Cara Mudah Agar Laptop Tidak Lemot

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows

Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows

Cara membersihkan laptop agar tidak lemot – Banyak sekali aktivitas sekarang ini yang menggunakan laptop atau komputer untuk menyelesaikan pekerjaan, pembelajaran dan lain sebagainya.

Aktivitas laptop yang terlalu sering membuat laptop mengalami penurunan performa apabila tidak diimbangi dengan perawatan dan pembersihan serta lain sebagainya.

Laptop lemot ini bisa disebabkan oleh banyak hal, oleh karena laptop lemot ini tentu akan menghambat proses penyelesaian dari aktivitas yang sedang kita kerjakan.

Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi laptop lemot windows 10,8 dan 7 umumnya cara ini bisa dipakai di semua versi windows, mungkin hanya terdapat sedikit perbedaan. Dibawah ini merupakan penjelasannya.


Penyebab Laptop Lemot

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi laptop lemot, tentu kita harus tau terlebih dahulu apa sih yang menyebabkan laptop itu jadi lemot. Terdapat beberapa hal yang membuat laptop itu jadi lemot, diantaranya :

  1. Banyak Aplikasi Yang Berjalan

    Penggunaan laptop tentu harus sesuai dengan spesifikasi dari laptop itu sendiri, jadi apabila kita membukanya banyak aplikasi sekaligus tentu akan membuat laptop itu jadi lemot, bahkan dapat menyebabkan not responding.

  2. Hard Disk Full

    Hard Disk yang penuh tentu akan membuat laptop menjadi lama untuk membaca data yang ada dan yang dicari, maka tidak dianjurkan hard disk itu full direkemendasikan paling mentok sisakan 10 Gb di hard disk, karena hal ini bisa menyebabkan bad sector.

  3. Hard Disk Rusak

    Berhubungan dengan hard disk yang full mampu membuat hard disk itu jadi rusak, selain dari hal tersebut hard disk yang sudah lama atau kotor pun bisa mempengaruhi kinerja dari laptop untuk membaca data di hard disk.

  4. Banyak File Sampah

    File Cache atau temporary files juga membuat laptop itu jadi lemot karena memakan ruang di hard disk kalian, jadi file cache ini adalah penyimpanan sementara untuk mengurangi proses dari loading aplikasi maupun website.

  5. Program yang dibuka tidak compatible

    Program atau aplikasi juga membutuhkan setidaknya spesifikasi minimum agar bisa berjalan, namun tidak berjalan dengan sangat baik, perlu dilakukan setting dan lain sebagainya agar mampu berjalan normal atau setidaknya tidak terlalu berat. jadi ada baiknya agar laptop tersebut mampu menyesuaikan setidaknya spesifikasi minimum dari program yang ingin digunakan.

  6. Virus

    Salah satu yang membuat kinerja laptop itu berkurang adalah karena virus, virus ini tentu akan menghambat proses dari kinerja laptop.


Cara Mengatasi Laptop Lemot Di Windows

Setelah kita mengetahui apa saja sih hal – hal yang menyebabkan laptop itu jadi lemot, sekarang kita bisa tau langkah apa yang harus dilakukan agar laptop itu bisa bekerja semaksimal mungkin, berikut penjelasannya :

1. Perhatikan Penggunaan Aplikasi Berjalan

Aplikasi windows ada yang berjalan saat pertama kali di hidupkan, aplikasi ini bisa kalian nonaktifkan, dan tetap bisa kalian buka saat kalian ingin membuka program aplikasi tersebut.

Aplikasi yang berjalan saat laptop dihidupkan dikenal dengan Startup, kalian bisa disable program startup di windows dengan cara berikut ini :

  1. Tekan tombol kombinasi “Ctrl + Shift + Esc” untuk membuka task manager
  2. Setelah Task Manager terbuka
  3. Klik Tab “Startup”
    mengatasi laptop lemot windows 10
  4. Maka nanti akan muncul beragam program yang terinstall di laptop kalian
  5. Kalian bisa pilih dan “Disable” program yang ingin kalian nonaktifkan pada startup
    mengatasi laptop lemot windows 10
  6. Selesai. Dengan mendisable program startup ini akan membuat pada saat laptop dinyalakan program yang di setting disable tidak terbuka secara otomatis.

2. Bersihkan Cache dan Temporary Files di Windows

Seperti yang diuraikan diatas bahwa file cache ini merupakan penyimpanan yang membuat proses loading dari program atau website dapat lebih cepat, namun hal ini membuat space penyimpan file kalian ikut terpakai.

Sedangkan temporary files ini adalah sisa dari aplikasi atau program yang di uninstall, jadi saat kalian menguninstall aplikasi atau program lakukan dengan benar kalian bisa menggunakan aplikasi seperti CCleaner atau revo uninstaller untuk menguninstall aplikasi sampai bersih

Kalin bisa menghapus file cache tersebut secara berkala, caranya sebagai berikut :

  1. Tekan Tombol kombinasi “Ctrl + R”
  2. Maka akan ada kolom yang bisa kalian ketikan
  3. Silahkan ketikan “temp” (tidak pakai tanda petik)
    mengatasi laptop lemot windows 10
  4. lalu enter
  5. Kalian akan dibawa ke folder dimana file cache itu tersimpan
    mengatasi laptop lemot windows 10
  6. Selanjutnya ctrl + a untuk menyeleksi semua file yang ada
  7. Tekan Delete pada keyboard atau klik kanan > Delete pada mouse untuk menghapus semua file yang ada di folder tersebut.
  8. Selesai.

3. Scan laptop dengan Menggunakan CCleaner

mengatasi laptop lemot windows 10

CCleaner adalah salah satu aplikasi yang penting terinstall di laptop karena merupakan sebuah tools yang berguna untuk mengecek kesehatan laptop, membersihkan file sampah, memperbaiki registry yang error atau bermasalah, yang terbaru mengupdate driver dan lain sebagainya.

Cara pengoperasian ccleaner ini juga cukup mudah, sebagai berikut :

  1. download ccleaner di : https://www.ccleaner.com/ccleaner/download
  2. Install dan Buka CCleaner
  3. Maka kalian melihat di sisi kiri terdapat beberapa tab yang berisikan informasi tentang “Healty Check, Custom Clean, Driver Updater, Tools, dan Options”.
  4. Kalian bisa menggunakan semua fitur yang disediakan CCleaner, kalau kalian ingin membersihkan laptop kalian dari file yang sampah, silahkan klik Custom Clean
  5. Maka akan ada 2 Tab pendukung lagi, yaitu tab windows dan tab application
    mengatasi laptop lemot windows 10
  6. Setelah itu kalian bersihkan ke tab tersebut dengan cara klik “analyze” lalu “Run Cleaner”
  7. Selesai

4. Gunakan Antivirus

Seperti yang dituliskan diatas, salah satu penyebab dari laptop jadi lemot adalah virus, oleh karena itu cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan antivirus.

Terdapat banyak sekali antivirus yang bisa kalian pakai untuk menscan virus dan menghilangkan virus, seperti

  1. AVG
  2. Symantec
  3. Norton
  4. Dll

5. Upgrade Laptop

Agak sulit memang untuk sebagaian orang untuk mengupgrade laptop, tentu karena beberapa hal dasar seperti urusan perut, namun yang pasti penggunaan program dan spek yang dibutuhkan itu terus dan terus berkembang.

Hal ini membuat kita mau tidak mau mengikuti perkembangan teknologi tersebut, cara yang bisa dilakukan dengan minim budget selain beli laptop baru ialah dengan mengupgrade dikit demi sedikit.

Entah Ram dulu, Hdd dulu, Menggunakan SSD atau tidak, dan lain sebagainya, dengan cara mencicil seperti ini saya kira cukup worth untuk dilakukan.


Akhir Kata

Jadi itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop lemot windows, kalian juga defrag windows bisa baca di : cara defrag windows.

Demikianlah ulasan tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot Di Semua Windows Dengan Mudah, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  Cara Melihat Cadangan Chat Whatsapp di Google Drive
Baca Juga  Cara Menyimpan, Memindahkan dan Mengirim File Google Drive
Baca Juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Semua Tipe Smartphone