Konsep Dan Prinsip Desain | Rekayasa Perangkat Lunak
Konsep Dan Prinsip Desain – Pada kesempatan ini Pendidikanku.org akan membahas mengenai konsep desain dan juga prinsip desain pada rekayasa perangkat luanak (RPL) .
Desain Perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak
-
Desain Data (Data Design)Desain data merupakan suatu aktivitas pertama dan juga yang terpentig dari empat aktivitas desain yang dilakukan selama rekayasa perangkat lunak. Proses dalam pemilihan struktur didalam menentukan desain yang paling efisien dan juga yang sesuai kebutuhan.Desain data mentransformasikan model domain suatu informasi yang dibuat selama analisis ke dalam struktur data yang akan diperlukan untuk dapat menngimplementasikan perangkat lunak .
-
Desain Arsitektur (Architectural Design)Pada desain arsitektur ini menentukan suatu hubungan diantara elemen-elemen struktur utama dan program.
-
Desain Antar Muka (Interface Design)pada desain interface menggambarkan bagaimana PL berinteraksi dengan sistem yang berinteroperasi dengan desain interface tersebut serta pengguna yang menggunakannya.
-
Desain Prosedural (Procedural Design)mentransformasikan elemen-elemen struktural dari desai arsitektur progrma ke dalam sebuah deskripsi prosedural dari komponen-komponen Perangkat lunak.
Prinsip Desain Perangkat Lunak
Desain perangkat lunak berupa model dan proses. Proses desain merupakan serangkaian langkah / tahap / step iteratif yang memungkinkan desainer menggambarkan semua aspek perangkat luank yang dibangun . Sedangkan Model Desain merupakan ekivalen rencana arsitek untuk membangun suatu sistem interface. model desain memeluai dengan menyajikan totalitas dari hal-hal yang akan dibangun.
- Proses desain tidak boleh menderita karena “tunnel vision”
- Desain harus dapat ditelusuri sampai pada model analisis.
- Desain tidak boleh “berulang”
- Desain harus ” Meminimalkan kesenjangan intelektual”
- Dsain harus mengungkapkan keseragaman dan integritasi.
- Desain harus terstruktur untuk mengakomodasi perubahan.
- Desain harus terstruktu untuk berdegradasi dengan baik , bahkan pada saat data dan event” menyimpang , / sedang menghadapi kondisi operasional.
- Desain bukanlah pengkodean
- Desain harus dinilai kualitasnya pada saat desain dibuat , bukan setelah jadi
- Desain harus dikaji untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan konseptual (semantik).
Konsep -konsep Desain
- Abstraksi
- Penyaringan
- Modularitas
- Arsitektur Perangkat Lunak
- Hirarki Kontrol
- Partisi Struktural
- Struktural Data
- Prosedur Perangkat Lunak
- Penyembunyian Informasi
Referensi buku Roger Pressman , Konsep dan Prinsip Desain