√ Pengertian Teks Eksposisi

Diposting pada

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Kali ini Pendidikanku.org akan membahas mengenai Teks Eksposisi , Apa Pengertian Teks Eksposisi ?  Pengertian teks eksposisi adalah suatu paragraf atau juga karangan yang terkandung kedalam sejumlah informasi serta juga pengetahuan yang disajikan dengan secara singkat, padat, serta juga akurat.
Paragraf eksposisi tersebut bersifat Ilmiah atau juga bisa dikatakan non fiksi. Contoh-contoh dari teks eksposisi tersebut dapat dilihat dari berita-berita atau juga koran.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Berikut ini adalah jenis-jenis teks Eksposisi

  1. Eksposisi definisi

    Ekpsosisi ini menjelaskan mengenai topik tertentu secara definitif, yakni dengan memberi penjelasan beserta batasan makna.

  2. Eksposisi Proses

    Eksposisi yang kemudian memaparkan langkah-langkah atau cara didalam melakukan sesuatu atau pun juga di dalam pembuatan hal tertentu.

  3. Eksposisi Klasifikasi

    Eksposisi ini memiliki fungsi di dalam mengelompokkan atau juga membagi sesuatu ke dalam golongan tertentu. Terdapat 2 pola: menyeragamkan ke dalam 1 kelompok atau pun memisahkan ke kelompok lain. Oleh karna hal itu, di dalam membuat teks eksposisi ini kemudian dibutuhkan dasar pengklasifikasian yang jelas.

  4. Eksposisi Ilustrasi

    Eksposisi ini memiliki tujuan untuk memberikan suatu gambaran atas suatu ide nyata supaya pembaca dapat atau bisa memahami dengan baik. Penggambaran tersebut kemudian melihat kesamaan sifat dari topik yang satu ke topik yang lain dengan ciri-ciri yang biasanya terdapat konjungsi seperti, bagaikan, serta juga nomina ibarat.

  5. Ekskposisi Perbandingan

    Membandingkan antara 1 dengan yang lain itu menjadi ciri dari jenis teks eksposisi ini. Dengan cara demikian, pembahasan pada suatu persoalan tentu akan lebih jelas dibandingkan hanya dengan berfokus pada persoalannya sendiri.

  6. Eksposisi Analisis

    Eksposisi ini kemudian berisi pengamatan yang mendalam kemudian di bagian argumentasi kemudian dibahas secara bertahap.

  7. Eksposisi Pertentangan

    Eksposisi ini kemudian berisi mengenai topik yang dijelaskan dari sisi kontradiksi, yang biasanya itu berhubungan dengan topik yang lain. Ciri-ciri dari eksposisi pertentangan ini terletak dari penggunaan konjungsi intrakalimat, seperti misalnya tetapi serta sedangkan, ataupun juga konjungsi antarkalimat, seperti misalnya meskipun demikian,  akan tetapi, namun, sebaliknya.

  8. Eksposisi Berita

    Ekposisi ini kemudian berisi informasi yang biasanya ada di media massa yang sifatnya itu aktual serta faktual. Informasi yang kemudian diangkat berupa kejadian atau peristiwa tertentu.


Ciri Teks Eksposisi

Berikut ini adalah ciri-ciri teks eksposisi

  1. Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  2. Gaya informasi yang mengajak
  3. Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
  4. Tidak memihak artinya ialah tidak memaksakan kemauan si penulis terhadap si pembaca
  5. Fakta dipakai sebagai alat kontribusi serta juga alat kontritasi

Struktur Teks Eksposisi

Berikut ini adalah struktrur teks eksposisi

  1. Tesis (Pembukaan)

    Bagian ini berada dibagian awal teks yang berisikan sebuah topik yang diangkat oleh penulis. Selain dari itu, opini dari penulis ini pun termasuk di dalamnya. Opini ini kemudian membuat para pembaca untuk memosisikan diri apakah pro maupun juga kontra.

  2. Argumentasi (Isi)

    Setelah topik tersebut sudah diangkat melalui opini, kemudian selanjutnya adalah tentang bagaimana opini itu dapat didukung dengan argumentasi dengan berdasarkan data serta fakta yang kuat, dan juga sistematis. Semakin ilmiah data yang disuguhkan serta dengan penjelasan yang juga runtun, maka akan semakin baik kualitas dari tulisan. Karena hal itu, bagian ini pada dasarnya lebih dari satu paragraf dikarnakan selain data serta fakta, beberapa jenis teks eksposisi ini pun memberikan penyajian contoh dibarengin dengan alasan.

  3. Penegasan Ulang (Penegasan ulang)

    Bagian ini terletak pada paragraf akhir sehingga kemudian disebut juga sebagai penutup atau pun kesimpulan. Tesis disebutkan, namun biasanya tidak dengan secara langsung, yakni dengan memakai kata rujukan, seperti “…Pada akhirnya, persoalan itu masih akan menjadi perdebatan…”. Kata itu merujuk mengnai apa yang diangkat pada bagian tesis.


Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk dapat memaparkan atau juga menjelaskan infomasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan dari para pembaca itu bisa bertambah.


Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Teks eksposisi mempunyaui ciri khas tata kebahasaan yang bisa atau dapat diidentifikasi dari mulai kata sampai pada kalimat apa yang dipakai. Terdapat 6 kaidah kebahasaan teks eksposisi, diantaranya sebagai berikut :

  • Menyatakan serta menjelaskan pendapat.
  • Memuat fakta, yang bersumber dari penelitian, yang dibutuhkan data untuk menyajikan informasi.
  • Penegasan pendapat itu berada di bagian penutup, yang sifatnya itu objektif dengan ragam ilmiah serta kalimat efektif.
  • Penggunaan pronomina (kata ganti). Pronomina merupakan kelas kata yang memiliki fungsi untuk mengganti nomina (kata benda) atau jgua frasa nomina.
  • Penggunaan leksikal.
  • Penggunaan konjungsi.

Contoh Teks Eksposisi

contoh-teks-eksposisi-Klasifikasicontoh-teks-eksposisi

Contoh-Paragraf-Eksposisi-ilustrasi

Demikianlah Penjelasan Mengenai Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Ciri, Kaidah, Tujuan, Struktur dan Contoh, kami berharap apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga  √ Pengertian Liberalisme
Baca Juga  √ Pengertian Tulang Keras (Osteon)
Baca Juga  √ Pengertian Arthropoda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *