru-biruan
  4. mempunyai ukuran yang berdiamater  hingga 1,5 centimeter
  5. Mengandung banyak sekali karbon dioksida.

Proses Kerja Pembuluh Darah Vena

Terdapat beberapa proses kerja pembuluh darah vena yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Dari seluruh tubuh, pembuluh darah vena itu bermuara menjadi 1 pembuluh darah vena besar, yang disebut dengansebutan  vena cava.
  • Pembuluh darah tersebut kemdian masuk ke jantung dengan melalui serambi kanan.
  • Darah kapiler di dalam jaringan tubuh kembali ke jantung dengan melalui dengan venula, setelah itu ke pembuluh balik atau juga vena, ini terjadi disebabkan karna darah dalam perjalanannya kembali ke jantung mempunyai tekanan yang sangat rendah.
  • Tekanan yang rendah itu akan dapat atau bisa menyebabkan darah cenderung mengalir kembali meninggalkan jantung, untuk mencegah kejadian atau peristiwa itu, pembuluh balik mempunyai banyak katup yang akan memastikan bahwa darah mengalir ke 1 arah yang menuju jantung. Tekanan darah yang rendah di dalam pembuluh balik itu kemudian akan menyebabkan tidak terasa adanya denyutan sehingga darah hanya menetes “tidak memancar” jika pembuluh balik terluka.
  • Setelah terjadi pertukaran gas diparu-paru, darah mengalir ke jantung lagi dengan melalui vena paaru-paru.
  • Pembuluh darah vena tersebut akan membawa darah yang kaya akan oksigen. Jadi, darah di dalam seluruh
  • pembuluh darah vena itu banyak mengandung karbon dioksida kecuali pada vena Pulmonalis.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Pembuluh Balik Vena, Ciri, Jenis, Struktur dan Fungsi, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Proses Dan SubProses
Baca Juga  √ Pengertian Bioteknologi
Baca Juga  √ Pengertian Filsafat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *