Pengertian Paragraf Persuasi, Struktur, Ciri dan Contoh

Posted on

Pengertian Paragraf Persuasi, Struktur, Ciri dan Contoh

Pengertian Paragraf Persuasi

Pendidikanku.org – Pengertian paragraf persuasi adalah kalimat yang bertujuan untuk mendorong atau mengajak orang lain untuk mau mengikuti keinginan si penulis. Tujuan dari adanya teks persuasi ini adalah untuk dapat mempengaruhi, mengimbau, membujuk, atau juga merayu pembaca sehingga bisa terpengaruh untuk dapat mengikuti keinginan si penulis.

Paragraf persuasi adalah salah satu jenis paragraf dari beragam jenis paragraf. Berdasarkan Buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia, Paragraf Persuasi adalah satu dari beberapa gaya (corak) ekspresi di dalam komunikasi tertulis. Gaya Ekspresi beragam diantaranya :

  1. Narasi
  2. Deskripsi
  3. Eksposisi
  4. Argumentasi dan
  5. Persuasi

Struktur Paragraf Persuasi

Teks persuasi tentu memiliki struktur yang pembangun, Teks Persuasi ini merupakan pengembangan dari argumentasi, dan oleh karena hal itu teks persuasi juga terkadang memerlukan data serta fakta yang mendukung. Karena siatnya yang subjektif, teks persuasi ini mengarah kepada pandangan dari penulis mengenai sebuah topik. Umumnya, struktur teks persuasi terbagi menjadi tiga sampai empat bagia, diantaranya :

Pengenalan Isu

Sebagai kata pengantar umumnya penulis akan menjelaskan tentang isu yang ingin diangkatnya, Topik dasar dari teks persuasi ini akan dikembangkan dengan rangkaian argumen.

Contoh

Teknologi adalah sarana untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kenyamanan dan keberlangsungan hidup. Majunya perkembangan teknologi berpengaruh pada tata cara dan perilaku seseorang di dalam berbelanja.

Kedua kalimat pada teks persuasi diatas mengarah kepada “teknologi”.


Rangkaian Argumen

Rangkaian Argumen di dalam teks persuasi ini menjabarkan tentang sudut pandang penulis mengenai topik yang dibahas, dan rangkaian argumen ini di dalam teks persuasi ini dibutuhkan untuk memperkuat topik yang dibahas berdasarkan fakta dan data.

Contoh

Dikutip dari pendidikanku.org jumlah penduduk di negara X yang mencapai 200 juta jiwa dan pengguna smartphone mencapai lebih dari 100 Juta Orang , membuat X berada di nomor 4 sebagai pengguna aktif smartphone terbanyak dibawah Negara Q, W, dan E . Berdasarkan stat.buy persentase jual beli online di negara X hanya 1 %, hal ini menjelaskan bahwa meningkatnya smartphone ini tidak mendorong perkembangan bisnis di seperti belanja online, karena ketidaktahuan tata cara jual beli online atau rasa takut barang tidak sampai menjadi penyebab rendahnya perkembangan jual beli online.

Pada contoh kalimat diatas, dipaparkan dengan jelas data dan fakta berdasarkan sumber yang jelas.


Kalimat Ajakan

Dan sesuai dengan tujuan dari teks persuasi sendiri yang mengajak atau mendorong para pembaca, maka di dalam struktur berikutnya adalah kalimat ajakan.

Contoh

Oleh karena itu, sistem jual beli yang aman dan mampu meminimalisir kerugian adalah salah satu cara untuk mendorong perkembangan bisnis digital, karena salah satu faktor dari sistem jual beli tersebut adalah kita sebagai pengguna smartphone, ntah pembeli ataupun penjual harus benar-benar jujur dalam melakukan transaksi secara online.


Penegasan

Pada struktur ini kalian harus menekankan lagi inti dari topik teks persuasi yang kalian buat hal ini dilakukan bahwa untuk membuat pembaca tidak ragu dan yakin dengan si penulis.


Ciri Paragraf Persuasi

Menurut Fariyanti, 2010 : 21, Ciri atau karakteristik dari paragraf persuasif, diantaranya :

  1. Persuasif itu harus berasal dari pendirian bahwa pikiran manusia itu bisa diubah
  2. Harus memunculkan kepercayaan para pembacanya
  3. Harus bisa menciptakan kesepakatan atau penyesuaian dengan melalui kepercayaan antara penulis juga pembaca;
  4. Sedapat mungkin menghindari konflik supaya kepercayaan itu tidak hilang dan agar kesepakatan pendapat itu tercapai
  5. Butuh fakta dan data.

Itulah Pembahasan Tentang Pengertian Paragraf Persuasi, Struktur, Ciri, dan Contohnya, kami berharap apa yang di uraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  Pengertian Sistem Sosial
Baca Juga  √ Pengertian Promosi 
Baca Juga  √ Multikulturalisme Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published.