Cara Menghilangkan HP Yang Disadap

Diposting pada
Rate this post

Cara Mengetahui HP Disadap dan Cara Mengatasi HP Disadap

HP Disadap

Cara Menghilangkan HP Yang Disadap – Penyadapan HP tentu melanggar hukum dan merupakan salah satu perilaku yang bisa dikenakan sanksi, Penyadapan tersebut bisa terjadi karena adanya tipu muslihat yang di ciptakan sedemikian rupa, misalnya seperti kalian mengunduh aplikasi penyadap yang aslinya hp kalianlah yang tersadap.

Dan tidak hanya itu masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk bisa mengakses hp kalian tanpa diketahui.

Tentunya hal tersebut harus cepat diatasi karena berkaitan dengan identitas dan privasi kalian, nah tapi jangan khawatir karena pada kesempatan ini kita akan mengulas apa sih ciri-ciri hp yang disadap serta bagaimana cara mengatasi hp yang disadap.


Ciri – Ciri Hp Disadap

Sebelum kita mengulas tentang cara mengatasi hp yang disadap, ada baiknya kita mengetahui apa sih ciri – ciri hp yang tersadap, berikut ulasannya :

  1. Baterai ponsel cepat terkuras habis meski tidak kalian gunakan
  2. Suhu Hp kalian panas
  3. Ada suara berisik maupun gema disaat kalian sedang menelepon
  4. Volume suara sering naik turun sendiri pada saat kalian sedang menelepon
  5. Sulit untuk mendapatkan sinyal walaupun kalian berada di tempat yang punya sinyal tinggi
  6. Pesan sudah terbaca padahal kalian belum buka
  7. Kuota internet cepat terkuras habis
  8. Ada aplikasi yang terinstall di hp kalian tanpa diketahui
  9. Ada iklan yang tidak semestinya
  10. Ada SMS dengan tulisannya aneh

Kalau hp kalian masuk kedalam ciri diatas kemungkinan hp kalian disadap, tapi jangan khawatir karena di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hp yang disadap.


Cara Mengatasi HP Disadap

Terdapat beberapa cara dan langkah awal yang perlu kalian lakukan untuk memastikan hp kalian beneran tersadap apa belum, diantaranya seperti

1. Cek Penyadapan dengan Kode *#21#

Kalian bisa mencoba mengakses kode *#21# di hp kalian setelah itu telpon menggunakan sim 1 atau sim 2, maka disana akan terdapat notifikasi tentang panggilan yang diteruskan atau tidak,

apabila tidak diteruskan maka hp kalian aman dan tidak tersadap, selain kode tersebut, kalian juga bisa menggunakan kode *#61# ini sama saja seperti *#21#.

Jadi kalian bisa pilih salah satu, apabila hp kalian aman dan tidak tersadap maka akan seperti gambar di bawah ini.

Cara mengatasi Hp disadap


2. Nonaktifkan HP Yang Disadap dengan Dial Up Rahasia ##002#

Apabila setelah cara diatas ada panggilan yang diteruskan maka kalian bisa mengakses dial  ##002# yang berguna untuk mematikan panggilan yang diteruskan.

Cara ini bisa kalian lakukan untuk menonaktifkan penyadapan, jadi dengan kalian mengakses ##002# yang berfungsi untuk mematikan seluruh bentuk pengalihan panggilan di hp kalian.

Nanti saat kalian mengakses kode tersebut, akan muncul notifikasi bahwa “Penerusan Panggilan Penghapusan Berhasil”, seperti gambar dibawah ini

Cara mengatasi Hp disadap


3. Ubah Kata Sandi

Mengetahui adanya kejanggalan di hp kita, respon yang baik adalah dengan mengganti password akun gmail, facebook dan lain sebagainya, hal ini untuk meminimlisir adanya penggunaan akun kalian oleh orang lain. Selain itu juga untuk mengamankan data yang di backup di media cloud, seperti google drive dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu akun yang berkaitan dengan uang pun harus di ganti atau di nonaktifkan sementara, hal ini penting mengingat bahwa hal yang harus di lakukan untuk meminimalisir orang menggunakan akun kita adalah dengan mengganti password secara berkala.


4. Hard Reset HP kalian

Setelah kalian melakukan hal-hal diatas, kemungkinan si penyadap masih bisa kembali mengakses hp kalian, karena masih terdapat beberapa file yang tertinggal, disembunyikan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu penting buat kalian untuk menghard reset hp kalian, agar semua kembali normal, karena pada dasarnya hard reset ini mengatur ulang HP kalian seperti saat kalian beli hp tersebut.

Nah cara hard reset ini sedikit berbeda di tipe Hp, jadi kalian bisa cari sesuai dengan tipe HP kalian, namun umumnya cara hard reset hp bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

  1. Baterai harus dalam keadaan 70% keatas
  2. Matikan HP Kalian.
  3. Kemudian Tekan tombol volume up + tombol Home + tombol power secara bersamaan
  4. Setelah pilih Wipe Data > Yes
  5. Setelah Setelah Wipe Cache > Yes
  6. Reboot System Now
  7. Selesai.

Akhir Kata

Jadi diatas merupakan langkah-langkah awal yang perlu apabila kalian merasa hp kalian disadap, penting sekali untuk menjaga privasi kita tetap aman, jadi perlu adanya pengetahuan akan hal tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab mengakses hp kalian, bahkan apabila kalian masuk kedalam perangkapnya hanya dengan sekali klik oknum tersebut bisa mengakses hp kalian.

Umumnya berbentuk link yang dikirimkan lewat group fb, whatsapp, telegram dengan iming-iming berlebihan patut untuk kalian curigai untuk berjaga – jaga.

Jadi, demikianlah pembahasan tentang Cara Mengetahui HP Disadap dan Cara Mengatasi HP Disadap, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  Cara Melihat Last Seen Telegram Yang Disembunyikan
Baca Juga  Cara Mengubah Nama Akun Gmail
Baca Juga  Cara Menggunakan Telegram