Trend Market Adalah

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Pengertian Trend Market

Pengertian Trend Market, Pentingkah Mengikuti Trend & Contoh

Pendidikanku.org – Untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis salah satunya adalah dengan mengikuti trend market saat ini, trend market ini merupakan salah satu strategi bisnis yang perlu dilakukan supaya selalu berada di pasar market.

Sebelum pendidikanku sudah membahas mengenai orientasi pasar (market orientation), nah saat ini akan dibahas mengenai trend market, apabila dari diartikan kata trend di dalam bahasa inggris adalah “kecenderungan” kalau di KBBI tren adalah “gaya mutakhir” Namun di dalam konteks bisnis ini disimpulkan bahwa kata trend ini adalah yang “Sedang Populer / Pusat Pembicaraan / Sedang Banyak di pakai / dicari”.

Sedangkan Kata Market berarti pasar, Jadi dapat disimpulkan bahwa kata Trend Market ini adalah Yang sedang Populer / Yang sedang menjadi Pusat Pembicaraan di Pasar Konsumen.

Contohnya seperti Kopi, sekarang ini banyak sekali penikmat kopi, lalu muncul lah kedai – kedai kopi yang tujuan adalah untuk mendapatkan konsumen kopi karena sedang ramai penikmatnya.

Trend market ini selalu berubah hal ini dipengaruhi oleh minat konsumen itu sendiri, apabila ingin memulai bisnis dengan mengikuti trend juga ataupun tidak tentu ada kelemahan dan kekurangannya.


Pentingkah Mengikuti Trend Market

Menurut pendidikanku, penting karena tujuan adalah untuk mendapatkan konsumen, karena konsumen sendiri memiliki kecenderungan untuk mengikuti apa yang sedang menjadi pembicaraan atau populer sekarang ini, contoh sederhana ada gaya rambut seseorang yang populer, maka secara tidak sadar para fans nya pun menginginkan jenis rambut yang sama.

atau juga seperti sepatu vans yang populer pada zamannya orang – orang cenderung mencari dan membeli sepatu vans itu karena mengikuti trend.

Dan dalam bisnis akan sangat sulit mengalahkan apa yang sedang trend tanpa mengikuti trend itu sendiri, jadi mengikuti trend adalah salah satu strategi yang bagus.

Meskipun ada beberapa bisnis yang tidak mengikuti perkembangan trnd, tetapi untuk hal ini tentu bisnis tersebut harus memiliki nilai lebih agar bisa menarik perhatian para calon konsumennya, kalau tidak memiliki nilai lebih pasti akan tertinggal.

Contohnya seperti nokia dulu, nokia pada saat itu memilih untuk tidak mengikuti trend android, walaupun disaat itu android sedang menjadi trend dan banyak sekali dipakai oleh pengguna Ponsel. Nokia kemudian memilih windows phone dengan harapan mampu menarik lebih minat pasar.

Sedangkan Samsung mengikuti trend dan sekarang menjadi merk ponsel pinter terbesar nomor 2 yang mengisi pasar khususnya di Indonesia per maret 2022 dengan persentase 21.07%.

Source: StatCounter Global Stats – Device Vendor Market Share


Bagaimana Mencari Trend Market

Untuk mengikuti apa yang sedang menjadi trend di pasaran bisa dengan menggunakan beberapa tools gratis, diantaranya :

  1. Identifikasi usaha yang sedang tren
  2. Lihat di Google Trends
  3. Riset keyword di Google
  4. Melihat tren dari apa yang di bicarakan oleh orang.

Dengan kita mengikuti trend tentu kita akan tetap berada di produk kita tetap bisa bersaing dengan produk orang lain.


Marketing Trends Paling Populer di Tahun 2022

Dibawah ini merupakan beberapa Trend B2C (Business To Consumer) di tahun 2022 diantaranya :

  1. Chatbots dan AI
    Program berbasis AI (artificial intelligence) dalam bahasa indonesia “Kecerdasan Buatan”, AI ini memiliki fungsi untuk membalas live chat para konsumen. Teknologi chatbot ini mempunyai potensi perkembangan yang besar, dan diprediksi bahwa nantinya interaksi bisnis oleh konsumen ini tidak akan dilakukan oleh manusia lagi, tentu hal ini akan mengubah cara bisnis menyediakan CS.
  2. Video Marketing
    Video marketing ini merupakan salah praktik pemasaran dengan memanfaatkan video. Video marketing ini sekarang berada di dalam marketing trends di tahun 2022. Hal ini karena, konsumsi video di perangkat mobile semakin lama kian meningkat tiap tahunnya.
  3. InfluencerInfluencer sekarang ini menjadi salah satu strategi di dalam menyebar luaskan produk. Hal tersebut dikarenakan strategi pemasaran ini dinilai efektif untuk meningkatkan kredibilitas serta popularitas produk.

Demikianlah ulasan tentang trend market, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca Juga  √ Investasi Bisnis Adalah
Baca Juga  7 Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan Wajib Dicoba
Baca Juga  √ Pengertian Etika Bisnis