√ Pengertian Prosa

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

prosa adalah

Pengertian Prosa

Prosa adalah jenis tulisan yang berbeda dengan puisi maupun pantun, prosa adalah karya sastra yang berbentuk sebuah cerita bebas dan tidak terikat rima. variasi dari ritme dan jenis tulisan pada prosa ini juga lebih luas dan besar.

Kata Prosa ini asalnya dari bahasa latin “prose = Terus Terang” jenis tulisan ini umumnya dipakai dalam mendeskripsikan suatu fakta maupun ide. Prosa dalam kesusastraan disebut dengan fiksi.

Prosa ini lebih banyak memakai kata dengan makan denotasi dibandingkan konotasi

  • Denotasi itu apa ? KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menyatakan bahwa Denotasi adalah makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas penunjukan yang lugas pada sesuatu hal di luar bahasa atau yang didasarkan pada konvesi tertentu yang sifatnya itu objektif. Secara umum, arti dari denotasi adalah makna yang sebenarnya.
  • Konotasi itu apa ? KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menyatakan Konotasi adalah kata yang memiliki makna lain dibaliknya atau sesuatu makan yang berhubungan dengan sebuah kata.

Ada 2 Prosa yaitu prosa lama dan prosa baru.

Apa sih prosa lama ? Prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum dipengaruhi oleh budaya luar.
Apa sih prosa baru ? Prosa baru adalah prosa yang dikarang bebas tanpa adanya aturan apa pun.

Prosa Lama

Karya sastra prosa lama mula-mula muncul dan disampaikan secara lisan, disebabkan karena belum dikenalnya bentuk tulisan. Setelah agama dan kebudayaan itu masuk ke Indonesia, masyarakat kemudian jadi tau tentang tulisan. Sejak saat itu sastra tulisan kemudian mulai dikenal.

Dibawah ini merupakan jenis atau bentuk dari sastra prosa lama diantaranya :

  1. Hikayat
    Hikayat adalah suatu cerita, baik sejarah maupun cerita fiktif yang memiliki tujuan untuk menghibur serta membangkitkan semangat. Contoh dari hikayat adalah: Hikayat Seribu Satu Malam dan Hikayat Hang Tuah.
  2. Kisah
    Kisah adalah sebuah karya sastra lama berisi cerita tentang suatu perjalanan atau pelayaran seseorang dari 1  tempat ke tempat lainnya. Contoh dari kisah adalah :  Kisah Abullah Menuju Jeddah dan lain sebagainya.
  3. Sejarah/Tambo
    Sejarah atau tambo merupakan kisah yang berhubungan dengan peristiwa serta tokoh sejarah. Contoh: Sejarah Indonesia.
  4. Dongeng
    Dongeng adalah sebuah cerita dari hasil imajinasi penulis atau pengarang yang belum pernah terjadi sebelumnya. Contoh: Pinokio serta Putri Salju. Dongeng ini kemudian terbagi lagi menjadi:

    1. Fabel adalah cerita rekaan mengenai hewan sebagai tokoh cerita
    2. Legenda adalah dongeng tentang kejadian alam, atau pun asal–usul dari suatu tempat
    3. Mite atau Mitos adalah cerita yang berlatar belakang sejarah atau pun hal yang dipercayai orang banyak
    4. Cerita Penggeli Hati dikenal juga dengan Dongeng Jenaka adalah cerita yang mengandung unsur komedi serta kemustahilan
    5. Parabel dikenal juga Cerita Perumpamaan adalah suatu dongeng yang di dalamnya terkandung perumpaman
    6. Sage adalah kisah yang menceritakan tentang keberanian, kehebatan tokoh di dalam sejarah.

Prosa Baru

Secara umum prosa baru ini dibedakan menjadi 7 jenis, berikut penjelasannya ;

