Simak 5 Cara Tingkatkan Keamanan Smartphone Untuk Android

Posted on

Simak 5 Cara Tingkatkan Keamanan Smartphone Untuk Androidpendidikanku.org– Halo Sobat Rebahan, jumpa lagi dengan admin yang akan memberikan sedikit tips dan informasi untuk anda tentang 5 Cara Tingkatkan Keamanan Smartphone Untuk Android.

Smartphone kini telah menjadi kebutuhan pokok bagi penggunanya. Kebutuhan akan jejaring sosial, hiburan, pekerjaan, dan perbankan kini dipenuhi melalui smartphone.

Nah, maka dari itu sangat penting untuk menjaga smartphone agar selalu aman dari serangan para hacker, terutama untuk Android yang mendominasi smartphone di dunia.

Simak 5 Cara Tingkatkan Keamanan Smartphone Untuk Android, Berikut 5 Caranya:

Mempertimbangkan upaya peretas dan hacker dunia maya lainnya yang selalu mencari cara untuk membobol keamanan sistem, berikut adalah beberapa cara-cara untuk membantu pengguna menjaga keamanan Android-nya.

1. Menggunakan Kata Sandi yang Kuat

Android menawarkan banyak layar kunci untuk keamanan perangkat. Tidak hanya sekedar fitur, sistem kunci layar menjadi lebih penting.

Sistem kunci layar membantu pengguna untuk melindungi perangkatnya dari orang asing yang mencoba membuka kunci ponsel pengguna tanpa izin pemilik.

Untuk keamanan tambahan, gunakan kata sandi yang kuat, buka Pengaturan > Keamanan > Kunci layar. Pengguna dapat memilih kunci keamanan berdasarkan pola, PIN, dan kata sandi.

Kata sandi masih dianggap paling aman karena pengguna dapat menggabungkan huruf, angka, dan simbol. Pengguna pula bisa mengenakan sidik jari pada smartphone untuk meningkatkan proses membuka kunci perangkat.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Jika pengguna menyimpan segudang aplikasi yang sudah tidak dipergunakan kembali, ada baiknya untuk menghapusnya.

Baca Juga  Ketahuilah 5 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan | Punya Banyak Manfaat!

Alasannya adalah bahwa beberapa aplikasi ilegal dapat menimbulkan risiko keamanan karena kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh peretas.

Terlepas dari risiko keamanannya, beberapa aplikasi mengumpulkan data tentang penggunaan pengguna.

Jadi, jika Anda ingin sedikit pelacakan, ada baiknya untuk menghapus sebagian aplikasi yang tidak lagi digunakan pengguna.

Beberapa smartphone Android memungkinkan pengguna melakukan ini dari layar beranda.

3. Hapus Login Sekali Klik dari Aplikasi Jejaring Sosial

Menariknya, lebih dari satu aplikasi jejaring sosial menyajikan cara login yang mudah, layaknya melalui fitur one-click login. Namun, fitur ini tidak aman.

Karena, jika seseorang memegang ponsel Anda, mereka dapat dengan mudah mengakses aplikasi media sosial, informasi pribadi, dan bahkan kehidupan pemilik ponsel.

Maka dari itu, lebih baik menonaktifkan fitur login sekali klik. Dan disarankan pengguna memilih untuk memasukkan kata sandi setiap kali mereka ingin masuk. Dari segi keamanan, pencarian lebih aman.

4. Jangan Asal Mengklik Sesuatu

Belakangan ini banyak pengguna jejaring sosial menggunakan praktik phishing di banyak tempat untuk mendapatkan keuntungan.

Link phising dapat digunakan untuk mengirim pengguna ke situs web jahat yang dapat menginfeksi perangkat dengan malware atau mencuri kata sandi.

Maka dari itu, bagi pengguna smartphone harus berhati-hati saat mengklik. Sebelum mengklik, pastikan sumbernya adalah sumber terpercaya atau link resmi.

5. Cadangan

Buat cadangan data Anda secara teratur. Jadi, saat perangkat Android Anda hilang atau dicuri, Anda masih mempunyai data penting untuk dipindai.

Pengguna dapat mencoba layanan penyimpanan cloud layaknya Google Drive, OneDrive, dan lainnya. Pengguna dapat membiasakan diri menyimpan file di cloud dan menghapusnya dari penyimpanan perangkat smartphone.

Baca Juga: Ketahui Akun Twitter Penyebar Video Viral Update Baru 2022

Baca Juga  Ketahuilah 5 Tips Rahasia Yang Bisa Buat Kamu Menjadi Pribadi Yang Berkelas dan Cool

Penutup

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat membantu dan jangan lupa untuk kembali mampir ke web admin ini, sekian dan terimakasih.