√ VGA Card Adalah

Diposting pada

Pengertian VGA Card

Pengertian Vga Card Adalah

Pendidikanku.Org – Apa itu VGA Card ? VGA Card adalah perangkat keras (hardware) komputer yang memiliki peran di dalam memproses informasi grafis pada komputer sehingga mampu ditampilkan di layar komputer, TV atau proyektor. VGA Card ini juga memiliki bagian prossesor yang disebut dengan GPU atau Grapivs Processing Unit serta membutuhkan beberapa jumlah memory.

Banyak dari kita yang tidak menyadari pentingnya VGA Card ini guna menujang kreativitas sesuai dengan kegunaan dari VGA Card ini yang sudah tertanam langsung dikomputer atau laptop (VGA Onboard)  jadi kalau hanya untuk pekerjaan perkantoran seperti browsing dan ms office tidak terlalu membutuhkan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

Tapi kalau kalian adalah seorang kreator atau editor pasti memerlukan VGA Card dengan spesifikasi tinggi karna akan membantu dalam kreativitas tersebut.

Baca Artikel Menarik Tentang : 11 Rekomendasi VGA Gaming Murah


Apa Fungsi VGA Card

VGA Card disebut juga video card, graphic card, display adapter atau graphic adapter memiliki fungsi penting yakni mengolah informasi grafis di komputer seperti merender grafis 2D ataupun juga 3D, decoding MPEG-2/MPEG4. Selain itu VGA card inipun mampu untuk menghubungkan komputer dengan perangkat TV maupun ke beberapa monitor sekaligus (multi-monitor). VGA card tersebut memiliki sound card sehingga akan mampu menghasilkan output sound ke perangkat yang terhubung seperti TV.

VGA card ini saling terhubung dengan CPU (central processing unit), sehingga akan mampu untuk mengambil data dari CPU setelah itu akan memprosesnya sehingga nanti akan tampil di layar monitor.


Apa Sih Bagian – bagian VGA Card ?

VGA card ini terbentuk dari sebuah papan sirkuit dengan segala macam komponen yang melekat diatasnya. Komponen-komponen itu diantaranya ialah:

1. Graphics Processing Unit

Graphics Processing Unit (GPU) disebut juga dengan Visual Processing Unit (VPU) merupakan sebuah sirkuit yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat serta kemudian memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer. Singkatnya GPU ini mirip dengan CPU, tetapi apabila GPU didesain hanya untuk menangani grafis saja.


2. Heat Sink

Untuk jenis VGA card yang baru itu dilengkapi dengan heat sink yang fungsinya itu untuk meratakan suhu yang ada di graphics processing unit (GPU). Biasanya heat sink ini juga dilengkapi dengan sebuah kipas yang membantu untuk mengeluarkan udara panas yang terdapat pada VGA card.

Tetapi pada beberapa jenis VGA card yang berkualitas rendah itu tidak dilengkapi dengan heat sink, namun hanya menggunakan cairan pendingin atau pasta sebagai gantinya.


3. Memory

Memory merupakan tempat semua tekstur serta juga informasi grafis itu disimpan. GPU itu mengambil data dari memori setelah itu memprosesnya kemudian disimpan kembali di memori untuk nantinya disalurkan ke RAMDAC sehingga bisa tampil dilayar monitor anda.

RAMDAC atau Random Access Memory Digital to Analog Converter berrperan untuk mengontrol gambar digital yang nantinya akan dikonversi menjadi signal analog yang membuat gambar itudapat tampil di monitor.

Jenis Memory VGA

  1. DRAM (Dynamic RAM)
    Berkecepatan 80 ns atau 70 ns, terdapat juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang memakai DRAM berlapis. DRAM ini dipakai pada banyak kartu grafik 8, 16, atau 32 bit. Penggunaan DRAM ini ditujukan untuk komputer tingkat entry level, yang tidak memerlukan kecepatan tinggi serta juga warna yang banyak.
  2. EDO RAM
    Berkecepatan 60 ns sampai pada 35 ns, EDO RAM ini banyak ditemui dikartu grafik 64 bit. EDO RAM umum mempunyai speed 60 MHz 60/40ns.
  3. VRAM (Video RAM)
    Berkecepatan 20 atau 10 ns, Penggunaan VRAM dikartu VGA ini ditujukan untuk komputer kelas atas. VRAM tersebut biasa dipasang pada VGA yang difokuskan untuk desain grafis.
  4. SGRAM (Synchronous Graphic RAM)
    Berkecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM ini banyak digunakan dikartu grafik kelas tinggi yang memiliki kemampuan 3D accelerator.
  5. RAMBUS
    RAMBUS ini jumlahnya masih sedikit (RAMBUS merupakan memori yang dipakai pada mesin-mesin game, seperti: Nintendo serta Sega).

Apa Sih Jenis Atau Tipe Slot dari VGA Card ?

Terdapat beberapa jenis VGA card diantaranya adalah:

ISA (Slot Industry Standard Architecture) Tahun 1980-an

ISA BUS
ISA BUS

ISA merupakan jenis kartu VGA yang mana sering dimasukkan pada bagian slot ekspansi ISA bus yang masih memiliki isistem I/O 8 bit dan juga bisa di sekitar 16 bit. VGA card dengan jenis ISA ini hanya mampu mengirimkan data 2 sampai 3 megabytes per detik.


EISA (Extended Industry Standard Architecture) Tahun 1988

EISA BUS
EISA BUS

EISA ini merupakan jenis kartu VGA yang sering dipasangkan di slot ekspansi EISA yang terdapat pada bus dengan sistem I/O 32 bit.


PCI (Pheriperal Component Interconnect) Tahun 1990-an

PCI-Bus
PCI-Bus

PCI ini merupakan jenis kartu VGA yang dipasangkan pada bagian slot PCI bus yang mempunyai sistem I/O dengan 32 bit atau bisa juga 64 bit. Slot jenis ini dirancang supaya GPU tersebut bisa lansung mengambil data dari memory tanpa harus memakai CPU.

Hal tersebut tentu membuat CPU menjadi lebih longgar di dalam mengolah data yang lain. PCI ini mampu menghantarkan data sampai pada 132 megabytes per detik


AGP (Accelerated Graphics Port) Tahun 1996

AGP-Bus
AGP-Bus

AGP ini merupakan salah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot dari ekpansi AGP bus yang mempunyai sistem I/O dengan 128 bit ataun 256 bit.

AGP ini juga mengalami peningkatan serta mempunyai 4 macam versi berdasarkan pada speednya, yakni AGP 1X, 2X, 4X, dan 8X. Angka itu mewakili kecepatan dari AGP itu sendiri. AGP 8X adalah yang tercepat diantaranya versi lainnya dengan kecepatan transfer sampai pada 2,1 gigabytes per detik.


PCI Ekspress Tahun 2004

PCI-Express-Bus
PCI-Express-Bus

PCI EKspress ini merupakan jenis dari kartu VGA yang mana ketika dimaksuukan slot ekspansi PCI ekspress bus yang mempunyai rangkai sistem I/O nya dengan kecapatan transfer yang benar cepat yang sampai mencapai 32 GB/s. PCI Express ini adalah peningkatan teknologi dari jenis PCI yang lama.

Nah itulah penjelasan tentang Pengertian VGA Card, Jenis/Tipe, Fungsi dan Bagiannya. Semoga apa yang diuraikan bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Baca Juga  √ Aset-Led Marketing Adalah
Baca Juga  √ Pengertian Apatis
Baca Juga  √ Pengertian Interaksi Manusia Komputer