Simak 5 Tips Membuat Konten Video Untuk YouTube Dengan Smartphone, Konten Menarik!

Simak 5 Tips Membuat Konten Video Untuk YouTube Dengan Smartphone, Konten Menarik!pendidikanku.org– Halo Sobat Rebahan, ketemu lagi nih sama admin yang setia menghibur anda dimanapun berada. Nah pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi terbaru tentang 5 Tips Membuat Konten Video Untuk YouTube Dengan Smartphone, berikut di bawah ini.

Membuat channel YouTube memang tidak mudah, butuh kerja keras dan kesabaran. Namun, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi YouTuber, bahkan jika mereka mulai mengandalkan smartphone.

Bagi yang ingin menjadi salah satunya atau yang baru memulai, tidak masalah jika merekam dengan kamera smartphone.

Pada prinsipnya, kita selalu bisa menggunakan teknik perekaman tertentu untuk mengoptimalkan hasil.a, kita masih bisa menerapkan beberapa teknik videografi untuk mengoptimalkan hasil.

Inilah 5 Tips Membuat Konten Video untuk YouTube Dengan Smartphone

Untuk mempelajari cara menghasilkan kualitas video terbaik hanya dengan menggunakan peralatan yang Anda butuhkan sebagai YouTuber pemula dan kamera ponsel cerdas Anda, lihat tips di bawah ini.

1. Pencahayaan

Sama halnya fotografi, pencahayaan adalah bagian penting dari videografi. Seperti yang Anda ketahui, sensor kamera ponsel cerdas berukuran kecil, dan jika Anda tidak memiliki perlengkapan pencahayaan, pastikan memotret di tempat yang terang.

Apakah di luar ruangan atau di dalam ruangan, andalkan cahaya jendela. Jika bergantung pada cahaya matahari yang masuk dari jendela, artinya bergantung pada posisi jendela. Biarkan cahaya memasuki ruangan di pagi hari (sekitar 7-11 pagi) atau tengah hari (sekitar 2-5 sore).

Pilih waktu yang tepat agar cahaya masuk ke dalam ruangan, posisikan diri agar wajah Anda jelas di depan kamera dan tidak membelakangi sumber cahaya (backlight). Namun, jika Anda mengarahkan atau memiringkan cahaya sehingga hanya separuh wajah Anda yang terkena cahaya, efek sinematik akan tercipta.

Baca Juga  Berikut 7 Website Lowongan Kerja Freelance Buat Tambah Cuan | Penting Buat Anda Ketahui!

2. Mikrofon Eksternal

Sebelum kita mulai membuat konten, mari kita siapkan peralatan dasar yang paling penting. Pertama, mikrofon eksternal, tetapi kualitas suaranya sama pentingnya dengan penampilannya.

Untuk mikrofon eksternal untuk smartphone, Anda dapat menggunakan tipe lavalier yaitu. H.Lavs (klip). Keuntungannya adalah suara menjadi lebih jelas karena dekat dengan mulut kita (klip di kerah).

Ini hanya berlaku untuk kabel. Biaya mikrofon eksternal smartphone ini relatif murah. Untuk klip, ada Boya BY-M1 Pro, Harmonic LavaMicro U3A, Boya My-M3 M3D, dan Rode SmartLaw.

Anda juga dapat menggunakan mikrofon mirrorless gaya senapan, banyak di antaranya berukuran kecil tetapi memerlukan penggunaan konverter TRRS-ke-TRS tambahan agar berfungsi. Mikrofon ini hanya menangkap sinyal audio dari satu arah. Pastikan mereka lurus ke depan dan tidak terlalu jauh.

3.Tripod

Bahkan saat merekam video dengan smartphone, alat ini tetap menjadi keharusan bagi pembuat konten pemula. Sehingga Anda dapat merekam video dengan lebih fleksibel dan merekam B-roll dengan pergerakan kamera yang stabil.

Selain berbicara langsung di depan kamera (disebut sebagai peran A), peran B harus direkam untuk menguraikan apa yang telah dijelaskan. Misalnya membuat video untuk review smartphone adalah kebutuhan untuk menampilkan desain dan fitur.

4. Gunakan Frekuensi Gambar Tinggi

Jika smartphone Anda memiliki kemampuan untuk merekam video 1080p pada 60 frame per detik, gunakan semaksimal mungkin.

Memotret pada kecepatan bingkai tinggi ini memungkinkan gerakan lambat hingga 40% saat mengedit pada 24fps, dan gerakan kamera yang halus saat panning dan panning.

Selain tampilan sinematik, ini juga tentang fungsionalitas. Misalnya, jika Anda memiliki waktu syuting yang terbatas, Anda dapat mengisi garis waktu yang dimodifikasi untuk memasukkan lebih banyak cerita, karena 1 detik sama dengan 2 detik.

Baca Juga  Simak 5 Cara Men-Download Aplikasi Play Store di Laptop Dengan Mudah

5. Video dengan Resolusi 4K

Merekam video 4K pula punya banyak keuntungan. Misalnya saat mengedit dalam 1080p, kita dapat memperbesar/memperkecil atau memotong video hingga 50% tanpa kehilangan kualitas.

Ini membuat proses pengeditan lebih fleksibel. Selain pemangkasan, Anda juga dapat membuat efek gerak pada video Anda. Misalnya memiringkan, menggeser, memperbesar dan memperkecil. Tapi cukup mumpuni untuk laptop atau smartphone untuk edit video.

Akhir Kata

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat membantu anda.

Jangan lupa untuk kunjungi kembali web pendidikanku.org ya sobat, terimakasih.

Related posts