√ Pengertian Laporan Keuangan

Diposting pada

pengertian-laporan-keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan merupakan hasil akhir dari proses pencatatan atau  perhitungan yang berisi ringkasan dari transaksi-transaksi laporan keuangan selama periode tertentu. Manajemen mendelegasikan tugas pencatatan laporan keuangan ini juga kepada seorang akuntan. Agar dapat menggambarkan secara jelas maksud laporan keuangan  yang akan disampaikan, laporan keuangan dapat disusun berdasarkan standar atau kaidah sesuai ilmu akuntans laporan keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Blog Ekonomi dapat berbagi definisi laporan keuangan yaitu menurut para ahli sebagai bahan rujukan landasan teori / pelajaran pustaka karya ilmiah atau karya tulis rekan-rekan ekonomi yang membutuhkan.

Pengertian Laporan keuangan, Contoh, Tujuan dan Jenis Laporan

 

Definisi Laporan Keuangan Menurut Birgham dan Houston

Laporan Keuangan merupakan beberapa lembar kertas yang berisi tulisan angka-angka namun sangat penting juga untuk memikirkan aset nyatanya yang berada di balik angka tersebut. (Birgham dan Houston, 2010)

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Subramanyam (2010)

Laporan Keuangan merupakan produk akhir dari sebuah pelaporan transaksi keuangan yang penyusunannya diatur oleh aturan ilmu akuntansi, insentif manager, mekanisme pelaksanaan dan pengawasan perusahaan.(Subramanyam (2010). Pengetahuan dan pemahaman lingkungan laporan keuangan yang baik sangat mendukung dalam penyampaian informasi posisi keuangan perusahaan sesungguhnya agar dicapai kinerja perusahaan yang lebih baik.

Arti Laporan Keuangan Menurut Irham Fahmi

Laporan Keuangan adalah  informasi yang dapat menggambarkan suatu kondisi perusahaan dalam hal laporan keuangan dalam periode tertentu yang terdapat informasi tersebut sebagai acuan tentang kinerja perusahaan.

Pengertian LapKeu Menurut STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN

Laporan keuangan ialah suatu bagian pelaporan keuangan.Ada beberapa kelengkapan laporan keuangan antara lain;

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan perubahan posisi keuangan
  4. Catatan atau laporan lainnya seperti: keuangan segmen industri dan geografis serta pengaruhnya perubahan harga

 

Apa itu Laporan Keuangan Menurut Harahap

Laporan Keuangan adalah hasil akhir dari proses sebuah akuntansi. Laporan ini juga dapat berfungsi sebagai bahan informasi dan bahan pengambilan keputusan bagi para pemakainya. Laporan keuangan ini digunakan untuk membentuk pertanggung jawaban yang accountable dan sebagai indikator kesuksesan sebuah perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Laporan Keuangan Menurut Baridwan

Laporan Keuangan adalah ringkasan dalam suatu proses pencatatan selama tahun buku yang berjalan. Laporan ini dibentu oleh pihak manajemen sebagai bentuk pertanggung jawaban atas tugas-tugas yang ditugaskan kepada karyawan.

Jenis dan Contoh Laporan Keuangan

Berdasarkan penyajian sebagai berikut, menurut PSAK no 1 maka laporan keuangan terdiri dari :

1. Neraca

Neraca itu berisi gambaran posisi keuangan, yang menunjukkan aktiva, kewajiban dan ekuitas dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu. Neraca aktiva lancar dipisahkan dengan neraca aktiva tidak lancar. Begitu juga dengan kewajiban jangka waktu pendek tentu akan dapat dipisahkan oleh kewajiban jangka panjang.

Contoh Laporan Neraca

contoh-Laporan-Neraca

2. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan ringkasan aktivitas pada transaksi perusahaan yang akan berpengaruh pada stabilitas, risiko dan prediksi pada suatu periode yang menghasilkan hasil usaha bersih atau kerugian yang timbul dari kegiatan usaha dan aktivitas lainnya. Laporan laba rugi perusahaan dapat ditampilkan berbagai unsur kinerja keuangan yang diperlukan bagi penyajian secara wajar.

Contoh Laporan Laba Rugi

Contoh-Laporan-laba-rugi

3. Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas adalah laporan yang menyajikan peningkatan maupun penurunan aktiva-aktiva bersih atau kekayaan perusahaan selama periode tertentu yang didasarkan prinsip-prinsip pengukuran tertentu yang dianut dan harus diungkapkan dalam laporan keuangan.

Contoh Laporan Perubahan Ekuitas

Contoh-Laporan-Perubahan-Ekuitas

4. Laporan Arus Kas Informasi

Pada umumnya laporan arus kas dapat digunakan sebagai indikator dari jumlah, waktu dan kepastian arus kas masa depan. Selain itu,arus kas dapat berfungsi sebagai meneliti kecermatan dan ketepatan perkiraan/taksiran arus kas masa depan yang telah dibuat sebelumnya dan dalam menentukan hubungan antara profitabilitas dan arus kas bersih dan dapat dampak perubahan harga yang diklasifikasikan menurut aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.

