Cara Menggunakan Telegram

Posted on

Cara Menggunakan Telegram

Cara Menggunakan Aplikasi Telegram dan Beragam Fiturnya

Cara menggunakan aplikasi telegram – Telegram adalah salah satu platform perpesanan yang banyak sekali penggunannya, sama seperti whatsapp, telegram ini dilengkapi dengan fitur chat, call, dan video call, namun telegram punya fitur bot, last seen, buat nonton film seperti drakor, dan banyak sekali kegunaannya.

Hal ini lah yang membuat telegram mempunyai nilai plus, yang membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan di ulas secara detail cara menggunakan telegram.


Apa itu Telegram

Telegram adalah apikasi perpesanan yang menghubungkan komunikasi antara pengguannya, telegram ini dirilis oleh Telegram Fz-LLC dan sudah di install lebih dari 1.000.000.000+ di seluruh dunia.

Sama seperti aplikasi perpesanan lainnya aplikasi telegram ini bisa digunakan dibanyak sistem operasi seperti, android, ios, MacOs, Linux OS, dan Windows.

Kelebihan Telegram.

  1. Dapat mengedit pesan yang sudah terkirim.
  2. Ada Fitur Channel
  3. Ada Fitur Bot
  4. Tidak menghabiskan memori
  5. Bisa menampung banyak anggota grrup.
  6. Menyediakan Profil yang banyak.

Cara Menggunakan Aplikasi Telegram

Telegram ini memiliki banyak sekali fitur yang bagus dan menarik, untuk kalian yang ingin menggunakan telegram, bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini :

1. Membuat Akun Telegram

Buat kalian yang ingin menggunakan telegram, tentu harus memiliki akun telegram, cara mendaftar akun telegram sangat mudah, berikut uraiannya :

  1. Download Aplikasi Telegram di Playstore / App Store
  2. Kemudian siapkan nomor telpon yang ingin kalian daftarkan ke Telegram.
  3. Setelah Telegram sudah terinstall di hp kalian, silahkan buka aplikasi telegram kemudian masukkan nomor telepon, nantinya telegram akan mengirimkan kode verifikasi, masukan kode verifikasi itu ketempat yang sudah disediakan.
  4. Setelah kalian disuruh untuk memasukan nama serta foto profil kalian.
  5. Sampai sini kalian sudah berhasil membuat akun telegram.

2. Cara Menambahkan Teman / Add Friend di Telegram

Untuk bisa menemukan dan menambahkan teman pada telegram kalian, caranya sangat mudah, karena pada dasarnya aplikasi telegram ini akan secara otomatis menampilkan teman sesuai kontak yang tersimpan dan terdaftar di smartphone kalian, hal ini bisa terjadi jika kalian mengizinkan aplikasi telegram untuk mengakses daftar kontak yang ada di smarphone kalian.

  1. Kalian juga bisa menambahkan teman dengan cara Id Username.
  2. Kalian bisa check id telegram kalian dengan cara klik garis 3 yang ada di pojok kiri layar hp kalian
  3. Tap pada bagian foto profil kalian > Username adalah ID yang bisa kalian pakai agar bisa di add oleh orang lain, atau kalian juga bisa meminta Username orang yang bersangkutan.
  4. Setelah kalian mendapatkan username > di telegram tap icon pencarian > Ketikan username > Tap Pada Username untuk memulai percakapan.

Cara Menggunakan Telegram Web / Desktop

Selain di hp kalian juga bisa menyambungkan akun telegram kalian di pc atau laptop kalian, adapun cara untuk menggunakan telegram web pada PC atau laptop Anda adalah :

  1. Langkah pertama silahkan kalian kunjungi situs telegram.web
  2. Setelah itu silahkan kalian masukkan nomor telepon kalian, lalu klik next pada pojok kanan atas
  3. Kemudian pada layar PC/laptop kalian akan muncul tulisan “is this phone number correct?” klik OK
  4. Nantinya telegram akan mengirimkan pesan pada hp kalian yang berisi kode yang nantinya harus diketikan pada telegram desktop.
  5. Masukan kode dengan benar setelah itu beranda chat nantinya akan muncul.

Selain cara diatas kalian juga bisa melakukan hal berikut ini :

  1. pada tampilan telegram desktop ada barcode
  2. buka hp kalian > telegram > Setting > Device
  3. Scan barcode di desktop dengan menggunakan hp kalian
  4. Dan tampilan berada telegram desktop pun muncul.

Artikel Terkait :


Akhir Kata.

Ada banyak sekali fitur yang akan terus berkembang di aplikasi telegram ini, dan tentu selain sebagai aplikasi perpesanan telegram juga bisa digunakan untuk sharing file seperti mp3, pdf, video, foto dan masih banyak lagi.

Dengan kelebihan ini wajar saja apabila telegram menjadi aplikasi yang wajib terinstall di hp kalian, demikianlah uraian tentang Cara Menggunakan Aplikasi Telegram, terima kasih sudah membaca artikel ini sama akhir.

Baca Juga  Cara Melihat Cadangan Chat Whatsapp di Google Drive
Baca Juga  Spesifikasi HP OPPO A55 Terbaru, berikut daftar harganya!
Baca Juga  Cara Menghapus Akun Instagram