  1. Novel
    Novel Didefinisikan sebagai esai panjang serta menceritakan kisah dari kehidupan seseorang dengan orang yang ada di lingkunganya dengan melihat sifat dari tiap – tiap aktor. Contoh : Jokowi, si tukang kayu oleh Gatotkoco Suroso, Negeri 5 Menara oleh Ahmad Fuadi
  2. Roman
    Romansa adalah esai prosa yang menggambarkan suatu tindakan dari para pelaku menurut karakter dan isi dari tiap – tiap jiwa. Contoh : “Hulubalang Raja” karya Nur Sutan Iskandar.
  3. Cerpen (Cerita Pendek)
    Cerpen adalah esai imajiner yang menceritakan tentang kejadian atau peristiwa yang umumnya berpusat pada 1 aktor.
  4. Riwayat
    KBBI – Istilah “Sejarah ” Didefinisikan sebagai “Kisah yang diwariskan” atau “Sejarah” atau “Tambo”. Sejarah ini didefinisikan sebagai sebuah kisah yang berisi tentang pengalaman hidup seseorang yang kemudian diangkat dari kisah orang terkait sejak ia lahir dan meninggal.
    Umumnya tokoh yang mejadi fokus utama dalam sejarah ini adalah tokoh penting / berpengaruh / menginspirasi, sejarah yang menceritakan pengalaman hidup seseorang tokoh ini dikenal dengan istilah biografi atau otobiografi.
  5. Esai.
    KBBI menyatakan bahwa esai atau karya yang masuk dalam prosa membahas masalah sekilas dari sudah pandang pengarang / penulis.
  6. Kritik
    Kritik adalah suatu tulisan yang menilai baik atau buruk, kelebiha atau kekurangan, berguna atau tidak berguna, dalam bentuk karya seni dan sastra.
  7. Resensi
    Resensi di definisikan sebagai ulasan sebuah buku, tapi seiring perkembangannya resensi ini tidak hanya terbatas pada buku saja, tapi juga menyebar pada karya ain seperti, drama, film, konten majalah dan lain sebagainya. Baca Selengkapnya : Pengertian Rensesi

Pengertian Prosa Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai apa pengertian prosa maka perlu mengacu para ahli dibawah ini :

Prosa Menurut Muliadi (2017:1)

Prosa Menurut Menurut Muliadi (2017:1)


Prosa Menurut Aminuddin (1985:66)

Prosa Menurut Aminuddin (1985:66)


Prosa Menurut Abrams (1981:61)

Prosa Menurut Abrams (1981:61)


Jenis Prosa

Prosa biasanya dibagi menjadi lima jenis:

  1. Prosa naratif / narasi

    Prosa narasi adalah suatu karangan yang menceritakan, menguraikan, menjelaskan suatu kejadian (fiksi/nonfiksi) dengan berdasarkan urutan waktu (kronologis).

  2. Prosa deskriptif

    Prosa deskriptif adalah jenis prosa yang menggambarkan suatu objek sehingga para pembaca itu seolah-olah melihat sendiri objek yang diceritakan tersebut.

  3. Prosa eksposisi

    Prosa eksposisi ini memaparkan suatu ide sehingga para pembaca itu bisa mendapatkan pengetahuan, namun tidak bertujuan agar pembaca mengikuti atau pun jugamenyetujui paparan tersebut. Biasanya pemaparan tersebut disertai dengan bukti-bukti yang diwujudkan di dalam sebuah bentuk diagram atau tabel.

  4. Prosa argumentatif

    Prosa argumentasi adalah karangan yang berisi ide atau pun gagasan dari penulis serta disajikan lengkap dengan segala macam data pendukung yang tujuan adalah untuk memengaruhi pembaca sehingga para pembaca itu bisa menyatakan persetujuannya terhadap isi prosa itu.

  5. Prosa persuasi

    Prosa persuasi adalah suatu karangan yang disampaikan dengan cara-cara tertentu. Tujuan dari prosa persuasi ini adalah mengajak para pembaca sehingga para pembaca itu bersedia melakukan hal-hal yang disarankan atau dianjurkan oleh penulis tersebut.


Ciri – Ciri Prosa

Adapun ciri – ciri prosa ini sebagai berikut :

  • Mempunyai alur cerita
    Prosa mempunyai alur cerita yang menjelaskan tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi di dalamnya.
  • Mempunyai Tema
    Prosa memiliki tema yang menjadi dasar atau landasan dalam sebuah cerita dan merupakan pokok bahasan yang ada di dalam cerita tersebut.
  • Terdapat Tokoh dan Penokohan
    Sama seperti seperti karya sastra lainnya, di dalam prosa ini juga memiliki tokoh bisa itu manusia, hewan ataupun tumbuh – tumbuhan.
  • Ada sudut pandang
    Memiliki sudut pandang ini adalah cara tentang bagaimana seseorang pengarang dalam menceritakan keberadaan tokoh dalam kejadian atau peristiwa.
  • Ada latar penceritaan.
    Di dalam prosa ini pun ada latar belakang dari masing-masing peristiwa, entah itu latar tempat, waktu, ataupun suasana.
  • Ada Perkembangan.
    Prosa ini juga bisa mengalami perkembangan hal ini karena dipengaruhi oleh perubahan yang muncul di masyarakat.
  • Ada Amanat.
    Prosa juga memiliki amanat atau pesan yang bisa diambil dari cerita tersebut, sama hal seperti puisi dan karya sastra lain.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang prosa berikut dengan jenis, ciri serta contoh prosa, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Baca Juga  √ Pengertian Resensi
Baca Juga  √ Pengertian Ekosistem
Baca Juga  √ Pengertian Debat