Ketahuilah 4 Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur, Berani Baca?

Ketahuilah 4 Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur, Berani Baca?pendidikanku.orgKetahuilah 4 Bahaya Menggunakan Earphone Saat Tidur, Berani Baca? Kebanyakan orang tidak bisa lepas dari musik dalam kehidupan sehari-hari dan tidak jarang memakai earphone bahkan saat tidur.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar satu miliar anak muda di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran akibat kebiasaan mendengarkan musik dan audio digital melalui earphone. Volume yang terkena telinga Anda dengan earphone bisa sangat berbahaya karena dapat menghasilkan tingkat suara yang sangat keras di dekat telinga Anda.

Juga, perlu diingat bahwa volume tidak hanya dapat menyebabkan berbagai masalah telinga, tetapi juga memengaruhi durasi penggunaan. Audiolog Valerie Pavlovich Ruff, AUD, mengatakan Kamis (20/10/2022) bahwa tidur dengan headphone dapat dilakukan dengan aman selama Anda memiliki headphone yang tepat dan menjaga tingkat volume seminimal mungkin, demikian laporan Cleveland Clinic Kamis (20/10). /2022). .22). 20/2022).

Perlu anda ketahui inilah bahaya mendengarkan musik dengan headphone:

1. Penumpukan Kotoran di Telinga

Bahaya menggunakan headphone saat tidur dapat menyebabkan kotoran telinga cepat menumpuk.

Terlalu sering mengenakan headphone dan terlalu dekat dengan telinga Anda dapat dengan cepat menyebabkan penumpukan kotoran telinga. Memang, daun telinga mencegah sirkulasi udara di sekitar telinga, yang memudahkan masuknya kotoran ke gendang telinga.

Jika kotoran telinga menumpuk dari waktu ke waktu, akan sulit untuk dihilangkan tanpa merusak telinga.

2. Nekrosis

Risiko berikutnya adalah risiko berkembangnya nekrosis. Nekrosis adalah kematian sel dalam jaringan hidup karena faktor eksternal seperti infeksi, trauma, atau racun.

Jika headphone terlalu pas di telinga Anda, mereka akan memberi tekanan pada kulit di dalam saluran telinga. Kulit mulai terkikis dan nekrosis (kematian jaringan) dapat terjadi.

Baca Juga  Spesifikasi Black Shark 5 Dan Black Shark 5 Pro Yang Telah Rilis

Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan headphone saat tidur dan tidur dengannya di telinga sepanjang malam.

3. Infeksi Telinga

Memasukkan earphone langsung ke saluran telinga meningkatkan kemungkinan infeksi telinga dengan mengganggu aliran udara.

Penggunaan earphone dalam waktu lama juga meningkatkan pertumbuhan bakteri. Bakteri ini dapat menginfeksi telinga Anda dengan penggunaan rutin.

Headphone mentransfer bakteri yang sama dari satu telinga ke telinga lainnya, menempatkan Anda pada risiko mengembangkan otitis media yang serius. Penggunaan headphone dalam waktu lama dan penyalahgunaan juga dapat menyebabkan rasa sakit.

Sering menyebar ke telinga bagian dalam, menyebabkan rasa sakit di sekitar telinga, mulai dari rahang hingga ubun-ubun kepala.

4. Otitis Externa

Beberapa para ahli kesehatan mengatakan bahwa otitis eksterna ialah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan (kemerahan dan pembengkakan) pada saluran telinga antara saluran telinga dan gendang telinga.

Kondisi ini umum terjadi pada perenang. Tapi itu juga terjadi pada orang yang menggunakan headphone sepanjang waktu.

Akhir Kata

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan tentang beberapa bahaya terlalu sering menggunakan earphone. Semoga bisa membantu dan mengurangi rasa penasaran anda.

Related posts