Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs HP dan Laptop

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs HP dan Laptop

Voice Typing Di Google Docs

Pendidikanku.org – Sebelumnya sudah dibahas tentang translate google docs, salah satu fitur lain yang disediakan oleh google docs ini ialah cara voice typing di google docs, jadi di kesempatan ini kita akan membahas tentang cara mengaktifkan voice typing di google docs.

Tidak hanya di laptop ataupun pc kalian juga mengaktifkan google docs voice typing di hp android maupun ios, hampir sama cara penggunaanya laptop maupun hp.

Voice typing ini sama artiannya seperti merekam di google docs, jadi artinya voice typing (merekem kata) ini merupakan layanan yang diberikan google buat kalian yang sedang tidak mood ngetik, jadi bisa menggunakan tools dikte yang terdapat di google docs.

Dengan kalian mengaktifkan tools dikte di google docs ini maka kalian bisa membuat dokumen dengan menggunakan suara yang dikeluarkan dan terekam dengan tools dikte yang disediakan oleh google docs, kemudian mengeluarkan hasil tulisan yang tertulis di dokumen yang sedang kalian buat.


Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Jadi buat kalian yang penasaran berikut ini adalah rangkuman tentang cara voice typing di google docs, yang bisa kalian lakukan di android maupun laptop/pc.

Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di PC/Laptop

  1. Silahkan kalian kunjungi Google Docs.
    Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di Laptop
  2. Kemudian Buat Dokumen Baru (Apabila di dokumen baru, tidak menemukan “Dikte” kalian bisa buka dokumen yang disediakan google terlebih dahulu, lalu hapus semua text yang ada di dalam dokumen tersebut)
    Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di Laptop
  3. Selanjutnya kalian bisa mengaktifkan tools dikte dengan cara, klik Tools (Alat) > Dikte (ctrl + shift + s) > Klik untuk mulai merekam.
    Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di Laptop
  4. Selesai, kalian bisa menulis text dengan cara merekam suara.

Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HP

Buat kalian yang ingin merekam di google docs dengan menggunakan hp, caranya cukup mudah, sebagai berikut :

  1. Download dan install google docs di playstore atau appstore.
  2. Setelah itu buka google docs baru atau edit dokumen kalian.
  3. Kemudian munculkan keyboard kalian dengan klik pada lembar dokumen kalian.
  4. Aktifkan voice dengan cara tekan “Spasi” pada keyboard, disini saya menggunakan keyboard bawaan hp. (untuk beberapa jenis aplikasi keyboard berbeda)
    Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HPCara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HP
    – kalian bisa gunakan Gboard > aktifkan metode Tools dikte dengan cara, klik aplikasi gboard > di dalam setelan klik dikte > pada gunakan dikte > geser ke kanan untuk mengaktifkan.
    Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HPCara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HP
    Selanjutnya, masih pada “Setelan Gboard” > Bahasa > Tambahkan Keyboard > Pilih Bahasa Indonesia > Pilih Qwerty > Selesai.
    Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HPCara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HP Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HP
  5. Maka pada keyboard akan memunculkan logo mic, yang mana kalian kalian bisa merekam text dari suara yang kalian keluarkan.
    – Pada saat kalian menggunakan mic pada Gboard pertama kali akan muncul notifikasi “Izinkan Gboard untuk merekam Audio” > Izinkan.
    Cara Mengaktifkan Voice Typing Google Docs di HP
  6. Selesai, sekarang kalian bisa menulis dengan cara merekam suara di hp dengan sangat mudah.

Akhir Kata

Dengan memanfaatkan fitur yang disediakan google seperti “Dikte” tentu menulis text akan jadi lebih mudah serta praktis, masih ada banyak lagi fitur yang disediakan google untuk membantu para penggunanya.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs HP dan Laptop. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis.

Baca Juga  Situs Facebook Downloader - Tempat Download Video Facebook
Baca Juga  Cara Mudah Agar Laptop Tidak Lemot
Baca Juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Semua Tipe Smartphone