Contoh Laporan Arus Kas

Contoh-Laporan-Arus-Kas

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan meliputi penjelasan naratif atau rincian jumlah yang tertera dalam neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan perubahan ekuitas serta informasi tambahan seperti kewajiban kontijensi dan komitmen. Catatan atas laporan keuangan juga dapat mencakup informasi yang diharuskan dan dianjurkan untuk dapat diungkapkan dalam PSAK serta pengungkapan-pengungkapan lain yang diperlukan untuk menghasilkan penyajian laporan keuangan secara wajar.

Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan

  1. Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan Perusahaan JasaContoh-Catatan-atas-Laporan-Keuangan-Perusahaan-Jasa
  2. Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan Perusahaan Dagang
    Contoh-Catatan-Atas-Laporan-Keuangan-Perusahaan-Dagang
  3. Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur
    Contoh-Catatan-Atas-Laporan-Keuangan-Perusahaan-Manufaktur

Periode Penyusunan Laporan Keuangan

Laporan keuangan dapat disusun secara periodik dan periode pada umumnya digunakan adalah periode tahunan yaitu mulai 1 Januari hingga 31 Desember. Periode tahunan itu dapat disebut periode kalender atau tahun buku. Laporan keuangan dapat menggambarkan posisi keuangan perusahaan serta menunjukkan pencapaian perusahaan dalam periode tertentu. Melalui data-data yang disajikan di laporan keuangan dapat dikaji dan dinilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendek, struktur modal perusahaan, distribusi kepada aktivanya, hasil usaha atau laba yang telah dicapai, beban-beban tersebut tetap harus dibayar dan serta nilai-nilai tiap lembar saham perusahaan yang bersangkutan.

1. Susunan Neraca
2. Susunan Laporan Laba Rugi

Tujuan Laporan Keuangan

Pada awalnya, laporan keuangan dapat digunakan oleh perusahaan sebagai alat uji pekerjaan bagian pembukuan/ akuntansi, tapi ada juga perkembangannya laporan keuangan itu digunakan sebagai dasar dalam menentukan atau menilai posisi keuangan perusahaan, menganalisa perusahaan bisa atau dapat pula mengambil keputusan yang tepat.

Tujuan Laporan Keuangan ini ialah untuk memberikan informasi secara keseluruhan tentang :

  1. posisi keuangan,
  2. kinerja keuangan, serta
  3. arus kas perusahaan

Informasi-informasi tersebut sangat penting serta tentu bermanfaat bagi pihak yang terkait guna mendukung proses pengambilan keputusan ekonomi penting serta juga strategis. Tujuan ialah ke arah mana segala upaya, tindakan, serta juga pertimbangan dicurahkan.

Oleh sebab itu, penentuan tujuan Laporan Keuangan merupakan sebuah langkah yang paling krusial di dalam perekayasaan akuntani. Tujuan laporan keuangan menentukan konsep-konsep serta juga prinsip-prinsip yang relevan yang akhirnya menentukan:

  1. Bentuk
  2. Isi
  3. Jenis
  4. Dan susunan Laporan Keuangan.

yang kemudian menurunkan tujuan dari laporan keuangan, pihak yang dituju serta juga kepentingannya itu harus diidentifikasi dengan secara jelas.Sehingga informasi yang dihasilkan dari laporan keuangan tersebut kemudian bisa atau dapat memuaskan keperluan dari pihak yang dituju.

Pada gilirannya, pihak yang dituju tersebut kemudian akan melakukan tindakan atau juga mengambil keputusan yang mengarah ke pencapaian tujuan . Dengan demikian, diharapkan tujuan laporan keuangan yang lebih luas kemudian akan tercapai .

Robert M.Trueblood menunjukkan terdapat 4 aspek yang melekat pada tiap-tiap tujuan laporan keuangan diantaranya ialah:

  1. Informasi mengenai apa
  2. Siapa yang dituju
  3. Untuk apa informasi tersebut digunakan
  4. Hierarki tujuan itu dengan tujuan lainnya.

tujuan-laporan-keuangan1

Tujuan laporan keuangan yang diperlihatkan Komite Trueblood seperti yang tertera di atas rinci serta juga mengidentifikasi mengenai aspek-aspek tujuan.

Terdapat 2 hal penting yang ditekankan dari Komite Trueblood yakni daya atau juga kemampuan dalam menghasilkan laba (earning power) serta juga elemen aliran kas (cash flows).

sekian dan trima kasih,sudah membaca Pengertian Laporan keuangan, Contoh, Tujuan, Jenis & Menurut Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Ilmu Komputer
Baca Juga  √ Pengertian Rasio Keuangan
Baca Juga  √ Pengertian Manajemen Operasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *