Google Drive Limit Saat Download? Solusinya Gini

Posted on

Cara Mengatasi Limit Google Drive Tak Bisa Download

Google Drive Limit Saat Download? Solusinya Gini

Pendidikanku.org – cara mengatasi limit google drive saat mendownload file besar dan ber-part dari pc ataupun android tentu menjadi salah satu kendala selain dari koneksi internet pastinya.

Dengan download dari google drive tentu kecepatan download saat bagus ketimbang server gratis lainnya, namun kuota download perharinya itu di batasi atau ada limit oleh google. Nah inilah hal yang sering terjadi disaat ingin mendownload file besar yang kapasitas sampai bergiga-giga byte.

Umumnya file besar yang di download dari google drive ini adalah seperti game, film yang berukuran besar serta ber-part hal ini membuat kita sedikit kesulitan untuk mendownload karna dibatasi atau terdapat limit perhari.

Apabila kita mendownload file tapi terkena limit, tampilannya akan seperti dibawah ini :

Limit Download Google Drive

Untuk bisa mengatasi cara download google drive limit tentu bisa diatasi untuk orang yang mau bersabar dan menunggu 24 jam, namun untuk beberapa orang yang mengalami google drive kuota terlampaui atau limit google drive tidak bisa menunggu besok karena di kejar deadline ataupun udah tidak sabar mendownload file tersebut.

Selain menunggu 24 jam kalian bisa ikuti langkah-langkah mengatasi google drive limit, dibawah ini :


Cara Mengatasi Limit Google Drive Tak Bisa Download

cara mengatasi file google drive tidak bisa di download tentu bisa diatasi dengan cara yang mudah dan sederhana, seperti berikut ini :

1. Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah ketika muncul halaman seperti foto di paragraf atas, kalian perhatiakn baik-baik URL nya, kurang lebih seperti ini : https://drive.google.com/u/0/uc?id=1Of-fWPgPcUe9QNrJSHfEkzYEMWt8N_o3&export=download.

Cara Mengatasi Limit Google Drive Tak Bisa Download

Kalian dapat hapus pada kata “&export=download” setelah itu ganti “uc” dengan kata “open” sehingga link nya itu akan menjadi seperti ini: https://drive.google.com/u/0/open?id=1Of-fWPgPcUe9QNrJSHfEkzYEMWt8N_o3 > enter

Cara Mengatasi Limit Google Drive Tak Bisa Download

2. Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman baru yang berbeda. Kalian bisa lihat pada bagian pojok kanan atas ada logo google drive, klik > tambahkan pintasan ke google drive kalian.

Cara Mengatasi Limit Google Drive Tak Bisa Download

3. Selanjutnya masuk ke google drive kalian, maka kalian akan menemukan file yang ingin kalian download tadi.

 

4. Pada file tersebut, klik kanan > Make a Copy / Buat Salinan.

Cara Mengatasi Limit Google Drive Tak Bisa Download

Catatan :

1. pastikan bahwa kapasitas Google Drive kalian masih tersedia. Hapus data yang sudah tidak kalian pakai, kalian juga bisa cek “Trash” karena biasanya data yang terhapus tersebut masih tersimpan ke sampah terlebih dahulu.

2. pastikan file yang ingin kalian download dan ingin kalian duplikat itu punya izin untuk diduplikasi. Karena pada beberapa file tidak mempunyai opsi “make a copy”. Hal tersebut bisa terjadi karena si pemilik file aslinya itu membatasi izin untuk file tersebut.

5. Nanti akan muncul file hasil salinan yang ingin kalian download, selanjutnya kalian klik kanan lalu klik download. nanti akan muncul peringatan dan klik download anyway.

Cara Mengatasi Limit Google Drive Tak Bisa Download


Download File Google Drive Dengan IDM (Internet Download Manager)

Selain cara diatas kita juga bisa menggunakan IDM sebagai salah satu alternatif mendownload file, karena pada dasarnya apabila kita mendownload biasanya akan di download dengan menggunakan browser yang dipakai, nah dengan IDM ini bisa membantu kita dalam mendownload file dari ukuran kecil sampai file besar.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa IDM ini merupakan salah tools downloader yang mana berguna untuk mengunduh file, nah caranya pengoperasiannya cukup mudah, sebagai berikut :

1. Setelah file berpart bisa di download pada google drive dan berada pada list download browser.

Download File Google Drive Dengan IDM (Internet Download Manager)

2. Pada browser kalian, selanjutnya ke setting > Download

Download File Google Drive Dengan IDM (Internet Download Manager)

3. Pada file download klik kanan > copy download address.

4. Buka IDM yang sudah terinstall di pc / laptop kalian.

 

5. Selanjutnya tekan tombol add url (+) > pastekan pada kolom pencarian > OkDownload File Google Drive Dengan IDM (Internet Download Manager)


Akhir Kata

Jadi itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Cara Mengatasi Limit Google Drive Tak Bisa Download, hal ini wajar saja terjadi karena memang dibatasi oleh google.

Namun langkah – langkah download file limit google drive diatas bisa di gunakan sebagai alternatif apabila kalian tidak sabar menunggu besok.

Demikianlah artikel kali ini, terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Baca Juga  Cara Membuat Google Form
Baca Juga  Cara Membuat Akun Gmail
Baca Juga  Cara Melihat Last Seen Telegram Yang Disembunyikan