√ Pengertian Energi

Diposting pada

Pengertian Energi

Pengertian Energi

Pengertian Energi ini adalah sebuah kekuatan yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat menjalankan aktivitasnya ataupun juga menopang segala macam banyak hal yang tentunya sangat dibutuhkan yakni sebagai kebutuhan dasarnya.

Pendapat lain kemudian mengatakan pengertian energi ini merupakan kemampuan di dalam melakukan usaha (kerja) atau pun juga melakukan suatu perubahan. Di dalam Fisika, arti energi ini adalah properti fisika dari suatu objek, dapat atau bisa juga berpindah dengan cara melalui interaksi fundamental, yang dapat atau bisa diubah bentuknya tetapi tak bisa atau dapat diciptakan atau pun juga dimusnahkan.

Secara etimologis, kata “energi” tersebut diadaptasi dari bahasa Yunani “ergon” yang berarti kerja. Sehingga kata energi tersebut bisa atau dapat didefinisikan yakni sebagai kemampuan di dalam melakukan kerja atau usaha.


Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam mengenai Energi ini maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menurut Mitchell, Campbell dan Reece

    Energi ini adalah sebuah kemampuan untuk dapat mengatur ulang materi. Singkatnya energi terebut ialah sebagai kapasitas supaya bisa atau dapat melaksanakan pekerjaan.

  2. Menurut Michael J. Moran

    Energi ini merupakan sebuah konsep dasar termodinamika yang kemudian dijadikan suatu aspek penting dari analisis teknik.

  3. Menurut Robert L. Wolke

    Energi ini adalah suatu kemampuan untuk dapat atau bisa membuat suatu hal terjadi.

  4. Menurut Kamus Oxford

    energi ini merupakan kekuatan serta vitalitas (daya hidup) yang diperlukan untuk kegiatan atau aktivitas fisik atau mental yang berkelanjutan. Energi ini merupakan daya (power) yang berasal dari pemanfaatan sumber daya fisik atau pun kimia, terutama untuk menyediakan cahaya serta panas atau juga untuk mesin kerja.

  5. Menurut Kamus Cambridge

    energi ini merupakan kekuatan serta kemampuan untuk aktif dengan secara fisik serta mental. Energi ini merupakan kekuatan di dalam melakukan pekerjaan yang kemudian menghasilkan cahaya, panas atau pun juga gerakan atau juga bahan bakar atau juga listrik yang dipakai untuk daya. Energi ini ialah suatu kekuatan dari sesuatu seperti listrik atau pun juga minyak yang dapat atau bisa melakukan pekerjaan, seperti menyediakan sebuah cahaya & juga panas.

  6. Menurut Kamus Merriam-Webster

    energi ini merupakan entitas dasar alam yang ditransfer diantara bagian suatu sistem di dalam produksi perubahan fisik dalam sistem serta juga biasanya dianggap yakni sebagai kapasitas di dalam melakukan pekerjaan.

Dari beberapa pengertian energi yang dikemukakan menurut para ahli, maka bisa atau dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya energi ini adalah sebuah konsep dasar atau pun juga sebuah kemampuan yang kemudian dijadikan aspek penting di dalam melakukan suatu hal di dalam kehidupan.


Manfaat Energi

Manfaat-Energi

Energi ini kemudian sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia atau pun juga makhluk hidup lainnya. Tanpa adanya suatu energi, manusia atau pun organisme atau makhluk hidup lainnya itu tentu akan kesulitan di dalam melaksanakan suatu hal, sebab energi tersebut kemudian menjadi sumber utama bagi manusia serta juga makhluk lainnya di dalam melakukan suatu hal. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat energi bagi manusia :

1. Energi Digunakan Untuk Aktivitas Kehidupan

Di dalam kehidupan, tentunya kita memerlukan sebuah energi untuk bisa melakukan segala macam aktivitas. Seperti halnya energi panas atau pun juga energi listrik yang kita pakai di dalam melakukan segala macam aktivitas seperti misalnya menggosok pakaian, menghidupkan kipas angin, energi listrik yang kemudian berubah menjadi energi cahaya yang bisa atau dapat menerangi ruangan.

Selain dari itu, energi matahari tersebut juga bermanfaat bagi tumbuhan untuk bisa melakukan proses fotosintesisnya sehingga tumbuhan tersebut akan tetap hidup yakni dengan menghasilkan makanannya sendiri.


2. Energi digunakan sebagai hiburan

Beberapa energi tersebut juga dapat atau bisa dimanfaatkan yakni sebagai hiburan bagi manusia. Contohnya ialah seperti energi listrik yang kemudian berubah dan menjadi energi suara atau pun juga gambaran di radio maupun juga  juga televisi yang kemudian dijadikan sebagai hiburan.


3. Energi digunakan sebagai alat transportasi

Segala macam alat transportasi tersebut sangat membutuhkan energi untuk bisa atau dapat bergerak. Seperti halnya pada mobil dan juga motor yang kemudian mengubah minyak itu menjadi energi panas yang pada akhirnya berubah menjadi energi mekanik sehingga mesin tersebut bisa atau dapat berjalan.

Selain dari itu, energi angin di lautan tersebut pun bisa atau dapat dimanfaatkan oleh para nelayan di dalam membantu perahu mereka untuk menuju ke lautan ataupun di saat mereka kembali ke darat.


Jenis Energi

Energi ini merupakan kuantitas yang dilestarikan. Disebabkan karna  segala macam kekuatan, seperti gravitasi, listrik, panas serta lainnya, energi tersebut memiliki berbagai bentuk. Energi tersebut dapat atau bisa dikelompokkan itu ke dalam dua kategori utama, diantaranya :

  1. Energi kinetik
  2. Energi potensial

Meski demikian, energi tetsebut terdapat dalam berbagai bentuk misalnya seperti potensial,  listrik, kimia, kinetik, termal, nuklir atau pun lainnya.


Energi dan Gerak

Semua bentuk energi tersebut berkaitan dengan gerak. Misalnya, tiap-tiap benda itu mempunyai energi kinetik apabila bergerak. Alat yang kemudian dikencangkan ialah seperti busur atau juga pegas, walaupun di dalam keadaan diam, mempunyai potensi untuk dapat menciptakan gerakan. Artinya adalah, alat seperti busur serta juga pegas tersebut mengandung energi potensial disebabkan konfigurasinya. Demikian pula dengan energi nuklir, in merupakan energi potensial disebabkan karna dihasilkan dari konfigurasi partikel-partikel subatom di dalam inti atom.


Satuan energi

Satuan-Energi

Di dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (International System of Units), satuan unit energi itu adalah joule. Satu joule itu sama dengan pekerjaan yang dilakukan oleh gaya Newton yang bekerja dijarak satu meter. Sedangkan pada angkasa, energi tersebut tidak memiliki arah serta disebabkan karna dianggap sebagai kuantitas skalar.


Hukum Kekekalan Energi

Energi tersebut tidak bisa atau dapat diciptakan maupun juga dihancurkan, tetapi hal itu hanya diubah dari satu bentuk kepada bentuk yang lainnya. Prinsip tersebut kemudian dikenal sebagai konservasi energi atau pun juga hukum pertama termodinamika. Dengan demikian, energi total alam semesta tersebut selalu tetap konstan. Satu bentuk energi tersebut bisa atau dapat dengan mudah diubah dan menjadi bentuk lain, misalnya seperti baterai mengubah energi kimia itu menjadi energi listrik. Contoh lain ialah seperti sebuah kotak meluncur menuruni bukit, energi potensial yang dipunyai kotak tersebut dari yang terletak tinggi kemudian diubah menjadi energi kinetik, energi gerak. Saat kotak tersebut melambat sampai pada berhenti melalui gesekan, energi kinetik dari gerakan kotak tersebut kemudian diubah menjadi energi termal, yang kemudian memanaskan kotak serta lereng.


