√ Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT ini adalah sebuah bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan /  suatu organisasi yang secara sistematis bisa membantu dalam rangka penyusunan suatu rencana yang benar-benar matang untuk dapat mencapai tujuan, baik itu untuk tujuan jangka pendek atau tujuan jangkan panjang.
definisi lain analisis SWOT adalah suatu bentuk analisa situasi serta juga kondisi yang memiliki sifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa tersebut ialah sebagai faktor masukan, yang kemudian dikelompokkan menurut dengan kontribusinya masing-masing.

SWOT adalah singkatan dari:
  1. S = Strength (kekuatan).
  2. W = Weaknesses (kelemahan).
  3. O = Opportunities (Peluang).
  4. T = Threats (hambatan).

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Pengertian-Analisis-SWOT-Menurut-Para-Ahl

Untuk dapat mengerti lebih jauh lagi mengenai analisis swot ini, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli mengenai analisis swot, dibawah ini

1. Menurut Philip Kotler

Pengertian analisis SWOT ini merupakan suatu evaluasi terhadap seluruh kekuatan, peluang, kelemahan, sertaa juga ancaman, yang terdapat di tiap-tiap individu atau pun juga organisasi.


2. Menurut Pearce dan Robinson

Pengertian analisis SWOT ini merupakan bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kekuatan serta juga kelemahan utama perusahaan.

Kelemahan serta kekuatan utama itu kemudian dibandingkan dengan peluang serta ancaman ekstern yakni sebagai suatu landasan untuk dapat menghasilkan segala macam bentuk alternatif strategi.


3. Menurut Yusanto dan Wijdajakusuma

Pengertian analisis SWOT ini ialah suatu instrumen internal serta juga eksternal suatu perusahaan yang bertumpu pada data tahunan yakni dengan adanya pola 3-1-5.

Pola tersebut ialah sebuah data yang diupayakan melingkupi data perkembangan suatu perusahaan pada 3 tahun sebelum analisis, kemudian juga apa yang kemudian diinginkan pada tahun saat dilakukan suatu analisi, serta juga kecenderungan suatu perusahaan pada 5 tahun pasca analisis.


4. Menurut Freddy Rangkuti

Definisi analisis SWOT ini merupakan suatu usaha yang dilakukan dengan berdasarkan logika yang dapat atau bisa memaksimalkan kekuatan serta  peluang, serta disaat yang sama dapat atau bisa meminimalisir kelemahan serta ancamana. Analisis tersebut memiliki tujuan untuk mengidentifikasi segala macam faktor dengan secara sistematis untuk dapat merumuskan strategi perusahaan.


5. Menurut Rais

Pengertian analisis SWOT ini merupakan suatu metode analisis yang paling mendasar yang berguna untuk dapat mengetahui topik serta permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. Hasil akhir atau outpun dari analisis tersebut merupakan sebuah arahan atau pun juga rekomendasi untuk dapat atau bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan kekuatan serta peluang yang ada, dan juga mengurangi adanya kelemahan serta menghindari ancaman.


Komponen Analisis SWOT

Komponen-Analisis-SWOT

Berdasarkan pengertian analisis swot diatas, dibawah ini adalah komponen dari analisis swot, diantaranya :

Strenght (S)

adalah suatu analisis kekuatan, merupakan sebuah kekuatan dari suatu organisasi /  perusahaan.  Yang harus di lakukan di dalam analisis ini ialah tiap-tiap perusahaan atau organisasi perlu menilai dari segi kekuatan yang bandingkan dengan para pesaingnya. 

Weaknesses (W)

adalah analisi kelemahan, merupakan suatu kelemahan dari suatu organisasi / perusahaan . Untuk dapat mengetahui kelemahan suatu perusahaan bisa dengan melakukan suatu perbandingan dengan para pesaing seperti apa yang dimiliki oleh perusahaan lain namun tidak dipunyai perusahaan sendiri.Apabila ingin membuat sebuah daftar mengenai kelemahan perusahaan secara lebih obyektif bisa atau dapat dengan testimoni konsumen yang umumnya itu lebih mengetahui apa yang kurang dari perusahan tersebut.


Opportunity (O)

adalah suatu analisis peluang, merupakan peluang diluar sebuah organisasi /  perusahaan serta  memberikan peluang berkembang untuk organisasi dimasa depan. Hal ini ialah untuk mencari sebuah peluang ataupun terobosan yang akan memungkinkan suatu perusahaan / organisasi dapat berkembang di masa yang akan depan.

Threats (T)

Adalah analisis ancaman, ialah menganalisis tantangan / ancaman yang  dihadapi oleh suatu perusahaan / organisasi untuk dapat menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang menyebabkan kemunduran pada suatu organisasi / perusahaan.

Manfaat Analisis SWOT

Manfaat-Analisis-SWOT

Metode analisis SWOT tersebut bisa atau dapat dianggap sebagai suatu metode analisis yang paling dasar, yang memiliki fungsi untuk dapat atau bisa melihat  topik / suatu permasalahan dari 4 komponen sisi yang berbeda. Hasil dari analisa SWOT tersebut biasanya berupa suatu arahan /  rekomendasi untuk dapat atau bisa mempertahankan kekuatan serta untuk dapat atau bisa menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, yang pastinya tentu sekalian mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman yang ada. Apabila analisis SWOT tersebut digunakan dengan benar, analisis tersebut pasti akan membantu untuk dapat atau bisa melihat sisi-sisi yang missing / terlupakan .  Analisis SWOT tersebut memiliki yakni sebagai alat untuk dapat atau bisa meminimalisasi kelemahan yang terdapat didalam suatu perusahaan /  organisasi serta juga menekan dampak ancaman yang timbul yang harus dihadapi.

Jadi, secara umum manfaat dari analisis SWOT tersebut sebagai berikut:

  1. Perusahaant tersebut akan menjadi lebih memahami akan kekuatannya serta juga memberikan suatu rekomendasi untuk dapat meningkatkannya.
  2. Perusahaan dapat atau bisa melihat suatu peluang serta bisa atau dapat mempertahankan peluang.
  3. Perusahaan mengetahui kelemahan dan juga mencari solusi untuk bisa mengurangi kelemahan tersebut.
  4. Perusahaan juga mengetahui potensi ancaman dan juga mencari sebuah solusi untuk dapat menghindari ancaman tersebut.

Langkah Penerapan Analisis SWOT

Langkah-Penerapan-Analisis-SWOT

Analsis SWOT dapat dibagikan dalam 5  langkah:
  1. Menyiapkan sesi SWOT.
  2. Mengidentifikasi kekuatan & kelemahan.
  3. Mengidentifikasi kesempatan & ancaman.
  4. Melakukan ranking terhadap kekuatan & kelemahan.
  5. Menganalisis kekuatan & kelemahan
NOTE:
Analisis SWOT ini bukanlah akhir dari suatu proses. Untuk dapat memanfaatkan sepenuhnya anda perlu untuk menentukan rencana tindak lanjut. karna analisis SWOT ini cenderung berdasarkan pada “pendapat” serta  indikator-indikator kualitatif yang belum tentu  “kenyataan”.

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Faktor-yang-Mempengaruhi-Analisis-SWOT

Secara garis besar analisis swot ini terdapat 2 faktor utama yang kemudian mempengaruhinya, diantaranya :

1. Faktor Internal

Faktor internal ini adalah suatu faktor yang asalnya itu dari dalam suatu perusahaan, yakni kekuatan serta kelemahan dari perusahaan tersebut sendiri. Dibawah ini adalah beberapa hal yang merupakan bagian dari faktor internal suatu perusahaan  adalah;

  1. Sumber daya keuangan yang memadai
  2. Sumber daya manusia yang kompeten
  3. Properti teknologi terkini
  4. Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
  5. Kemampuan pemasaran yang baik
  6. Kemampuan distribusi yang baik, Dan lain-lain

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal ini adalah seluruh bentuk faktor yang asalnya itu dari luar suatu perusahaan (ancaman serta peluang) serta juga berdampak pada performa suatu perusahaan. Dibawah ini merupakan beberapa hal bagian faktor eksternal diantaranya ;

  1. Tren bisnis
  2. Budaya masyarakat
  3. Sosial politik dan ideologi
  4. Kondisi perekonomian suatu negara
  5. Peraturan dan kebijakan pemerintah
  6. Perkembangan teknologi, Dan lain-lain

Contoh Analisis SWOT Bisnis UKM

contoh-analisis-swot

Dibawah ini merupakan contoh sederhana yang wajib untuk kamu pahami. Contoh analisis ini kemudian didasarkan dari bisnis jualan baju online.

1. Strength (kekuatan)

  • Konsep style (gaya) yang ditawarkan itu adalah kekinian atau up to date
  • Harga terjangkau oleh semua kalangan, namun tetap dengan kualitas bahan yang baik
  • Melayani Pembeli se Indonesia
  • Mempunyai website bisnis dan forum pribadi juga terdapat kontak delivery order
  • Mengutamakan pada model terbaru dan kekinian sesuai trend
  • Keterjaminan di dalam penyampaian barang yang dijual

2. Weakness (kelemahan)

  • Kurangnya kemampunan di dalam menyediakan stok barang (ready stock) yang membuatnya harus menunggu untuk dapat mendapatkan barang yang dipesan
  • Modal untuk dapat mengembangkan usaha (item) masih kurang
  • Membutuh Modal besar untuk pembelian barang
  • Belum membuat produk Baju sendiri sebagai brand unggulan

3. Opportunity (kesempatan)

  • Permintaan pasar yang terus meningkat, didukung oleh tren baju wanita/pria remaja yang terus berkembang
  • Masih jarangnya toko baju berbasis online yang menyediakan forum untuk dapat saling berbagi antara satu sama lainnya
  • Social media membantu di dalam hal pemasaran dengan cepat, kemudian juga didukung banyaknya influencer yang sesuai dengan target market (pria/wanita remaja)

4. Threat (ancaman)

  • Mulai banyak yang penjual baju berbasi online yang bermunculan, dengan menawarkan harga yang dibawah rata-rata harga jual
  • Harga dari supplier yang juga kian mahal serta peraturan pajak yang terus berubah dari pemerintah.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Analisis SWOT, Langkah, Manfaat, Faktor dan Contoh, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca Juga  √ Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Dan Tersier
Baca Juga  √ Pengertian Workshop
Baca Juga  √ Pengertian Kebudayaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *