√ Manajemen Keuangan Adalah

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan Adalah

Pendidikanku.Org – Manajemen Keuangan ( Finance Management) ini merupakan seluruh aktivitas ataupun kegiatan perusahaan di dalam rangka penggunaan dan juga pengalokasian dana perusahaan secara efisien.

Read More

Adapun tujuan menajemen keuangan ini ialah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau pun memberikan nilai tambah terhadap aset yang dimiliki.

Manajemen Keuangan ini merupakan suatu proses di dalam suatu kegiatan atau aktivitas keuangan perusahaan yang berkaitan dengan upaya di dalam mendapatkan dana perusahaan serta juga meminimalkan biaya perusahaan dan upaya pengelolaan keuangan suatu badan usaha atau juga organisasi untuk bisa  mencapai tujuan keuangan yang sudah ditetapkan.


Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lagi mengenai Manajemen Keuangan ini, maka kita perlu merujuk pada pendapat para ahli, diantaranya :

Musthafa (2017:3)

Manajemen Keuangan Menurut Musthafa (2017:3)


Sartono (2011:50)

Manajemen Keuangan Menurut Sartono (2011:50)


Darsono (2011:101)

Manajemen Keuangan Menurut Darsono (2011:101)


Sudana (2011)

Manajemen Keuangan Menurut Sudana (2011)


Martono dan Harjito, 2008

Manajemen Keuangan Menurut Martono dan Harjito, 2008


Konsep Manajemen Keuangan

Menejemen keuangan ini adalah menejemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Sedangkan untuk fungsi keuangan adalah kegiatan utama yang perlu untuk dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab di dalam bidang tertentu. Fungsi menejemen keuangan ini ialah untuk menggunakan dana serta menempatkan dana.

Manajemen keuangan ini berkaitan dengan 3 aktivitas, diantaranya ialah sebagai berikut:

Tujuan Manajemen Keuangan diantaranya sebagai berikut

  1. Aktivitas pengelolaan aktiva, ini merupakan setelah dana diperoleh serta juga dialokasikan di dalam bentuk aktiva, dana wajib dikelola dengan efisien .
  2. Aktivitas penggunaan dana, adalah suatu aktivitas untuk bisa menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  3. Aktivitas perolehan dana, ini merupakan kegiatan atau aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik itu dari sumber dana internal maupun itu sumber dana eksternal suatu perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan ini ialah untuk dapat memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan perusahaan ialah guna maksimalisasi untuk kesejahteraan pemilik perusahaan. Kesejahteraan dari pemegang saham tersebut juga ditunjukan dengan melalui harga pasar suatu perusahaan, yang berarti ini merupakan refleksi dari keputusan investasi, pendanaan dan juga aktiva manajemen. .

Di dalam manajemen dalam bisnis perusahaan terdapat individu yang kemudian di kelompokkan lagi  menjadi tiga kelompok yaitu :

  1. Manajemen eksekutif ini merupakan penanggung jawab dari fungsi-fungsi : pembelanjaan, pemasaran, pambiayaan, produksi, dan juga akutansi.
  2. Kelompok manajemen ( operational menegement ) atau juga tingkat pelaksana yakni, meliputi para suvervisor.
  3. Kelompok manajemen menengah ini adalah, meliputi kepala department, manajer devisi, dan manager cabang.

Fungsi Manajemen Keuangan

Menurut Agus Hartijo, Fungsi Manajemen Keuangan diantaranya sebagai berikut :

Keputusan Investasi (Investment Decision)

Investasi ini merupakan sebagai penanaman modal di dalam suatu perusahaan pada aktiva riil ataupun aktiva finansial. keputusan finansial ini adalah suatu keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola oleh perusahaan. Keputusan Investasi itu nantinya akan berpengaruh secara langsung terhadap besarnya (return on investment) ataupun pada rentabilitas investasi serta aliran kas perusahaan dimasa yang akan datang.


Fungsi Pendanaan (Financing Decision)

Keputusan pendanaan ini dengan mempelajari sumber- sumber dana yang ada di sisi pasiva. oleh karena itu dibutuhkan sekali perhatian sumber dana yang biayanya paling minimal serta juga syarat- syarat yang menguntungkan. Pemenuhan dana itu bisa dilakukan dengan cara sumber intern dan juga sumber ekstern perusahaan.


Keputusan Deviden (Dividend Decision)

Keputusan ini kemudian dilakukannya untuk menentukan, hal-hal berikut :

  1. Dividen saham (Stock dividend).
  2. Pemecahan saham (Stock split) .
  3. Besarnya persentase laba yang bisa dibagikan kepada para pemegang saham itu dalam bentuk cash dividen,
  4. Stabilitas dividen yang akan dibagikan.
  5. Penarikan kembali saham yang telah beredar.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan berkaitan dengan 3 aktivitas. Dibawah ini merupakan aktivitas dalam ruang lingkup manajemen keuangan :

1. Aktivitas Penggunaan Dana

Aktivitas penggunaan dana ini merupakan aktivitas guna menginvestasikan dana pada berbagai aktiva. Alokasi dana tersebut berbentuk financial assets (aktiva finansial) serta real assets (aktiva riil).


2. Aktivitas Perolehan Dana

Aktivitas perolehan dana ini merupakan aktivitas guna mendapatkan sumber dana. Sumber dana baik dari sumber dana internal atau external perusahaan.


3. Aktivitas Pengelolaan Aktiva

Aktivitas pengelolaan aktiva ini merupakan setelah dana diperoleh serta dialokasikan dalam bentuk aktiva. Dana ini harus dikelola seefisien mungkin.


Prinsip Manajemen Keuangan

Ada beberapa prinsip dari manajer keuangan yang harus diterapkan di tiap-tiap perusahaan, diantaranya

Akuntabilitas

Akuntabilitas ini merupakan kewajiban moral serta hukum yang terdapat di dalam sebuah perusahaan. Sehingga bisa diketahui darimana dana itu diperoleh, dana itu dipakai untuk apa saja, dan juga bagaimana perusahaan itu memakai dana tersebut. Seluruh pihak serta aspek di perusahaan itu harus tahu bagaimana dana dan juga wewenang itu dipakai.


Konsistensi

Sistem keuangan perusahaan tersebut harus dilakukan dengan secara konsisten, bukan berarti perusahaan tersebut tidak boleh mengganti sistem yang sudah berjalan. Tetapi dengan adanya pergantian tersebut menandakan adanya penggunaan dana yang tidak stabil.


Kelangsungan Hidup

Manajer keuangan itu juga harus bisa merencanakan keuangan supaya perusahaan tersebut dapat terus berjalan serta hidup. Manajer keuangan itu juga harus memiliki strategi keuangan yang tepat.


Transparansi

Perusahaan itu harus transparan dan juga terbuka terhadap keuangan suatu perusahaan. Perusahaan tersebut juga harus menyediakan informasi mengenai aktivitasnya dengan orang yang berkepentingan. Keuangan yang akurat, lengkap, serta rapi bisa diakses dengan mudah oleh tiap-tiap manajer yang berkepentingan.


Standar Akuntansi

Sistem akuntasi yang berlaku di tiap-tiap perusahaan itu haruslah sama. Yang artinya semua akuntan di seluruh dunia itu bisa paham serta mengerti mengenai sistem akuntasi yang sama.


Integritas

Catatan dan laporan keuangan itu harus dan perlu dijaga integritasnya dengan baik. Laporan keuangan tersebut wajib dibuat selengkap serta seakurat mungkin.


Pengelolaan

Perusahaan itu harus dapat mengelola keuangan perusahaan dengan tepat. Perusahaan tersebut juga harus bisa menjamin bahwa dana yang sudah dianggarkan bisa dipakai sesuai dengan tujuan serta  rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Manajemen Keuangan, Ruang Lingkup, Prinsip, Fungsi, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Kinerja Keuangan
Baca Juga  √ Pengertian Aktiva dan Pasiva
Baca Juga  √ Pengertian Bisnis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *