√ Cover Buku Adalah

Diposting pada

Pengertian Cover Buku

Pengertian Cover Buku Adalah

Pendidikanku.Org – Cover buku (Sampul buku) merupakan cermin dari keseluruhan isi buku. Letak sampul atau cover buku ini berada di bagian terluar dari sebuah buku.

Cover Buku (sampul buku) ini merupakan pelindung bagian dari isi buku yang berupa lembaran-lembaran dan juga untuk melengkapi, mendukung, serta menguatkan isi dari buku. fungsinya ialah sebagai pengikat dari isi buku supaya tidak mudah lepas, selain itu fungsi cover/sampul buku ini juga untuk menandai buku supaya lebih mudah dikenali dan juga memberikan sedikit informasi dari isi buku tersebut.


Untuk Apa Cover Buku Dibuat ?

Cover buku atau sampul buku ini merupakan tampilan awal dari cerita yang sudah dibuat oleh penulis. Sehingga cover buku ini kemudian dibuat semenarik dengan tujuan agar buku itu memiliki nilai jual yang tinggi. Membuat cover buku ini tidak bisa langsung jadi begitu saja, terdapat proses yang disebut dengan proses desain. Sebelum masuk pada proses desain, sebaiknya yang perlu dilakukan adalah menentukan konsep desainnya terlebih dahulu dengan orientasi pada isi yang ada di dalam buku.

Membuat konsep desain ini sebaiknya dilakukan oleh penulis, hal ini karna si penulislah yang tahu secara detail isi dari buku yang dibuat.

Bagi kalian seorang penulis buku atau pun juga orang yang suka desain bisa menggunakan beberapa aplikasi pembuat cover buku, dengan aplikasi ini tentu akan mempermudahkan kalian untuk membuat cover/sampul buku sendiri, kalian bisa membaca pada artikel : Aplikasi Pembuat Cover Buku Biar Jadi Lebih Keren dan Menarik


Bagian Dari Cover/Sampul Buku

Pada Cover buku itu terdiri dari 3 bagian utama diantaranya :

  1. Sampul Depan
    Biasanya sampul depan ini terdiri dari Judul Buku serta Nama Penerbit
  2. Sampul Belakang
    Biasanya berupa ringkasan penjelasan atau pun petunjuk dari isi buku, Nama Penerbit dan juga barcode ISBN
  3. Punggung Buku (samping buku)
    Judul Buku, Nama Penulis dan juga Nama Penerbit. Pada punggung buku ini juga harus sesuaikan ketebalan buku, apabila terlalu tipis sebaiknya tidak perlu menggunakan.

Unsur Cover/Sampul Buku

Cover buku yang baik umumnya memenuhi unsur-unsur cover buku itu sendiri. nah unsur dari cover buku ada 2 yaitu fisik dan non fisik :

1. Unsur Fisik

  1. Nama Penulis Buku
  2. Judul buku
  3. Logo penerbit
  4. Desain ilustrasinya
  5. Menampilkan ulasan penilaian tentang isi buku

2. Unsur nonfisik

  1. Kesatuan
  2. Keterkaitan ilustrasi dan isi
  3. Keindahan
  4. Irama

Jenis Cover Buku

Cover buku ini mulanya berbentuk Hardcover, namun seiring dengan berkembangnya zaman, maka hadir cover buku berjenis Paperback (Softcover) hal ini bertujuan untuk memudahkan untuk dibawa serta lebih murah harganya.

Berikut penjelasan Jenis Cover Buku :

Paperback (Softcover)

Paperback (Softcover) merupakan cover buku berbahan kertas sedikit tebal serta lentur yang ketebalannya variatif mulai dari 210 gsm sampai 310 gsm. Softcover ini umumnya menggunakan jenis kertas Art Carton serta kertas Ivory yang dilaminasi glossy atau juga doff.


Hardcover

Hardcover merupakan cover buku berbahan tebal, keras dan juga kaku. Hardcover ini terdiri dari Carton Board (papan berbahan kertas) yang kemudian dilapisi kertas tipis seperti Art Paper 120 gsm atau 150 gsm, serta terdapat tali pita pembatas.

Jenis cover buku ini digunakan sesuai dengan kebutuhan (segmen), Hardcover ini digunakan untuk memberi kesan eksklusif buku. sedangkan softcover ini untuk mempermudah untuk dibawa dan harga lebih murah tapi tetap rapih dan elegan.

Nah itulah pembahasan tentang Pengertian Cover Buku, Jenis, Bagian, Unsur, Jenis, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Investasi Bisnis Adalah
Baca Juga  √ Pengertian Hidrosfer
Baca Juga  √ Pengertian Komunikasi Bisnis