Macam Bentuk Energi dan Contoh

bentuk-energi

Segala macam kekuatan utama pada kehidupan, energi tersebut mempunyai berbagai macam bentuk yang kemudian dimanfaatkan serta bekerja sesuai dengan kebutuhannya. Dibawah ini merupakan beberapa macam – macam energi yang ada :

1. Energi Otot

Otot ini adalah salah satu energi yang berasal dari dalam tubuh manusia atau pun juga makhluk hidup lain. Energi otot tersebut tentu sangat bermanfaat khususnya bagi manusia di dalam melakukan segala macam aktivitas.

Sebab, otot tersebut menjadi kekuatan dasar bagi manusia untuk melaksanakan berbagai hal. Tanpa adanya energi otot,tentu manusia atau organisme lain akan lemah serta tak berdaya sehingga akan menjadi kesulitan di dalam bergerak maupun juga melakukan aktivitas.


2. Energi Listrik

Energi listrik ini adalah salah satu sumber energi yang sangat banyak dimanfaatkan oleh manusia. Energi listrik tersebut berupa sumber tegangan arus listrik yang setelah disalurkan ke segala bentuk saluran listrik sehingga dapat atau bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Energi listrik tersebut bisa diubah menjadi berbagai energi yang lain sehingga bisa atau dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Contohnya, energi listrik yang dipakai pada barang elektronik seperti kulkas yang kemudian menghasilkan dingin, televisi yang kemudian mengubah energi listrik itu menjadi suara dan gambar, radio yang kemudian mengubah energi listrik itu menjadi suara.


3. Energi Panas

Energi panas ini adalah suatu sumber energi yang dapat atau bisa menimbulkan panas. Dan biasanya dari energi panas tersebut bisa atau dapat dipakai untuk berbagai keperluan.

Seperti contohnya, energi panas dari matahari tersebut bisa atau dapat dimanfaatkan untuk menjemur pakaian, atau pun juga padi. Sedangkan untuk tumbuhan energi panas dari matahari tersebut bisa atau dapat dimanfaatkan untuk proses fotosintesis.

Energi panas yang lain bisa atau dapat berupa api, kemudian energi listrik, atau pun juga gesekan tangan yang dapat atau bisa berubah menghasilkan panas.


4. Energi Gerak

Energi gerak ini adalah sebuah sumber energi yang dipakai untuk dapat menggerakkan suatu benda. Energi gerak biasanya dipakai untuk dapat menghasilkan suatu gerakan ataupun juga perpindahan di suatu barang.

Energi gerak tersebut kemudian dibedakan menjadi dua, diantaranya energi gerak kinetik serta juga energi gerak potensial. Energi gerak kinetik tersebut adalah suatu energi gerak yang kemudian dihasilkan oleh benda yang bergerak.

Contohnya, ialah serpti energi dari angin yang bergerak atau bertiup itu bisa atau dapat menggerakan kincir angin serta juga membuat kincir angin itu menjadi berputar.

Sedangkan energi gerak potensial tersebut adalah energi yang kemudian mengubah benda dari posisi diam menjadi bergerak. Contohnya ialah seperti sebuah jambu di pohon setelah jatuh dengan sendirinya sehingga kemudian menimbulkan gerakan pada jambu tersebut.


5. Energi Potensial

Energi potensial ini adalah sebuah energi yang mempengaruhi sebuah posisi (ketinggian) sehingga kemudian menghasilkan gerakan yang tak terhingga.

Yang kemudian dimaksud gerakan tak terhingga ini merupakan suatu gerakan yang tidak mempunyai atau memiliki batas, sehingga kemudian benda yang mendapatkan energi potensial tersebut dapat akan bergerak secara tak terbatas serta tak berarah.

Seperti contohnya ialah buah jambu yang terjatuh dengan sendirinya dari pohon, maka buah tersebut kemudian akan menghasilkan energi potensial, ialah jambu tersebut akan jatuh tak berarah.


6. Energi Kimia

Energi kimia ini adalah sebuah energi yang kemudian dihasilkan dari zat-zat kimia. Biasanya energi kimia tersebut dibuat dengan campuran zat-zat kimia atau pun juga senyawa kimia yang kemudian akan menghasilkan energi kimia yakni berupa panas ataupun reaksi energi lainnya.

Seperti contohnya adalah, energi kimia yang dihasilkan oleh setrika, yang mana energi tersebut berupa seperti reaksi kimia dari pemanasan besi sehingga kemudian akan menghasilkan panas yang bisa atau dapat dipakai untuk setrika baju.


7. Energi Bunyi

Energi bunyi ini adalah  sebuah sumber energi yang disebabkan oleh bunyi. Contohnya ialah seperti pada alat musik, televisi radio, serta juga pada saat kita berbicara tersebut kita akan menghasilkan energi bunyi.


8. Energi Angin

Energi angin ini adalah sebuah sumber energi yang kemudian dihasilkan oleh angin. Energi angin tersebut dipakai untuk segala macam kegiatan atau aktivitas yang membutuhkan angin.

Contohnya ialah seperti pada, para nelayan yang kemudian mengandalkan energi angin untuk dapat membawanya melaut ataupun juga untuk kembali ke darat. Seperti halnya juga energi angin tersebut dimanfaatkan untuk dapat menggerakan kincir yang kemudian akan mengalir ke turbin sehingga kemudian akan menghasilkan energi listrik.


9. Energi Cahaya

Energi cahaya ini adalah sebuah sumber energi yang berupa cahaya yang setelah itu akan menghasilkan sebuah hasil dari aktivitas atau kegiatan reaksi cahaya tersebut.

Contohnya ialah seperti pada cahaya matahari yang kemudian difungsikan untuk dapat atau bisa menghidupkan panel solar. Selain dari itu cahaya lain ialah berupa senter maupun juga lampu yang dapat atau bisa digunakan sebagai penerangan.


Sifat Energi

Sifat-Energi

Dibawah ini merupakan sifat energi diantaranya sebagai berikut :

1. Energi dapat bertransformasi

Energi dapat atau bisa bertransformasi, artinya energi tersebut bisa atau dapat berubah dari suatu benda menjadi benda lainnya. Contohnya ialah pada energi panas yang dapat atau bisa diubah menjadi energi mekanik.


2. Energi dapat berpindah

Energi tersebut bisa atau dapat berpindah, maksudnya adalah energi tersebut bersifat mudah berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain atau juga berpindah dari satu benda ke benda lainnya.


3. Energi dapat mentransfer

Energi dapat atau bisa mentransfer, maksudnya adalah energi tersebut bisa atau  dapat mentransfer energinya dari suatu benda itu dengan melalui perantara sehingga dapat atau bisa menjangkau ke benda lainnya.


4. Energi bersifat kekal

Energi ini memiliki sifat kekal, maksudnya adalah energi tersebut tidak akan habis meskipun dimakan usia. Di mana energi tersebut akan selalu ada serta juga akan selalu muncul serta tentu akan sangat dibutuhkan untuk kehidupan manusia.


Perubahan Bentuk Energi

perubahan-bentuk-Energi

Energi tersebut mempunyai segala macam macam reaksi yang bisa atau dapat merubah sebuah benda ataupun kegiatan/aktivitas. Dibawah ini merupakan beberapa perubahan bentuk dari energi :

  1. Perubahan energi listrik itu menjadi energi geram yang kemudian dihasilkan motor, mixer, kipas angin, mobil, serta lain-lain
  2. Energi kimia pada sebuah setrika yang dapat atau bisa berubah bentuk tersebut dan menjadi energi panas yang dapat atau bisa digunakan untuk mensetrika pakaian
  3. Perubahan energi listrik itu menjadi energi panas. Seperti halnya, disaat memakai microwave, solder, kompor listrik, ataupun juga yang lainnya
  4. Perubahan energi listrik itu menjadi energi cahaya. Contohnya ialah seperti, energi listrik itu akan menghasilkan cahaya lampu yang dapat atau bisa dijadikan sebagai penerangan
  5. Perubahan energi potensial itu menjadi energi gerak. Contohnya ialah pada saat buah terjatuh dari pohonnya, maka buah tersebut kemudian akan bergerak tak terhingga serta tak terarah.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Energi, Hukum, Satuan, Sifat, Bentuk, Perubahan dan Contoh, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Tulang Keras (Osteon)
Baca Juga  √ Pengertian Paragraf Argumentasi
Baca Juga  √ Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)