Konsep Dan Prinsip Desain | Rekayasa Perangkat Lunak

Konsep Dan Prinsip Desain | Rekayasa Perangkat Lunak

Konsep Dan Prinsip Desain  – Pada kesempatan ini Pendidikanku.org akan membahas mengenai konsep desain dan juga prinsip desain pada rekayasa perangkat luanak (RPL) .

Desain merupakan langkah utama pada fase (tahap, tingkatan, masa) pengembangan bagi suatu produk atau sistem yang direkayasa .

Desain Perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak

Desain perangkat lunak berada pada posisi teknik inti dari suatu proses rekayasa perangkat lunak yang digunakan. pada dasarnya desain perangkat lunak memiliki prinsip atau aktivitas sebagai berikut
  1. Desain Data (Data Design)Desain data merupakan suatu aktivitas pertama dan juga yang terpentig dari empat aktivitas desain yang dilakukan selama rekayasa perangkat lunak. Proses dalam pemilihan struktur didalam menentukan desain yang paling efisien dan juga yang sesuai kebutuhan.
    Desain data mentransformasikan model domain suatu informasi yang dibuat selama analisis ke dalam struktur data yang akan diperlukan untuk dapat menngimplementasikan perangkat lunak .
  2. Desain Arsitektur (Architectural Design)
    Pada desain arsitektur ini menentukan suatu hubungan diantara elemen-elemen struktur utama dan program.
  3. Desain Antar Muka (Interface Design)
    pada desain interface menggambarkan bagaimana PL berinteraksi dengan sistem yang berinteroperasi dengan desain interface tersebut serta pengguna yang menggunakannya.
  4. Desain Prosedural (Procedural Design)
    mentransformasikan elemen-elemen struktural dari desai arsitektur progrma ke dalam sebuah deskripsi prosedural dari komponen-komponen Perangkat lunak.

Prinsip Desain Perangkat Lunak

Desain perangkat lunak berupa model dan proses. Proses desain merupakan serangkaian langkah / tahap / step iteratif yang memungkinkan desainer menggambarkan semua aspek perangkat luank yang dibangun . Sedangkan Model Desain merupakan ekivalen rencana arsitek untuk membangun suatu sistem interface. model desain memeluai dengan menyajikan totalitas dari hal-hal yang akan dibangun.

 
Prinsip-prinsip desain dasar untuk mengendalikan proses desain . Davis [DAV95] mengusulkan serangkaian prinsip bagi desain perangkat lunak , antara lain sebagai berikut :
  1. Proses desain tidak boleh menderita karena “tunnel vision” 
  2. Desain harus dapat ditelusuri sampai pada model analisis.
  3. Desain tidak boleh “berulang” 
  4. Desain harus ” Meminimalkan kesenjangan intelektual”
  5. Dsain harus mengungkapkan keseragaman dan integritasi.
  6. Desain harus terstruktur untuk mengakomodasi perubahan.
  7. Desain harus terstruktu untuk berdegradasi dengan baik , bahkan pada saat data dan event” menyimpang , / sedang menghadapi kondisi operasional.
  8. Desain bukanlah pengkodean 
  9. Desain harus dinilai kualitasnya pada saat desain dibuat , bukan setelah jadi 
  10. Desain harus dikaji untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan konseptual (semantik).
jika prinsip diatas sudah diterapkan dengan benar  , maka RPL mampu menciptakan suatu desain yang mengungkapkan baik itu faktor kualitas internal dan juga eksternal [MEY88].

Konsep -konsep Desain

Dalam konsep -konsep desain perangkat lunak terdapat :
  1. Abstraksi
  2. Penyaringan
  3. Modularitas
  4. Arsitektur Perangkat Lunak
  5. Hirarki Kontrol
  6. Partisi Struktural
  7. Struktural Data
  8. Prosedur Perangkat Lunak
  9. Penyembunyian Informasi
Sekian dan terimakasih sudah membaca Konsep dan Prinsip Desain Rekayasa Perangkat Lunak , semoga dapat bermanfaat untuk anda .

Referensi buku Roger Pressman , Konsep dan Prinsip Desain

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *